Update Windows 11, Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Sebagai salah satu sistem operasi dengan jumlah pengguna terbanyak, Windows memang selalu hadir dan menawarkan banyak hal baru. Yang paling terbaru adalah Windows kini hadir dengan versi terbarunya yaitu Windows 11. Dengan desain yang lebih simple, hal ini membuat banyak orang yang ingin cepat melakukan update Windows 11 dan segera mencoba fitur dan juga kelebihan apa saja yang terdapat di dalamya.

fitur dan kelebihan windows 11


Apa Saja Kelebihan Update ke Windows 11

Setiap versi terbaru dari Windows pasti akan muncul juga beragam fitur baru lainnya. Ketika Windows 11 muncul maka salah satu perbedaan yang paling menonjol adalah pada desain interfacenya. Yang paling jelas adalah tombol start pada Windows 11 secara default akan berada di tengah. Hal ini mirip dengan Mac OS.

Selain itu beberapa kelebihan update ke Windows 11 lainnya yang akan kamu dapatkan adalah:

1. Fitur Snap Layouts

Salah satu kelebihan dari Windows 11 yang akan kamu dapatkan adalah fitur snap layouts. Ini akan sangat berguna terutama bagi kamu yang multi task. Nantinya, dengan adanya fitur ini maka kamu tidak lagi perlu mengatur banyak jendela yang aktif secara manual. Snap layouts memungkinkan pengaturan jendela secara otomatis.


2. Auto HDR Mode

Ini merupakan fitur yang akan sangat memanjakan terutama bagi kamu yang suka main game. Untuk kamu yang memiliki monitor dengan fitur HDR maka dengan update Windows 11 maka kamu akan mendapatkan tampilan game yang lebih realistis dan sangat enak untuk kamu lihat.


3. Fitur Direct Storage

Lagi-lagi untuk kamu yang seorang gamer, kelebihan update ke Windows 11 lainnya yang akan kamu dapatkan adalah adanya fitur direct storage. Dengan adanya fitur ini maka kecepatan internal harddisk juga akan lebih meningkat.

Nantinya dengan adanya fitur ini maka salah satu manfaatnya adalah bisa mempercepat loading pada game dan juga meningkatkan frame rate ketika kamu sedang bermain game. Tentu hal ini merupakan salah satu keuntungan bagi kamu yang seorang gamer.


4. Security System

Satu hal lainnya yang berbeda dari Windows 11 adalah syarat harus adanya fitur TPM 2.0 pada perangkat laptop atau PC. TPM sendiri merupakan sebuah modul yang bertugas untuk melindungi data pada laptop atau PC.

Dengan adanya syarat penggunaan modul ini maka membuat salah satu kelebihan update ke Windows 11 lainnya adalah membuat perangkat kamu menjadi lebih aman dari serangan malware ataupun hacker.


5. Desain yang Lebih Simple

Hal lainnya yang membuat banyak orang ingin melakukan pembaruan ke Windows 11 adalah karena tampilannya yang jauh lebih sederhana.  Dengan menu start Windows yang berada di tengah dan menu pengaturan lainnya yang berderet di samping kiri dan kanan.

Hal ini membuat tampilan Windows 11 menjadi lebih ringkas. Dengan tampilan seperti itu juga membuat pengguna menjadi lebih cepat ketika akan mengakses menu yang akan mereka gunakan. Selain itu dengan tampilan yang ada juga membuat Windows 11 lebih ramah untuk perangkat tablet.


Baca Juga: Cara Mengatasi Configuring Windows Update Terbaru


6. Support Android

Jika selama ini penggunaan android pada Windows memerlukan emulator maka hal itu tidak kamu perlukan lagi ketika menggunakan Windows 11. Nantinya semua aplikasi berbasis android bisa kamu temukan di Microsoft store atau juga bisa kamu download melalui Amazon App Store.

Semua aplikasi berbasis android tersebut juga bisa kamu gunakan langsung selayaknya aplikasi untuk Windows pada umumnya.

Beberapa poin di atas merupakan beberapa keunggulan Windows 11. Dari berbagai hal tersebut, satu-satunya masalah yang muncul ketika akan update Windows 11 adalah spesifikasi perangkat yang tinggi. Untuk beberapa perangkat yang ada saat ini, requirement update windows 11 masih terlalu tinggi.


Apa Saja Requirement Update Windows 11

Untuk saat ini, requirement update Windows 11 memang cukup tinggi. Hal ini memang cukup bisa dimengerti mengingat fitur yang ada juga lebih banyak dan lebih baik dari versi sebelumnya.

Namun hal ini tidak menutup kemungkinan jika kedepannya Spesifikasi Windows 11 yang dibutuhkan menjadi sedikit turun. Hal ini juga untuk memastikan semakin banyak perangkat yang bisa menggunakan Windows 11 ini.

Secara umum, spesifikasi Windows 11 minimal adalah sebagai berikut

  • Processor : Intel Gen 8th
  • RAM : 4 GB
  • Internal Memory : 64 GB
  • Support TPM 2.0


Bagaimana Cara Update Windows 11

Saat ini, Windows 11 bisa kamu nikmati dengan gratis. Bagi perangkat yang spesifikasi minimumnya sudah mencukupi maka kamu bisa melakukan Pembaruan Windows 11 dengan gratis. Dan untuk cara update Windows 11, yang perlu kamu lakukan adalah:

  • Masuk ke situs resmi Microsoft, lalu cek apakah perangkat kamu sudah memenuhi standar spesifikasi windows 11. Jika perangkat kamu memenuhi standar maka kamu bisa lanjut ke langkah selanjutnya. Jika tidak, maka kamu belum bisa mendapatkan Windows 11.
  • Lakukan back up semua dokumen dan data penting yang ada pada perangkat kamu
  • Setelah proses back up selesai, maka buka pengaturan lalu pilih pengaturan & keamanan, lalu pilih pembaruan Windows
  • Cek apakah ada update yang tersedia untuk perangkat kamu.
  • Jika update Windows 11 tersedia, maka kamu akan mendapatkan pilihan untuk mendownload dan menginstall. Jika pembaruan Windows 11 tidak tersedia untuk perangkat kamu namun spesifikasi perangkat kamu sesuai standar, maka kamu bisa masuk ke situs resmi Microsoft dan mendownload langsung dari sana.
  • Download update Windows 11 yang tersedia lalu lakukan proses install
  • Proses instalasi akan berlangsung. Ikuti prosesnya dan tunggu hingga semua prosesnya selesai
  • Ketika prosesnya selesai, maka Windows 11 sudah bisa kamu gunakan.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang update Windows 11. Versi terbaru ini sendiri suda rilis pada awal Oktober 2021. Meski demikian, pada perilisan tahap awal ini belum semua perangkat bisa menggunakan versi terbaru dari Windows ini.


im

0 Komentar