Manfaat dan Cara Memilih Cloud Hosting Terpercaya

Manfaat dan Cara Memilih Cloud Hosting Terpercaya - Memahami pengertian cloud hosting tentu bukanlah hal yang sulit. Namun, bagi sebagian orang mungkin terasa aneh. Hal ini cukup wajar mengingat minimnya pengetahuan dan akses informasi yang mereka terima tentang inovasi layanan hosting berbasis cluster ini. 

cara memilih cloud hosting


Apa itu Cloud Hosting?

Cloud Hosting sudah menjadi istilah yang tidak asing lagi bagi para pengguna jasa pemilik website. Secara umum, cloud hosting adalah file website yang disimpan di server fisik yang memiliki beberapa cabang server virtual. Jika salah satu server virtual sedang down, pengguna dapat mengakses situs web melalui server virtual lainnya.

Karena kemajuan dunia internet, kebutuhan akan cloud hosting untuk sebuah website menjadi hal yang mendesak. Banyak perusahaan melakukan tugas kritis misi yang mengharuskan situs web mereka beroperasi menggunakan layanan hosting awan tepercaya.

Beberapa perusahaan yang menggunakan cloud hosting misalnya seperti Marketplace, Banking, News Sites dan website perusahaan lain yang memiliki traffic tinggi lainnya. Jadi, apa itu cloud hosting? Apa keuntungan menggunakan cloud hosting? dan Bagaimana cara memilih cloud hosting yang terpercaya? 

Secara bahasa sederhana, cloud hosting adalah sebuah teknologi yang menggabungkan beberapa/banyak server untuk bekerja seperti satu server yang lengkap sehingga website dapat terus berjalan meskipun ada server lain yang sedang bermasalah.

Cloud hosting ini menggunakan teknologi yang disebut “Cluster”, yaitu teknologi yang menggabungkan sumber daya server secara terpusat. Jika terjadi masalah pada salah satu server, maka server yang lain akan mengurus sebuah website sehingga uptime cukup tinggi karena server saling membackup.


Manfaat Menggunakan Cloud Hosting


Mampu menampung lalu lintas yang berlebihan

Saat kita menggunakan layanan cloud hosting terpercaya, kita tidak perlu khawatir website kita down karena trafik yang berlebihan. Teknologi cluster yang dimiliki cloud hosting mampu mem-backup server yang bermasalah sehingga website tetap dapat beroperasi meskipun dikunjungi pengguna dalam jumlah banyak.


Aman Dari Peretas dan Malware

Manfaat lain menggunakan layanan cloud hosting tepercaya adalah aman dari serangan peretas dan malware. Cloud hosting Terbaik biasanya dilengkapi dengan fitur keamanan, seperti: CloudLinux OS, perlindungan malware dan DDoS (Distributed Denial of Service) dan lain-lain.


Kelola Situs Web dengan Mudah

Cloud hosting tidak sulit untuk dikelola, cenderung lebih mudah, karena memiliki pilihan untuk mengatur dan mengelola situs web. Opsi pengaturan sekilas mirip dengan shared hosting. Cloud hosting masih memiliki cpanel atau panel kontrol untuk mengelola hal-hal teknis di situs web kami. Layanan cloud hosting juga kompatibel dengan "Laravel dan Paket Web"

Selain memberikan ketiga keuntungan tersebut di atas, menggunakan layanan cloud hosting terpercaya juga memberikan keuntungan lain seperti: Kita bisa lebih fleksibel saat akan menggunakan layanan yang lebih tinggi, persentase uptime yang lebih tinggi, lebih aman dari kerusakan akibat human error dan harga sewa cloud. hosting yang kompetitif.


Contoh Aplikasi Menggunakan Cloud Hosting

  • Website Mobnasemka ini menggunakan cloud hosting, khususnya Cloud VPS
  • Layanan Musik Spotify menggunakan hosting awan Google
  • Begitu juga dengan Google Documents
  • Perpustakaan Digital
  • Aplikasi Bisnis seperti Kasir Online, Gojek, dll.
  • E-Learning
  • Kolaborasi Elektronik
  • Aplikasi Fintech

Kelebihan dari cloud hosting adalah multi resource, multi bandwidth, multi storage, multi network, multi lokasi data center dan semuanya dikendalikan oleh sistem virtual sehingga dapat mengoptimalkan akses pengguna dan sangat mudah untuk disesuaikan. kapasitasnya tergantung kebutuhan sehingga bisa lebih efisien. efisien.

Baca juga : cara membuat website gratis


Cara Memilih Cloud Hosting Tepercaya

Agar kita tidak salah dalam memilih layanan cloud hosting, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan sebelum memutuskan untuk menyewa cloud hosting, antara lain sebagai berikut:

Dukungan Tim

Periksa dan cari tahu apakah penyedia layanan hosting dapat dipercaya dan memberikan layanan dukungan tim yang andal. Pastikan juga tim support dari penyedia cloud hosting selalu standby 1 X 24 jam selama 7 hari. Kita bisa mencari informasi yang kita butuhkan melalui testimonial, bertanya kepada orang yang sudah lama berlangganan atau bisa bertanya langsung ke providernya.


Dukungan Keamanan

Periksa juga dan cari tahu apakah penyedia cloud hosting memberikan keamanan yang dijanjikannya. Karena keamanan sebuah website sangat penting, terutama dari serangan hacker dan malware. 


Perhatikan Saldo Beban

Saat memilih layanan cloud hosting, kita harus memastikan bahwa penyedia cloud hosting yang kita pilih menyediakan backup server. Tujuannya untuk berjaga-jaga jika terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan. Selain itu, kita juga perlu memperhatikan reputasi dan layanan dari penyedia cloud hosting agar uang yang kita keluarkan untuk menyewa cloud hosting tidak terbuang percuma.

Demikian pembahasan mengenai manfaat dan cara memilih Cloud Hosting, semoga artikel ini bermanfaat.

im

0 Komentar