5 Trik Belajar Bahasa Jerman Dasar Bagi Para Pemula

Satu pertanyaan besar yang sering muncul sebelum memulai belajar bahasa asing adalah mengapa harus memilih bahasa Jerman?

Mengingat ketika belajar bahasa baru, dedikasi waktu yang sangat tinggi dibutuhkan. Namun Anda tak perlu khawatir karena ada solusinya yaitu dengan belajar bahasa Jerman di tempat kursus seperti Virtu Education.

Jadi mengapa bahasa Jerman sebaiknya dipilih dan banyak waktu harus dihabiskan untuk mempelajarinya? 

Ada puluhan alasan mengapa bahasa Jerman lebih baik dipilih. Salah satu yang sangat penting adalah bahasa ini digunakan di banyak negara di luar Jerman.

Mulai dari Israel, Rusia, Kazakhstan, Afrika Selatan, Amerika Selatan, Canada Hingga Negara Brazil dan masih banyak negara di Eropa lainnya.

Banyaknya negara yang menggunakan bahasa Jerman membuktikan bahwa bahasa ini perlu untuk dipelajari. 

belajar bahasa jerman


Bagaimana Trik Belajar Bahasa Jerman Dasar Bagi Para Pemula?

Sebelum mulai mempelajari bahasa Jerman, sangat penting untuk mengetahui sedikit tentang dasar-dasarnya.

Bukan sekedar pengucapanan hello atau terima kasih dalam bahasa Jerman tetapi lebih pada bagaimana bahasa ini bekerja. Langkah pertama yang tepat untuk mengatasinya adalah dengan dilihat sisi unik dari bahasa Jerman. 

Menguasai bahasa asing, artinya kamu harus mampu dalam empat aspek yaitu membaca, mendengarkan, berbicara hingga menulis.

Menunjang keempat kemampuan tersebut maka pelafalan, grammar dan juga kosakata adalah kunci keberhasilannya.

Tingkat kesulitan belajar berbeda bagi setiap orang. Mulailah untuk belajar dengan beberapa trik berikut untuk memudahkan. 


Membuat jadwal belajar

Kamu harus belajar mulai dari sekarang dan jangan menunda. Caranya dengan membuat jadwal karena tidak semua hasil didapatkan dalam waktu singkat.

Jadwal ini harus disesuaikan dengan hasil yang ingin diraih baik jangka dekat dan lama.

Pertimbangkan beberapa hal seperti berapa lama waktu yang bisa diberikan untuk belajar, deadline, dan juga sumber belajar yang dimiliki. 

Buatlah jadwal secara detail dan memulai hingga berhenti pada aktivitas belajar apa saja yang dibutuhkan. Mulailah untuk belajar di waktu yang senggang dan tidak mengganggu kegiatan lainnya. 


Mulai praktek dengan mulut

Ketika kamu sudah memiliki rencana yang realistis untuk belajar dibuktikan dengan jadwal, maka saatnya untuk menerapkannya. Dimana harus memulai? Jawabannya mudah yaitu mulai dengan mulut dengan mengucapkan kosakata atau materi yang ingin dipelajari. 

Standar dalam bahasa Jerman memiliki 13 vokal lisan dan 4 vokal hidung. Jangan merasa sulit, karena kamu bisa menirukan suara native speaker melalui kamus audio. Luangkan waktu lebih banyak untuk fokus pada suara dan pengucapan yang tepat. 


Mempelajari kosakata dasar

Langkah selanjutnya adalah mulai menghafalkan banyak kosakata. Selalu praktekan kosakata apa saja yang dipelajari dan hanya 200 kata bahasa Jerman umum saja yang awalnya perlu dihafalkan. 

Jumlah tersebut sudah sangat cukup bagi kamu yang ingin melakukan percakapan ringan. Ingat, jangan buang waktu untuk kosakata yang tidak akan digunakan. Misalnya saja tidak berhubungan dengan pekerjaan atau hobi yang saat ini sedang ditekuni. 


Mempelajari tentang grammar

Saatnya untuk menggunakan semua kosakata yang sudah dihafalkan dengan grammar. 

Memasuki materi ini kamu harus bersiap dengan waktu yang lebih banyak diluangkan. Jangan khawatir karena kamu hanya perlu mempraktekkannya setiap hari seperti biasa. 

Praktekan untuk menghafalkan kata kerja terlebih dahulu kemudian bolak balik kata aktif menjadi pasif. Dari sana kamu akan mempelajari bagaimana grammar bahasa Jerman bekerja. 


Latihan berulang

Belajar bahasa Jerman adalah soal praktek dan pengulangan yang tiada hentinya. Selalu penuhi waktu belajar dengan membaca, menonton dan mendengarkan.

Setidaknya kamu bisa menguasai bahasa Jerman secara pasif. Setelah itu barulah berinteraksi dengan orang lain bahkan native speaker. Kini sangat mudah menemukan partner belajar melalui aplikasi di smartphone.  

im

0 Komentar