Tips Menentukan Aplikasi POS Terbaik untuk Bisnis Resto

Point of Sale atau POS perannya sangat krusial dalam bisnis apapun. Khususnya jika Anda memiliki usaha F&B seperti resto yang melibatkan banyak menu dan inventory. 

Jangan meremehkan peranan POS dalam bisnis resto, karena jika semua proses transaksi masih dilakukan secara manual, ada banyak tenaga yang dibutuhkan. Hadirnya mesin kasir dari Majoo ini memangkas tenaga serta efisiensi waktu. 

Tentunya untuk mendapatkan manfaat dari POS, Anda harus menentukan mana aplikasi terbaiknya. 

aplikasi point of sales


7 Tips Memilih POS  untuk Usaha Restoran 

Saat ini jika Anda menggunakan keyword POS di internet maka ada begitu banyak jenis aplikasi yang tersedia. Anda mungkin saja akan bingung untuk mencari manakah POS yang tepat untuk bisnis. Bahkan Anda terpikirkan untuk menggunakan aplikasi gratisan. 

Perlu diingat bahwa aplikasi POS gratisan memiliki banyak keterbatasan fitur. Misalnya saja tidak menyediakan fitur penghitungan stok atau login di mana saja dan kapan saja. Padahal POS diciptakan untuk mempermudah mobilitas pengusaha. 

Oleh karena itu jika Anda ingin mendapat banyak fiturnya, gunakan aplikasi POS berbayar. Soal mana aplikasi POS terbaik, Anda bisa mengikuti tujuh tips pemilihannya berikut. 


1. Mengecek Apa Saja Metode Pembayarannya

Hal pertama yang harus dicek adalah apa saja metode pembayaran yang disediakan. Apakah aplikasi POS memiliki fleksibilitas untuk menambahkan metode pembayaran sesuai keinginan penggunanya? Hal ini nantinya akan memberikan kepuasan kepada konsumen. 

Setidaknya Anda harus tahu apa saja jenis pembayaran yang selama ini banyak dilakukan oleh konsumen. Aplikasi POS harus menyediakan metode pembayaran tersebut untuk mempermudah proses rekapan. 


2. Aplikasi POS Harus Bisa Digunakan Lebih dari Satu Orang

Selanjutnya adalah fitur multi user yang biasanya tidak akan Anda dapatkan di aplikasi gratisan. Pengguna POS tentu bukan hanya satu karyawan saja. Apalagi jika Anda memiliki jam buka restoran 24 jam. 

Ada banyak karyawan yang menggunakannya. Supaya tidak terjadi kesalahan dalam pembuatan laporan setiap karyawan harus memiliki login sendiri. Jika aplikasi POS menyediakan fitur ini Anda tidak perlu ragu untuk menggunakannya. 


3. Menyediakan Printer Kertas Nota

Semua restoran harus memberikan tanda bukti pembayaran kepada konsumen berupa kertas nota. Pilihlah aplikasi yang menyediakan perangkat kasir lengkap dengan kertas nota. Selain itu printer juga penting untuk memberikan perintah ke beberapa divisi. 

Ketika pesanan masuk, maka perlu pembagian pesanan pada bagian bar dan juga kitchen. Printer dibutuhkan untuk mencetak kertas berisi pesanan sesuai dengan nomor meja dari konsumen. 


4. Menyediakan Layanan Costumer Service yang Siap Siaga

Aplikasi bukan berarti Anda akan mendapatkan software dan hardware saja tetapi juga dengan layanan. Setidaknya costumer service dari aplikasi tersebut memberikan pelayanan yang ramah dan siaga 24 jam. 

Tujuannya adalah ketika terjadi masalah pada aplikasi Anda bisa dengan mudah meminta proses perbaikan. Sehingga transaksi di restoran tidak terkena kendala. Anda pun tidak rugi karena telah berlangganan atau membeli aplikasinya. 


5. Mengecek Apakah Memiliki Review yang Bagus

Salah satu cara jitu untuk tahu apakah aplikasi tersebut memberikan fasilitas terbaik tentu dengan mengetahui review dari pengguna sebelumnya. Jika banyak review positif maka aplikasi tersebut artinya memiliki reputasi yang cukup terpercaya. 


6. Memberikan Tingkat Keamanan yang Terbaik

Keamanan adalah satu hal penting ketika menggunakan sebuah aplikasi. Anda tentu tidak ingin bukan data penjualan tersebar. Data tersebut adalah rahasia perusahaan dan hanya perlu diketahui pemilik usaha. 

Jadi keamanan dari sebuah aplikasi sangat diperlukan. Seperti apakah aplikasi menyediakan backup ketika terjadi kerusakan dan sejenisnya. 


7. Aplikasi POS Terhubung dengan POS

Bagi Anda yang memiliki banyak usaha tentu tidak akan sempat untuk mengamati bisnis dari jarak dekat atau langsung ke lokasi. Maka penting sekali menggunakan aplikasi POS yang memiliki penyimpanan cloud. 

Fitur ini akan memudahkan Anda untuk mengontrol penjualan dari jarak jauh dan secara real time. Anda bisa tahu bagaimana kondisi penjualan di lapangan dari data transaksi yang masuk. 

Apabila Anda masih ragu menentukan aplikasi POS, kini bisa mempercayakannya kepada Majoo. Sebagai aplikasi kasir online terbaik, Majoo menyediakan begitu banyak pilihan perangkat serta fitur aplikasi secara lengkap. 

im

0 Komentar