Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Membangun Instagram Untuk Bisnis

Salah satu cara untuk memasarkan atau memperkenalkan brand, produk, atau jasa kamu adalah melalui media sosial. Instagram adalah media sosial yang sangat populer dan banyak digunakan oleh pelaku usaha sebagai media untuk marketing. 

Membangun akun instagram memang tak semudah hanya membuat akunnya saja. Perlu banyak optimasi agar terbentuk "kolam ikan" sendiri. Bisa melalui periklanan, endorse selebgram, dan lainnya. Namun, sebelum melangkah jauh kesana ada hal yang harus diperhatikan ketika kamu bermain instagram untuk bisnis diantaranya:

optimasi instagram


Username Akun

Tidak hanya sebagai pembeda dengan akun lainnya, username juga bisa dioptimasi untuk meningkatkan jumlah kunjungan ke akun instagram kamu. Apalagi jika brand atau sesuatu yang kamu jual masih baru. Tidak akan ada orang yang langsung mencari nama kamu atau bisnis kamu dipencarian instagram.

Untuk optimasi kamu bisa mengisi username untuk link menggunakan nama brand dan username yang terpampang di bio bisa dengan format "Nama Brand | Apa yang kamu jual" Misalnya nih Anggap aja nama brandnya adalah USU dan menjual sepatu bekas. Maka, nama di bio nya "USU | Jual Sepatu Bekas Original Import"


Profile

Tak kalah penting, profile bisa kamu gunakan untuk memberikan informasi lengkap mengenai brand atau sesuatu yang kamu jual. Mulai dari informasi kontak, alamat, link ke whatsapp atau marketplace dan lainnya. Buat sesuatu yang memang bisa mempermudah calon customer dalam memahami cara order, siapa yang harus dihubungi, produknya dikota apa, dan lainnya.

Profile juga sebagai sesuatu hal yang pertama kali orang lihat ketika berkunjung ke akun instagram kamu. Jadi buatlah semenarik mungin agar calon customer tertarik juga untuk melihat hal lainnya diakun instgaram kamu.


Konten Menarik

Buatlah konten instagram yang menarik, jika brand kamu masih baru, buatlah sesuatu yang informatif seputar produk atau jasa yang kamu jual. Misalnya jualan sepatu, cobalah bikin konten tentang perawatan sepatu, cara melihat sepatu original dan lainnya. Sehingga orang-orang follow kamu karena memang ada sesuatu yang mereka dapatkan. Tidak hanya upload foto produk aja yang malah bikin mereka nih akun apaan sih uploadnya gini-gini aja.

Konten menarik juga bisa meningkatkan interaksi pada setiap postingan yang otomatis brand kita akan mereka ingat.

Jangan lupa juga untuk menggunakan hastag pada setiap postingan agar jangkauannya lebih jauh. Cobalah untuk riset hastag terlebih dahulu. Biasanya banyak orang yang cari produk melalui hastag bukan mencari di pencarian instagram dengan nama brand.

Melalui hastag juga, kamu bisa mendapatkan lebih banyak follower instagram gratis. Follower membantu kamu memberikan kepercayaan kepada calon customer. Oh ini tuh brand cukup terkenal ya, kok aku baru tahu. Cobain ah produknya. Nah itulah sebagian gambaran calon customer kamu ketika melihat sebuah akun jualan berfollower besar

Gimana, udah mulai mahir untuk menggunakan instagram sebagai media promosi brand dan produk jualan dan jasa? Selalu belajar hal lainnya tentang instagram agar semakin berkembang dan memiliki persentase penjualan yang tinggi. 

im

0 Komentar