Mengapa Kamu Harus Memperbarui Perangkat Lunak? Ini Alasannya!

Setiap perangkat komputer memiliki program tak terkecuali ponsel. Kamu yang saat ini menggunakan smartphone harus tahu kapan dan bagaimana cara pembaruan perangkat lunak. Walaupun begitu masih banyak yang belum tahu caranya bahkan tidak melakukannya. 

Padahal untuk memperbarui perangkat lunak ini biasanya akan muncul notifikasi. Kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah pembaharuannya saja. Ada beberapa alasan mengapa kamu harus memperbaharui perangkat, simak alasannya disini. 

update software


5 Alasan Kamu Harus Memperbaharui Perangkat Lunak Ponsel 

Pembaruan yang dilakukan pada perangkat lunak ponsel disebut juga dengan update sistem. Dalam proses ini nantinya fitur dan aplikasi yang terdapat pada ponsel akan menjadi baru. Syarat untuk melakukannya adalah dengan terhubung ke internet. 

Selama kamu terhubung dengan internet, baterai lebih dari 70% dan menutup semua aplikasi yang sedang berjalan proses pembaruan akan berjalan lebih cepat. Lalu apa saja alasan kamu harus segera memperbaharui sistem ini? 


1. Kamu sering menggunakan browser

Bagi kamu yang sangat sering menggunakan ponsel untuk mencari informasi atau browsing kemungkinan malware masuk sangat tinggi. Cara aman adalah dengan menginstal antivirus, namun sebenarnya setiap smartphone sudah dilengkapi dengan program keamanan. 

Ketika kamu memperbaharui sistem maka program keamanan yang dimiliki ponsel akan diperbaharui. Tentunya hal ini akan mencegah jenis malware baru agar tidak menyusup ke dalam program ponsel kamu. 

Kamu pun akan menjadi lebih aman dan nyaman browsing seharian. Tak perlu juga menggunakan antivirus yang berbayar. 


2. Ingin menginstal berbagai aplikasi

Kompatibilitas aplikasi yang diinstal juga harus disesuaikan dengan sistem yang dimiliki oleh ponsel. Ketika ponsel kamu masih menggunakan sistem yang lama, beberapa aplikasi mungkin saja tidak bisa digunakan walaupun sudah diinstal. 

Hal ini paling sering terjadi pada aplikasi game yang tentunya membuat banyak pengguna smartphone kecewa. Jika kamu adalah penggemar game aplikasi, sebaiknya rajin-rajinlah untuk update sistem sesuai dengan notifikasi yang muncul. 


3. Mendapatkan tampilan terbaru

Setiap developer smartphone tak hanya meningkatkan kemampuan dari sistem tetapi juga tampilannya. Beberapa tampilan yang tadinya dirasa rumit bisa saja berubah menjadi lebih mudah atau sederhana. 

Yang pasti kamu akan mendapatkan ponsel dengan tampilan lebih bagus dari sebelumnya. Kamu para pengguna smartphone akan menjadi lebih nyaman saat mengoperasikannya. Bahkan beberapa ada juga yang menyematkan aplikasi tambahan. 


4. Mengatasi masalah eror

Masalah eror pada ponsel mungkin saja terjadi dan sangat mengganggu aktivitas harian. Jika kamu menemukan hal ini, maka sebaiknya segera update sistem. Misalnya saja kamu tidak bisa mengakses jaringan internet dari wifi. 

Kamu mungkin tidak bisa terhubung dengan sms atau fitur lainnya. Hal ini sangat wajar dan terjadi karena usia ponsel atau cara pemakaiannya. Untuk mengatasi hal ini kamu hanya bisa melakukan update sistem atau instal ulang. 

Mereset ponsel atau mengupdate akan membuat sistem bekerja seperti semula. Sehingga beberapa fitur yang tak bisa digunakan tadi dapat berjalan dengan normal. 


5. Mengatasi kinerja ponsel yang lemot

Sering terganggu dengan kinerja ponsel yang lemot? Sudah saatnya kamu untuk memperbaharui sistem di ponsel. Hal ini juga sering terjadi di mana aplikasi yang sudah kamu unduh berjalan lambat. 

Padahal kamu memiliki jaringan yang kuat dan aplikasi juga sudah diupdate. Masalahnya justru terhadap pada sistem ponsel yang belum diperbaharui. Seperti yang sudah dijelaskan bahwa beberapa aplikasi tidak akan bekerja jika sistem ponsel tidak menggunakan versi terbaru. 

Hal yang sama juga terjadi ketika kamu sudah memperbaharui aplikasi tapi tidak dengan sistem di ponsel. Maka yang terjadi adalah aplikasi tak bisa dijalankan dan lemot. 

Pembaruan sistem pada ponsel ini juga memberikan dampak lain yang harus dipahami. Ponsel dengan spek lama akan justru terasa lebih berat digunakan setelah pembaruan dilakukan. Bahkan beberapa sistem mungkin tidak akan bekerja dengan baik. 

Oleh karena itu cara mengatasinya adalah dengan mengurangi aplikasi yang digunakan. Kamu juga bisa menghindari notifikasi pembaruan sistem untuk tidak melakukannya. Tapi perlu diingat bahwa hal ini lebih baik digunakan untuk ponsel yang speknya rendah. 

im

0 Komentar