Tips Memilih Paket Internet Yang Ingin Dipakai

Setiap operator seluler berlomba-lomba menarik perhatian calon pelanggannya. Bukan hanya soal pulsa, tetapi juga kuota internet yang telah menjadi bagian dari kehidupan orang-orang di Indonesia. Terlebih lagi pada masa pandemi covid 19 seperti saat ini, membuat internet semakin dibutuhkan untuk berbagai keperluan seperti belajar daring, kuliah daring, ataupun Work From Home (WFH).


cara memilih kuota yang ingin dipakai

 

Cara Memilih Kuota Yang Akan Digunakan

Selama ini mungkin Anda belum mendaptkan paket internet yang cocok, yang harganya terlalu mahallah, cepat banget abis, dan beragam masalah lainnya yang membuat Anda ingin berganti ke operator lain. Supaya bisa memperoleh paket internet yang pas, sebelum membelinya perhatikan beberapa tips berikut ini :

 

Pahami Kebutuhan Penggunaan

Ketahui dulu kebutuhan Anda berkaitan dengan jaringan internet yang digunakan. Apakah hanya digunakan untuk browsing saja? Atau juga menggunakan aplikasi zoom dan lainnya? Karena setiap orang memiliki kebutuhan tidak sama, maka seharusnya pilihan paket internetnya juga beda.

Contohnya seperti ini. Adi adalah seorang siswa Sekolah Dasar yang melakukan pembelajaran daring via aplikasi whatsapp, kemudian ada juga Bondan yang merupakan seorang staf keuangan di suatu  perusahaan yang setiap harinya wajib menggunakan aplikasi zoom untuk keperluan meeting dengan bos ataupun klien.

Dari pengalaman di atas, tentu saja Pak Bondan membutuhkan kuota internet yang banyak karena aplikasi zoom lebih memakan banyak data daripada aplikasi whatsapp. Jadi, kalau Anda seperti Pak Bondan, alangkah baiknya pilih paket internet dengan kuota yang tidak sedikit.

 

Perhatikan Sinyal Di Daerah Anda

Anda harus memastikan jika operator yang Anda pilih memiliki sinyal yang bagus. Tanpa sinyal, secara otomatis aktivitas yang berhubungan dengan internet tidak bisa dilakukan. Bukan hanya bagus ketika di rumah saja, tetapi juga bagus ketika ada di luar rumah.

Tidak semua operator punya sinyal dan jaringan yang merata bagusnya. Ada yang cuma bagus di perkotaan, tetapi di pedesaan justru tidak ada sinyal sama sekali. Namun ada jugaa memang yang benar-benar bagus sinyalnya baik di desa maupun di kota.

Untuk itu, sangat penting untuk melakukan riset terlebih dahulu sebelum memilih operator seluler yang diinginkan.

 

Pilih yang Kecepatan Internetnya Bagus

Perlu untuk Anda ketahui, kecepatan internet tidak ada hubungannya sama sekali dengan sinyal. Walaupun sinyal dalam kondisi yang sangat bagus, tak lantas membuat koneksi internetnya menjadi sangat cepat. Anda membutuhkan tools khusus untuk menguji kecepatan internet.

Nama tools tersebut adalah speedtest.net. Cara menggunakannya adalah silakan buka terlebih dahulu situs tersebut, langsung saja klik GO untuk mengetesnya. Semaikin tinggi angkanya, maka semakin cepat koneksi internetnya.

 

Seberapa Tinggi Kecepatan Download

Selain kecepatan koneksi, kecepatan download juga harus diperhatikan. Karena tidak dapat dipungkiri jika setiap menggunakan internet pasti juga melakukan download. Seperti download lagu, download video, download dokumen, download software, dan lain sebagainya.

Pilih provider dengan kecepatan download yang cepat, semakin cepat tentu semakin bagus. Anda bisa menggunakan tools yang sama dengan sebelumnya untuk menguji kecepatan unduh provider Anda. Semakin besar angkanya maka semakin cepat pula kecepatan dowloadnya.

 

Sesuaikan dengan Budget

Karena paket internet ini tidak Anda dapatkan secara cuma-cuma, tetapi harus membelinya maka sesuaikan dengan budget yang dimiliki. Terutama bagi Anda yang tidak terlalu memiliki banyak uang maka hal ini benar-benar harus diperhatikan.

Kecuali bila Anda adalah orang kaya, mungkin soal harga tidak akan terlalu jadi masalah. Tetapi ingat, harga itu tidak membohongi kualitas. Membeli paket internet harga murah ada dua kemungkinan yang akan Anda dapatkan, kuotanya yang sedikit atau kualitasnya yang rendah.

Sementara itu,jika harganya mahal kemungkinannya juga ada dua, yaitu kuota yang diberikan banyak dan kualitasnya bagus atau kuota yang diberikan sedikit tetapi kualitas tetap bagus. Lagi-lagi marketing bermain dalam hal ini.

Bagaimana sekarang sudah tau kan? Itulah beberapa tips yang dapat Anda lakukan sebelum memilih paket internet. Jika sudah menemukan yang pas dan sesuai, kangmasian menyarankan  untuk selalu melakukan optimasi penghematan penggunaan internet bisa dengan cara memanfaatkan mode hemat data.



 


im

0 Komentar