Alasan Sarang Walet Menjadi Harta Karun Indonesia

Akhir-akhir ini, Indonesia boleh berbangga karena komoditi ekspor sedang mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Dan salah satu penunjangnya adalah komoditi dari pertanian, sarang walet yang banyak diimpor oleh Tiongkok.

sarang walet indonesia

Sarang walet adalah sebuah sarang atau tempat bernaung burung walet yang dibuat dari air liurnya sendiri. Umumnya, burung walet membangun sarangnya di celah-celah tebing.


Alasan Masyarakat Tiongkok Menyukai Sarang Walet

Mengutip detikFinance, Dubes RI untuk tiongkok Drs. Djauhari Oratmangun pernah menyatakan kalau Indonesia menguasai 74% pasar sarang walet di tiongkok.

Dan bukan tanpa sebab, mengapa sarang walet menjadi harta karun bagi Indonesia adalah harga ekspornya yang mencapai 500 triliun rupiah sepanjang tahun 2020.

Alasannya karena masyarakat tiongkok percaya bahwa sarang walet memiliki banyak kandungan baik bagi kesehatan tubuh. Penasaran dengan manfaat dari sarang walet? Simak penjelasannya di bawah ini.


Kandungan Asam Amino Pada Sarang Walet

Sarang walet mempunyai 15 kandungan asam amino yang masing-masing mempunyai peranannya sebagai berikut :


1. Lysine (asam amino esensial)

Berfungsi sebagai produksi antibody agar tubuh kebal dari penyakit. Selain itu, asam lisin juga berperan penting sebagai pembentukan kolagen serta protein bagi otot.


2. Methionine (asam amino esensial)

Berfungsi sebagai antivenom bagi kesehatan hati & membantu mencegah penumpukan lemak di hati. Selain itu, mentionin sangat dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan kreatin yang berperan untuk menjaga kesehatan jantung & melancarkan peredaran darah.


3. Phenylalanine (asam amino esensial)

Fenilalanin sangat diperlukan sistem saraf dalam tubuh. Selain itu, asam amino ini juga berperan sebagai peningkat daya ingat dan konsentrasi.


4. Threonine (asam amino esensial)

Treonin berperan untuk mendukung fungsi kardiovaskular, saraf, sistem kekebalan tubuh & hati. Selain itu, juga membantu membangun tulang dan menguatkan enamel gigi.


5. Alanine (asam amino non-esensial)

Berfungsi sebagai pengatur gula darah untuk mengubah glukosa menjadi energi, serta menghilangkan racun di hati.


6. Arginine (asam amino esensial)

Arginin memainkan peran penting  dalam meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi resiko penyakit jantung. Selain itu, arginine juga termasuk asam amino yang berfungsi untuk meningkatkan kesuburan pria, mengatur hormon dan gula darah.


7. Aspartic acid (asam amino non-esensial)

Berfungsi meningkatkan metabolisme tubuh. Selain itu, asam aspartat banyak digunakan sebagai penghilang rasa lelah dan depresi.


8. Cysteine (asam amino non-esensial)

Sistein membantu kulit lebih sehat dan anti penuaan. Selain itu, sistein meningkatkan produksi sel darah putih serta mencegah influenza.


9. Glutamate acid (asam amino non-esensial)

Berfungsi untuk kesehatan otak dan sumber energi usus halus dalam menyerap sari makanan. Selain itu, glutamat membantu meningkatkan metabolisme.


10. Glycine (asam amino non-esensial)

Glisin berguna untuk sistem saraf pusat. Selain itu, berfungsi untuk mengatur kadar gula, dan mengobati hipoglikemia, anemia & kelalahan.


11. Histidine (asam amino esensial)

Histidin berfungsi sebagai perangsang gairah seksual dan dipercaya sebagai obat alami disfungsi seksual. Histidin juga berperan sebagai pencegah AIDS, karena berguna untuk memproduksi sel darah merah dan sel darah putih.


12. Isoleucine (asam amino esensial)

Isoleusin terkenal dengan kemampuannya dalam memperbaiki otot dalam tubuh hingga menjaga energi tetap stabil agar tidak mudah kelelahan.


13. Leucine (asam amino esensial)

Penggunaan leusin dapat meningkatkan produksi hormon, penyembuhan tulang, kulit dan jaringan otot setelah cedera. Biasanya akan sangat cocok digunakan untuk merestorasi tubuh setelah operasi.


14. Serine (asam amino non-esensial)

Serine berfungsi sebagai metabolisme lemak dan asam lemak, pembentukan otot, serta menjaga sistem kekebalan tubuh.


15. Valine (asam amino esensial)

valin berperan membantu mencegah kerusakan otot dengan memberikan glukosa ekstra. Selain itu valin juga berfungsi untuk mengobati penyakit hati & kantung empedu.

Selain kaya akan manfaat, masyarakat tiongkok yang gemar mengkonsumsi sarang walet juga merasa akan mengangkat gengsi mereka. Karena seperti yang diketahui, sarang walet pada zaman dahulu hanya bisa dikonsumsi oleh para raja.

Bagaimana? Tertarik untuk mengkonsumsinya? Berikut cara mengolah sarang walet menjadi desert yang cocok dikonsumsi di musim panas.

olahan sarang walet

Cara Membuat Sup  Sarang Burung Walet

Bahan-bahan yang diperlukan :

  • 50 gram sarang burung walet
  • 900 ml air
  • 12 biji angco/ kurma merah
  • 1/2 genggam longan kering
  • 100 gram gula batu


Proses Pembuatan:

1. Pertama-tama, jika kalian membeli sarang walet yang kering maka cuci bersih terlebih dahulu dengan cara rendam ke air bersih dalam mangkuk, ganti airnya sebanyak 3 sampai 4 kali dalam kurun waktu 5 hingga 6 jam agar teksturnya melebar dan lebih lembut.

NB : biasanya akan ditemukan sedikit bulu-bulu halus dari burung walet sewaktu proses perendaman. Jika menjumpainya, maka gunakan gunting atau pinset untuk menyingkirkannya agar tidak menghancurkan tekstur dari sarang walet tersebut.

2. Rendam air 900 ml dan tunggu hingga mendidih. Setelah itu masukkan semua bahan satu-persatu, mulai dari sarang walet, kurma merah, longan kering & gula batu.

3. Rebus selama satu jam penuh, setelah itu buka penutup panci dan aduk hingga merata. Setelah sup sarang walet selesai, diamkan beberapa saat hingga agak mereda suhunya. Lalu masukkan ke dalam wadah bersih untuk disimpan dalam kulkas.

4. Karena sup sarang walet lebih nikmat dikonsumsi ketika dingin. Untuk cara mengkonsumsi lebih disarankan di jam 9 malam sebelum tidur atau jam 7 pagi setelah bangun tidur.

Sekian artikel mengenai Sarang walet, semoga informasi ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Jangan lupa untuk share keteman dan media sosial kamu agar mereka bisa mengenal potensi dari burung walet. Berkomentar juga jika kamu punya pengalaman tentang ternak burung walet.


Guest Post oleh : 

Alex Sierra


im

0 Komentar