Manfaat Kalender Bagi Kehidupan Manusia

Tanpa kita pungkiri bahwa kalender telah mengontrol kehidupan manusia mulai dari tanggal lahir hingga kegiatan kita sepanjang hidup. Dari ketika kalender Georgian diperkenalkan pada dunia pada tahun 1582 hingga kita menerima dan menjadikannya sebagai benda yang selalu ada di dinding rumah kita. Selengkapnya bisa baca sejarah kalender dan perhitungannya di www.enkosa.com

perhitungan kalender


Informasi Kalender Terlengkap di www.enkosa.com

Kalender memiliki peranan penting bagi kehidupan manusia dan selalu dibutuhkan setiap tahunnya sebagai pengingat hari. Hampir semua membutuhkan kalender dari yang muda, tua, pekerja, bahkan seseorang yang bekerja dilapangan.


Manfaat Kalender Bagi Kehidupan Manusia

Semua orang menggunakan kalender namun seringkali tidak tahu manfaat dari kalender itu sendiri. Berikut manfaat kalender bagi kehidupan:

Mencari Hari Baik

Berdasarkan kepercayaan orang jawa dan beberapa bagian dari orang di Indonesia, percaya bahwa untuk mendapat kelancaran dalam membuat acara harus memperhitungkan hari baiknya. Mereka membawanya hingga dalam hal bekerja, bertani, membuka toko dan lainnya.

Menentukan Jodoh

Misalnya saja dalam kepercayaan masyarakat jawa, menentukan perjodohan sangat kental dengan perhitungan kalender biasanya disebut nyari wetonnya. Bahkan arah mata angin pun bisa menentukan apakah seseorang akan berjodoh atau tidak.

Menentukan Hari Upacara Keagamaan

Sebagai umat Hindu yang taat, bisanya mereka selalu menggunakan kalender untuk menjadi panduan dalam menentukan upacara keagamaan. Umat Hindu di Bali menggunakan Kalender Bali untuk menjadi pedoman berbagai aktivitas sehari-hari seperti Upacara Keagamaan, Sembahyang dan lainnya. Kalender Bali yang tersebar di Masyarakat Bali merupakan gabungan berbagai macar kalender, seperti Kalender Surya, Kalender Masehi, dan Kalender Jawa.

Menentukan Jenis Kelamin Janin di Dalam Kandungan

Masyarakat Tionghoa percaya bahwa jenis kelamin pada Janin dapat di prediksi menggunakan kalender kehamilan. Kalender Kehamilan berpatokan pada Kalender China dengan ramalan tradisional Tionghoa. Kini semakin modern nya alat kedokteran, mereka mulai percaya untuk mengecek jenis kelamin dengan USG yang 90% akurat.

Menentukan Waktu Terbaik Memancing

Nenek Moyang yang bekerja sebagai nelayan menggunakan penanggalan Bulan sebagai panduan untuk melaut. Mereka mempercayai hasil tangkapan sangat dipengaruhi oleh fase bulan. Di jaman yang berkembang ini, kepercayaan selalu dibuktikan dengan penelitian-penelitian ilmiah bahwa aktivitas ikan sangat dalam mencari makan dipengaruhi oleh Fase Bulan. 

Kamu bisa mencari informasi seputar kalender sebagai referensi bacaan untuk mencari hari baik, jodoh, upacara keagamaan di website www.enkosa.com yang membahas artikel khusus berbagai macam kalender dalam mempermudah perjalanan hidup kamu.

im

0 Komentar