5 Tips Mencari Aplikasi Terbaik di Google Play Untuk Pemula

mencari aplikasi di google play

Jika bicara tentang aplikasi, apalagi aplikasi Android maka tidak akan lepas dari yang namanya Google Play. Nah untuk Anda yang masih pemula, kali ini kita akan berbagi tips seputar mencari aplikasi terbaik di Google Play. Tips-tips ini akan sangat memudahkan Anda untuk mencari aplikasi di Play Store. 

Pada dasarnya, mencari aplikasi di Google Play itu mudah. Namun kadang kita menjumpai kendala sulit menemukan aplikasi yang sesuai kebutuhan kita. Tenang, kita akan bahas solusinya. Berikut berbagai tips bermanfaat yang dapat Anda pakai dalam menggunakan layanan/fitur Play Store. 


1. Ketahui Dulu Kebutuhan dan Aplikasi yang Anda Cari 

Hal pertama tentu saja adalah mengetahui dulu kebutuhan Anda. Sebagai pengguna, Anda perlu tahu dulu kebutuhan Anda. Selanjutnya, dari kebutuhan tersebut barulah kita bisa mencari aplikasi yang Anda butuhkan. Contoh jika kebutuhan Anda adalah untuk transaksi dan pembayaran online, maka Anda jelas membutuhkan aplikasi pembayaran online. Anda bisa gunakan aplikasi pembayaran online seperti OVO, DANA, atau mungkin aplikasi mobile banking dari bank yang Anda gunakan. 

Atau contoh lain, kebutuhan Anda adalah belajar bahasa asing. Maka tentu saja aplikasi yang Anda butuhkan adalah aplikasi untuk belajar bahasa asing. Atau kalau kebutuhan Anda adalah hiburan, maka Anda bisa cari aplikasi hiburan di Play Store

Singkatnya, ketahui dulu kebutuhan dan aplikasi yang Anda cari. Jika sudah, barulah Anda bisa lakukan pencarian di Play Store. 


2. Manfaatkan Fitur Kategori dan Pencarian

Salah satu fitur yang sangat memudahkan pengguna adalah fitur kategori dan fitur pencarian. Untuk memakai fitur pencarian, caranya mudah. Anda tinggal memasukkan kata kunci/nama aplikasi yang Anda cari pada kotak pencarian yang tersedia di Google Play. 

cari aplikasi terbaik di google play

Atau Anda juga bisa manfaatkan fitur kategori yang sudah ada di Google Play. Melalui fitur kategori, Anda bisa mencari aplikasi berdasarkan kategorinya. Tentunya ini sangat memudahkan. Jadi, pastikan kamu memanfaatkan fiturnya. 


kategori aplikasi terbaik


3. Baca Review dan Lihat Rating Aplikasinya 

Setelah menemukan aplikasi yang sesuai kebutuhan, jangan lupa untuk baca review dan lihat rating terhadap aplikasi tersebut. Dengan membaca review, kamu akan tahu kelebihan dan kekurangan aplikasi tersebut. Selain itu, umumnya review berisi pendapat jujur dari para pengguna. Tentunya ini membantu agar kamu lebih tahu tentang aplikasi tersebut. 

Selain itu, jangan lupa untuk cek rating aplikasi tersebut. Jika aplikasi tersebut mendapatkan rating yang tinggi (misal di atas 4), maka kemungkinan besar aplikasi tersebut baik dan cocok untuk digunakan. 


4. Cari Tahu Publisher-nya, Pastikan Aplikasi Resmi

Yang tak kalah penting, pastikan kamu memakai aplikasi resmi dari publisher yang tepat. Khususnya untuk aplikasi yang sifatnya krusial, seperti misalkan aplikasi pembayaran, aplikasi mobile banking, dan lainnya. Periksa dulu penerbit aplikasi tersebut. Pastikan kamu memakai aplikasi yang benar-benar resmi. Hal ini bertujuan agar keamanan data dan akunmu terjaga. 

Untuk melihat data publisher, kamu tinggal klik pada bagian nama penerbit aplikasi tersebut. 


publisher resmi di google play


5. Jika Dibutuhkan, Juga Bisa Beli Aplikasi di Google Play


Tak hanya aplikasi gratis, di Play Store juga tersedia banyak aplikasi berbayar. Jika memang dibutuhkan, kamu bisa menggunakan aplikasi berbayar. Untuk melakukan pembelian di Play Store, ada banyak cara yang bisa kamu gunakan. Beberapa cara transaksi di Play Store misalnya: 

Salah satu solusi pembayaran mudah di Play Store adalah memakai voucher Google Play. Ini dapat jadi solusi bagi Anda yang tidak punya kartu kredit untuk transaksi di Play Store. Untuk membeli voucher Google Play, Anda bisa membeli di Indomaret, di situs jual beli online, ataupun di berbagai tempat lainnya. 

Nah pembaca, itulah 5 tips mencari aplikasi yang tepat di Google Play. Selamat mencoba dan semoga berhasil mendapatkan aplikasi yang Anda butuhkan. 

im

0 Komentar