5 Cara Membatasi Kecepatan Wifi Indihome Paling Mudah

Mengatur kecepatan pada wifi Indihome tidak begitu sulit, sebab bisa dilakukan dengan menggunakan perangkat tambahan ataupun tidak. Berikut merupakan kumpulan cara membatasi kecepatan wifi Indihome sehingga penggunaan bandwith dapat dipakai dengan lebih merata. Apalagi jika wifi digunakan oleh banyak pengguna setiap harinya.

Namun sebelum melakukan Langkah untuk membatasi kecepatan sebaiknya cek terlebih dahulu pengguna wifi kita. Silahkan lihat Langkah-langkahnya pada tutorial cara mengetahui pengguna wifi indihome di hp dengan mudah. Terkadang ada banyak orang yang memakai wifi kita tanpa izin. Tentunya kita dapat block atau ganti password password wifi jika memang banyak pengguna tanpa izin.


Cara Membatasi Kecepatan Wifi Indihome


Router TP-Link

Cara membatasi kecepatan wifi indihome selanjutnya adalah menggunakan router TP Link. Lakukan login ke alamat 192.168.0.1 dengan menggunakan username dan password Anda, kemudian pilih menu DHCP, dan lanjutkan ke DHCP Client. Akan terlihat banyak IP pengguna wifi Indihome Anda, catat IP yang ingin Anda batasi. 

Masuk ke menu Bandwith Control, dan pilih menu Rule List. Masukkan alamat IP yang sebelumnya ingin Anda batasi penggunaannya. Di bagin Egress Bandwith dan Inggress Bandwih, jangan lupa mengisikan batasan penggunaan kecepatan. Jika sudah selesai, silahkan klik save. 


cara membatasi pengguna wifi tp link


Menggunakan Router Huawei

Berbeda jika Anda menggunakan router Huawei, berikut merupakan teknis membatasi kecepatan bandwith yang bisa Anda lakukan. Pertama masuk ke menu browser dan ketikkan alamat 192.168.100.1. dan lakukan login menggunakan akun wifi Anda. 

Pilih menu yang bertuliskan WLAN, lanjutkan dengan memilih menu WLAN Advanced Configuration. Pada bagian tersebut, pilih kolom dengan tulisan TX Power, lanjutkan dengan memilih angka sesuai dengan kebutuhan. Jika sudah selesai melakukan setting, klik menu Apply di bagian bawah. 


membatasi kecepatan wifi huawei


Router D-Link

Cara membatasi kecepatan wifi indihome lain yang bisa Anda coba adalah menggunakan router D-Link. Pada browser yang biasanya Anda gunakan, ketikkan IP router 192.168.0.1 dan pilih menu Status. Dari sana klik menu Client Table dan catat IP yang ingin Anda batasi penggunaan bandwithnya. 

Pilih menu Advanced, kemudian klik pada bagian menu Traffic Control, pilih Add dan masukkan alamat IP yang telah Anda pilih. Lanjutkan dengan mengisi UP Floor, Down Ceiling, kemudian Down Floor dan Up Ceiling dengan batasan bandwithnya, misal 1000 kb/s. Jika sudah selesai, pilih menu Add Rules. 


router yang bisa membagi bandwidth


Router Tenda

Terakhir adaah membatasi kecepatan bandwith dengan menggunakan router Tenda. Masuk ke browser, kemudian masukkan alamat 192.168.0.1, lanjutkan dengan melakukan login pada akun wifi Anda. Jika sudah, di bagian menu Advanced, Anda bisa memilih menu DHCP Client List dan memilih alamat IP yang hendak dibatasi. 

Masuk ke menu QOS, klik pada bagian Bandwith Control. Dari sana, berikan centang pada kolom Enable Bandwith Control. Dengan memberikan persetujuan tersebut, Anda harus memasukkan alamat IP yang ingin dibatasi penggunaan bandwithnya di kolom IP Adress. 


Modem ZTE 

Untuk modem ZTE, masuk ke browser dan ketikkan alamat http://192.168.1.1 untuk melakukan perubahan setting. Lakukan login menggunakan username default, tapi jika sudah berubah, Anda bisa memasukkan username dan password baru Anda. Setelah berhasil login, masuk ke menu Network. 

Disana pilih menu yang bertuliskan Multi-SSID Setting dan geser SSID menjadi SSID. Pada bagian SSID Name, Anda bisa mengisinya bebas, tuliskan saja ‘general wifi’. Di bagian priority, Anda pilih default di angka 0 dan lakukan submit. 

Selanjutnya di menu Security, Anda memilih menu SSID kembali dan menggantinya dengan SSID1. Lanjutkan dengan melakukan setting pada WPA Passphrase dan isi sesuai dengan keinginan, menu ini berfungsi sebagai setting password wifi. Di bagian WPA Encryption pilih TKIP dan lakukan submit. 

Jika sudah selesai, silahkan ke menu Bandwith Range, dan dari sana Anda bisa menyesuaikan berapa kecepatan yang bisa digunakan oleh alamat IP tersebut. Lanjutkan dengan memilih menu Add to list dan selesaikan dengan memilih OK. 


Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membatasi bandwith wifi Indihome. Cara membatasi kecepatan wifi indihome berbeda dengan jenis wifi yang digunakan, jadi harus Anda sesuaikan dengan baik. Anda juga bisa membatasi pengguna wifi dengan mengganti password secara rutin, sehingga kecepatan wifi tetap stabil. 


im

0 Komentar