Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi

Pelatihan barista dan usaha warung kopi merupakan sebuah pelatihan untuk menjadi barista profesional yang bersertifikat. Persaingan dunia bisnis semakin ketat. Owner tidak hanya mengontrol usaha dan teknik marketing saja namun, mengetahui seluk beluk usaha warung kopi nya akan lebih baik.



Apa itu Kartu Prakerja?

Kartu prakerja adalah bantuan pelatihan bagi masyarakat Indonesia agar bisa meningkatkan kemampuan untuk memulai, mejalankan, dan mengembangkan produk. Marketplace dipilih agar memudahkan pengguna dalam mencari, membandingkan, memilih dan evaluasi pelatihan yang tersedia. Pada program ini, pemerintah bekerjasama dengan pelaku usaha swasta dalam melayani masyarakat demi SDM unggul, Indonesia maju.

Kartu parkerja di tujukan kepada warga yang sudah berusia 18 tahun dan tidak sedang menempuh pendidikan sekolah ataupun kuliah. Karena pandemi covid-19, kartu prakerja ini menjadi solusi sehingga diprioritaskan bagi pekerja atau pelaku usaha mikro yang terdampak.


Tujuan dari Kartu Prakerja

  • Membantu meringankan tanggungan para pekerja atau perusahaan mengenai biaya pelatihan
  • Mengurangi biaya dalam mencari informasi pelatihan
  • Mendorong kebekerjaan seseorang lewat pengurangan mismatch
  • Menjadi komplemen dari pendidikan formal
  • Membantu daya beli terhadap masyarakat yang terdampak penghidupannya akibat COVID-19


Cara Daftar Kartu Prakerja


1. Buka dasboard.prakerja.go.id/daftar 
2. Masukkan nama lengkap, email dan password, kemudian klik daftar.
3. Periksa email kamu untuk melakukan verifikasi akun
4. Masuk ke dasboard akun kamu, kemudian lakukan isi verifikasi KTP. Tekan berikutnya.
5. Lengkapi data diri beserta dengan foto KTP dan swafoto bersama KTP kamu.
6. Lakukan verifikasi nomer telepon. Klik kirim
7. Nanti akan ada sms masuk mengenai kode OTP, salin dan masukkan. Klik verifikasi
8. Isi pertanyaan pendaftar sampai selesai.
9. Selanjutnya melakukan tes motivasi dan kemampuan dasar.
10. Setelah melakukan tes, tunggu hasilnya kurang lebih 5 menit. Tekan tombol refresh jika tidak ada perubahan.
11. Sekarang tinggal ikut seleksi gelombang, silahkan kamu pilih gelombang yang diinginkan sesuai domisili.
12. Selanjutnya kamu akan mendapat email mengenai hasilnya apakah lolos atau tidak.

Untuk informasi lebih lengkap, kunjungi : https://www.prakerja.go.id/


Pelatihan Barista: Merdeka Barista by Bencoolen Coffee

 

Peningkatan kompetensi dimasa pandemi menjadi sangat penting terutama untuk para pekerja, pekerja yang di-PHK. Bencoolen Coffee berkontribusi untuk memberikan pelatihan barista dan usaha warung kopi bersama Pemerintah melalui kartu Prakerja.

Pelatihan akan sangat bermanfaat untuk menjadikan barista yang handal, pemasaran kopi secara online maupun menjadi agen kopi di wilayah kamu. 

Banyak manfaat yang akan kamu dapatkan dalam pelatihan barista, diantaranya:

  • Pengetahuan Kopi
Kamu akan mendapatkan banyak wawasan baru di bidang kopi seperti halnya mengetahui karakteristik kopi, jenis kopi, teknik pembuatan minuman berbahan dasar kopi dan penjelasan mengenai profesi dari barista.

  • Barista Handal
Kamu akan diberikan pelatihan untuk menjadi barista handal dengan tips dan trik meracik kopi sesuai standar barista, mendapatkan pemahaman, apresiasi dan wawasan baru mengenai rasa dan aroma kopi.

  • Memahami Kebutuhan Menjadi Barista
Kamu akan diperkenalkan dan diberikan pemahaman mengenai peralatan kopi yang biasanya digunakan oleh para barista. Kamu juga akan diajarkan bagaimana menjadi barista yang baik.

  • Wirausaha Warung Kopi
Pelatihan ini juga memberikan peluang bagi kamu yang ingin membuka warung kopi kekinian dengan modal yang minim. Kamu bisa membuka kedai kopi untuk wilayah tempat tinggal kamu dengan biaya yang sangat terjangkau dengan penyajian dan citra rasa yang terbaik.

Bencoolen Coffee menyediakan 3 jenis paket untuk pelatihan barista, antara lain:

pelatihan barista

Kamu bisa mengunjungi "pelatihan barista dan usaha warung kopi" by Bencoolen Coffee di Mitra Platform Digital Prakerja berikut:

usaha warkop



Cara Menjadi Barista yang Baik


pelatihan usaha coffee shop

Memberikan Pelayanan Terbaik
Pelayanan menjadi prioritas selain menyajikan kopi. Barista diharapkan bisa bersikap ramah terhadap pelanggan minimalnya mengucapkan selamat pagi, siang, atau malam bahkan bisa tanyakan juga kabar hari ini. Dengan barista yang ramah, pelanggan akan merasa nyaman dan diharapkan juga bisa mendapatkan feedback positif yang baik dari pemilik warung kopi maupun dari pelanggannya langsung.

Komunikasi yang baik dengan pelanggan memberikan sebuah hubungan erat dengan warung kopi sehingga diharapkan juga bisa menjadi pelanggan setia dan loyal. Dengan kedekatan ini pula kamu bisa tahu kesukaan dari pelanggan A.

Memberi Pengetahuan Tentang Kopi
Saat kita melakukan pemesanan, biasanya di bar kasir terdapat toples berisi biji kopi yang bisa disentuh dan dilihat oleh pelanggan yang datang. Berikan sedikit pengetahuan tentang kopi yang dilihatnya sehingga pelanggan merasa kedai kopi ini patut untuk direkomendasikan. Atau mungkin ada pelanggan yang bertanya tentang kopi ataupun menu kopi bisa dijelaskan dengan informatif dan komunikatif.

Membersihkan Peralatan
Untuk membuat perlatan di warung kopi tetap bersih, barista wajib untuk selalu menjaga dan membersihkan peralatan yang kotor. Akan lebih baik selalu dibersihkan dengan lap bersih setiap kali pesanan telah dibuat. Menjaga kebersihan dari seorang baristanya pun wajib diperhatikan, jika kebersihan dirinya saja lalai, bagaimana menjaga kebersihan alat-alat yang ada di warung kopi.

Memberikan Rekomendasi Menu Favorit
Memberikan penjelasan menu-menu yang tersedia kepada pelanggan menjadi nilai lebih bagi seorang barista. Biasanya seorang pecinta kopi ataupun pelanggan baru sering kebingungan dalam memilih pilihan menu yang terlalu banyak. Barista bisa merekomendasikan menu favorit yang cocok dengan pelanggan tersebut. 

Tanyakan juga bagaimana rasa kopi yang kamu buat sebagai bahan evaluasi dan bisa mengetahui kriteria kopi yang dinginkan oleh pelanggan baik perorangan maupun keseluruhan.


Persiapan Membuka Usaha Warung Kopi


Membangun Rencana

usaha kedai kopi
Sebelum melangkah lebih jauh untuk membangun usaha warung kopi, rencanakan terlebih dahulu konsep bisnis yang kamu inginkan agar terukur sesuai dengan visi dan misi serta tujuan kamu membuka kedai kopi. Beberapa hal yang bisa kamu buat dalam merencanakan bisnis, sebagai berikut:

  • Membuat Bussiness Model Canvas
BMC (Bussiness Model Canvas) merupakan sebuah skema model bisnis yang mengatur dan memberikan rancangan berpikir bagaimana sebuah usaha berjalan mulai dari "hal dapur" sampai sebuah produk dilihat konsumen. 

Sebuah BMC akan membantu dalam hal menganalisis, menjelaskan serta menggambarkan sebuah model bisnis untuk menilai seberapa optimalkah bisnis yang akan kita jalankan. Terdapat 9 tahap membuat bisnis model canvas diantaranya:

  1. Menentukan customer segment
  2. Menentukan produk, layanan, atau value proposition
  3. Bagaimana dalam menyampaikan produk kepada customer
  4. Bagaimana relasi akan dibentuk antara customer dengan bisnis
  5. Menentukan sumber pendapatan
  6. Menentukan sumer daya yang dibutuhkan
  7. Menentukan aktivitas utama dalam bisnis
  8. Menentukan partner utama yang diperlukan
  9. Menentukan darimana saja sumber pengeluaran
usaha kedai kopi murah


Key partners, berbicara mengenai siapa yang akan mengerjakan hal-hal kebutuhan bisnis diluar aktivitas utamanya, siapa suplier yang akan memenuhi kebutuhan bisnis . Intinya key partners itu pihak-pihak suplier dan partners yang akan menjadi pendukung operasional bisnis.

Key activities, tentang aktivitas sehari-hari yang harus dilakukan agar bisnis anda bisa terwujud dan berjalan. Seperti halnya membuat produk, marketing, selling, branding dan lainnya.

Key Resources, Mengenai sumber daya yang tersedia untuk menjalankan sebuah bisnis dan seperti asset apa yang dibutuhkan agar bisnis bisa berkembang dan bersaing, seperti halnya dana, investor, pelatihan (pelatihan barista dari Bencoolen Coffee misalnya).

Value proporsitions, Sesuatu hal yang menarik untuk ditawarkan kepada pelanggan untuk memenuhi kebutuhan mereka dan jelaskan bagaimana usaha anda bisa memiliki keunggulan dibandingkan para pesaing bisnis serupa. Bisa mengenai menu, spesifikasi, layanan, harga, lokasi dan suasana dan lainnya.

Customer relationship, Menjelaskan bagaimana melakukan pendekatan dengan pelanggan agar bisa terhubung dengan bisnis kamu dan memiliki pelanggan yang setia serta loyal. Untuk mengetahui bagaimana pelanggan anda puas dengan produk yang ditawarkan. Misalnya melalui fanspage, instagram, twitter, sms, email, call center, membership, dan melalui sebuah promosi.

Channels, Media dimana digunakan untuk menyampaikan produk atau bisnis kita agar sampai kepada pelanggan. Bisa menggunakan brosur, tempat usaha, sosial media, website, marketplace dan lainnya.

Customer Segment, Target pelanggan tertentu yang akan kamu bidik untuk menjadi pelanggan yang loyal. Bisa melalui kebiasaan, wilayah, demografi (umur, lokasi, gender, dan lainnya), personality.

Cost structure, Mengenai pengeluaran apa saja yang dibutuhkan untuk menjalankan sebuah bisnis. Seperti halnya biaya operasional, sewa tempat, HPP (harga pembelian produk) dan lainnya.

Revenue stream, Bagaimana sebuah bisnis yang kamu jalankan bisa menghasilkan uang, Contoh dalam usaha warung kopi, revenue stream didapatkan melalui penjualan menu makanan, minuman, properti kopi, penjualan merchandise dan lainnya.

Mengenai bussiness model canvas, sebenarnya ini masih hal dasar dan umum. Kamu bisa mencari informasi lanjutan, lebih baik jika mencari mentor bisnis untuk menjelaskan bagaimana rencana sebuah bisnis dengan bussiness model canvas bisa bekerja.

  • Menentukan Brand
Brand merupakan sebuah wajah bagi bisnis, bagaimana pelanggan bisa mengenali usaha warung kopi kamu. Buatlah nama yang menggambarkan bagaimana visi dan misi serta tujuan kamu dalam menjalankan bisnis. 

Diharapkan juga setelah brand sudah cocok, segera daftarkan melalui HKI (Hak Kekayaan Intelektual) untuk melindungi dan memiliki sertifikat hak legal atas nama brand kamu. Dengan begitu ketika bisnis kamu berkembang pesat, tidak akan ada yang bisa mengklaim dan mengambil alih nama brand di mata hukum. 

  • Memilih Sistem Point of Sales
Sistem POS merupakan sistem yang bekerja seperti halnya sebuah kasir dimana mengintegrasikan beberapa alat kasir sebagai pendukung untuk sistem online. Dengan sistem POS, pemilik usaha akan terbantu dengan sistem penjualan yang mudah. Sistem Point of Sale juga bisa merekap laporan keuangan harian, mingguan, bulanan dan tahunan dengan akurat.

Beberapa software point of sale berbayar menyediakan fitur penambahan menu jualan, menerima pembayaran dengan QR Code dan dompet digital seperti gopay, ovo, dana dan lainnya. Penting sekali point of sale dalam sebuah bisnis untuk membuat tata kelola yang baik.

Menggunakan sistem POS juga bisa mengurangi resiko human error, memiliki aksebilitas (software POS bisa digunakan pada tablet/smartphone sehingga mengurangi space berlebih karena komputerisasi transaksi).  [Baca : Pentingnya Point of Sale untuk Bisnis]


Menentukan Lokasi

usaha warung kopi sederhana
Lokasi merupakan sesuatu hal yang terpenting dalam membuka sebuah bisnis. Lokasi yang strategis membuat usaha warung kopi anda bisa berkembang dengan baik. Diharapkan bisa memilih lokasi yang sesuai dengan target pasar yang ditulis dalam bussiness model canvas

Misalnya target anak kuliahan, cobalah cari lokasi sekitaran kampus yang cenderung lifestyle nya membutuhkan produk dari bisnis kita. Mencari lokasi yang tepat tidak bisa dilakukan dalam sehari, jadi pertimbangkan untuk menyisihkan waktu khusus.

Setelah mendapatkan kandidat lokasi, cek sekitaran lokasi tersebut apakah ada bisnis yang serupa atau tidak. Jika ada, kamu harus bisa memiliki keunggulan lain untuk menjadi daya tarik agar bisa bersaing dengan pemilik usaha serupa yang telah lama berada disana. Dan kamu juga bisa menganalisa bagaiamana bisnis mereka bisa berkembang, dan apa daya tarik dari mereka. Amati lalu sempurnakan.


Membuat Denah dan Desain Warung Kopi

modal usaha warung kopi
Sebuah desain dan tata letak suatu kedai kopi bergantung dari bagaimana pemikiran dari pemilik usahanya. Dalam merancang warung kopi, beberapa hal yang harus dipikirkan diantaranya alur pelanggan mulai dari pintu masuk, berjalan ke tempat pemesanan dan akses menuju meja duduk.Dan diharapkan juga alur tersebut tidak mengganggu pekerja di warung kopi.

Ciptakan atmosphere yang berbeda untuk warung kopi kamu, sehingga selain pelanggan datang untuk menikmati kopi, tapi bisa menikmati suasana disana. Bisa cocok juga untuk nongkrong, meeting, bekerja dan lainnya.


Mencari Suplier yang Tepat

paket usaha kedai kopi
Suplier sangat mendukung untuk menstabilkan ketersediaan menu di warung kopi. Carilah suplier yang paling sesuai dan bisa diandalkan. Mungkin pada awalnya kamu akan dihadapkan dengan suplier yang berganti-ganti tapi tidak masalah. Kamu bisa memutuskan suplier mana  yang paling sesuai untuk dipilih.


Mencari Alat yang dibutuhkan

modal usaha kedai kopi
Cobalah kamu buat list alat-alat yang dibutuhkan untuk menunjang aktivitas bisnis kamu seperti produksi pembuatan menu kopi dan lainnya. Sedikit masukan, biasanya sebuah warung kopi membutuhkan alat-alat sebagai berikut: 

  • Mesin Kopi Espresso
  • Coffee Grinder
  • Drip Coffee Maker
  • Moka Pot
  • Silverware
  • Glassware
  • Blender & Juicer
  • Peralatan Untuk Memasak
  • Wadah Untuk Memasak
  • Peralatan Untuk Memanggang
  • Peralatan Kebersihan
  • Peralatan Menyimpan Makanan
  • Peralatan Menyimpan Air Minum
  • Pendingin Udara
  • Peralatan Keamanan
  • Aplikasi Kasir (Point of Sale)


Membuat Pilihan Menu

rincian modal usaha warung kopi
Buatlah menu-menu yang menarik bagi pelanggan kamu, setidaknya ada 3 menu andalan di warung kopi itu. Misalkan Brown Sugar Ice Coffee, oh itu menu yang ada di warung kopi A ya? Pertimbangkan juga hal lainnya selain menu seperti percantik tampilan menu, harga yang bersaing, desain buku menu mulai dari gambar, kombinasi warna dan font yang tepat.

Mungkin sekedar saran, menyediakan website untuk warung usaha bisa membantu pelanggan untuk mencari informasi tentang kedai kopi nya, menu nya, promo, dan lainnya.


Pekerjakan Barista dan Karyawan yang Tepat

bisnis warung kopi free wifi
Pelayanan dan penyajian dari barista akan menjadi jembatan apakah bisnis anda akan berkembang atau tidak. Pelayanan dan penyajian yang buruk akan membuat citra dari warung kopi menjadi buruk dan kemungkinan minat pelanggan lainnya akan hilang. Seperti yang kita tahu review dari mulut ke mulut akan lebih mudah menyebar dan melekat.

Mempekerjakan barista profesional merupakan langkah yang tepat. Mereka sudah tahu bagaimana membuat kopi dengan baik namun, kode etik dan prilaku dari pekerja juga wajib dipertimbangkan untuk direkrut. 

Merekrut barista pemula pun sebenarnya tidak masalah, kamu bisa menyuruh mereka untuk mengikuti pelatihan barista terlebih dahulu. Yang pasti nilai-nilai kejujuran, kerja keras, inovatif, dan nilai positif lainnya dari pekerja yang menjadi pertimbangan juga.


Promosikan Warung Kopi

kursus barista 2020
Sebelum warung kopi anda buka, promosikan terlebih dahulu untuk kebutuhan branding. Sehingga ketika nanti "Grand Opening" banyak pelanggan yang penasaran dan datang ke warung kopi. Biasanya pemilik kedai kopi melakukan promosi atau marketing melalui instagram dengan berbagai kerjasama berbayar dengan selebgram, akun verified,  maupun akun media informasi.

Buatlah konten-konten baik gambar atau video yang menarik, kamu juga bisa bekerjasama dengan blogger untuk me-review usaha warung kopi kamu. Daftarkan juga ke google maps untuk memberikan kemudahan bagi pelanggan dalam mencari lokasi. Optimasi juga website (jika ada) agar bisa berada diposisi terbaik di search engine.


Mulai Membuka dan Jalankan Warung Kopi

buka warung kopi
Setelah beberapa lama merencanakan dan menyiapkan kedai kopi, Mulai membukanya adalah sebuah pencapaian pertama yang luar biasa. Kamu bisa melakukan "Soft Opening" terlebih dahulu dengan mengundang tamu-tamu penting, teman, influencer untuk datang. 

Fungsi orang-orang yang kamu undang ini selain untuk mencicipi menu yang ada, kamu bisa meminta mereka untuk memberi masukkan terhadap warung kopi kamu. Pemilik warung kopi bisa bekerjasama dengan influencer untuk me-review tempat dan menu nya dan di share ke media sosial.

Jadikan "Soft Opening" ini untuk evaluasi apakah usaha warung kopi sudah siap untuk dibuka secara umum atau perlu perbaikan. Setelah itu jangan lupa untuk membuat rencana untuk kemajuan warung kopinya.


Bagaimana Membuka Usaha Warung Kopi Dengan Modal Minim

The Bencoolen Coffee menyediakan penawaran kerjasama untuk para millenial dan masyarakat umum membuka usaha kedai kopi susu kekinian dengan modal minim. Kedai ini bisa dibuka dirumah, kantin sekolah dan tempat ramai lainnya. Bencoolen Coffee memberikan dukungan untuk membantu mempromosikan kedai kopi di media sosialnya dan juga memberikan dukungan penjualan secara online.

Terdapat 2 paket kemitraan Bencoolen Coffee yaitu Bencoolen Home dan Bencoolen Franchise.

  • Bencoolen Home

Ditujukan untuk millenial dan masyarakat umum yang ingin membuka mini kedai di rumah, sekolah, pasar dan tempat ramai lainnya. Terdapat 2 paket bencoolen home yaitu paket outlet dan paket oulet & booth.

modal buka warkop sederhana

  • Bencoolen Franchise

Dikhususkan bagi millenial dan masyarakat umum yang ingin membuka kedai dan bekerjasama secara mandiri dengan bencoolen coffee. Terdapat beberapa paket mulai dari 22-300 juta. 

modal buka warung kopi

Pada Bencoolen Franchise ini sudah termasuk pelatihan untuk barista selama 1 minggu dan management bisnis, pendampingan usaha baru selama 1 minggu dan peralatan dan produk sesuai paket kemitraan.

Dengan meningkatkan keahlian dan menyiapkan persipan untuk membuka usaha warung kopi akan mendampak positif pada hasil perkembangannya. Ikuti pelatihan barista dan warung kopi by Bencoolen Coffee untuk meng-upgrade diri seputar kopi.

6 kata untuk membuat kamu sukses
"Belajar, Proses, Proses, Proses, Evaluasi, Repeat"
-Robby Jungjunan-

im

0 Komentar