Ikuti Beberapa Tips Mudah Mencatat Laporan Keuangan Berikut!

Banyak orang sudah mengetahui akan pentingnya sebuah laporan keuangan bagi kehidupan sehingga mereka membutuhkan aplikasi pencatat keuangan yang membantu mereka. Bagi yang belum mengetahui apa laporan keuangan itu? Ialah dokumen terstruktur yang berisikan catatan tentang posisi keuangan dan kinerja keuangan secara entitas. Lebih banyak dikenal sebagai rangkuman dari seluruh transaksi yang dilakukan selama satu periode.

Apalagi bagi yang berkecimpung dalam dunia bisnis, pasti tidak asing dan sudah menggunakan Aplikasi untuk pencatat keuangan supaya bisnisnya menjadi sehat. Lain dari itu, laporan keuangan dapat berguna untuk mengevaluasi bisnis, mendatangkan investor, mengambil keputusan sampai menentukan besarnya pajak. Jadi laporan keuangan harus disusun dengan baik dan benar di aplikasi akuntansi.

aplikasi akuntansi

Membuat sebuah laporan keuangan bukan suatu hal yang sulit, kuncinya Anda harus mengetahui dahulu ketentuan dasarnya sehingga laporan keuangan yang dibuat bisa sesuai. Berikut tips-tips yang bisa Anda perhatikan dalam menyusun laporan keuangan agar lebih terstruktur, benar, dan dapat digunakan dengan maksimal.

1. Menggunakan Sistem Akrual
Terdapat dua metode pencatatan laporan keuangan yang dikenal dalam ilmu akuntansi, yaitu metode pencatatan berbasis kas dan metode pencatatan berbasis akrual. Metode berbasis kas yang dicatat adalah berkaitan dengan keluar masuknya kas perusahaan. Metode ini lebih banyak digunakan oleh pengusaha kelas menengah ke bawah, karena mudah dalam pengaplikasiannya. Sedangkan metode akrual mencatat tidak hanya kas saja melainkan juga utang, piutang. Metode akrual dapat menampilkan gambaran yang lebih akurat bila dibandingkan dengan yang metode kas. Dengan gambaran yang akurat Anda bisa mengetahui setiap transaksi yang dilakukan oleh perusahaan dengan jelas.


2. Jangan Lupa Mencatat Semua Pengeluaran dan Pemasukan
Tips selanjutnya yang bisa Anda gunakan adalah mencatat semua pengeluaran dan pemasukan yang terjadi. Ada beberapa pelaku usaha yang tidak mencatat setiap transaksi yang terjadi karena alasan malas, ribet dan lain-lain. Sehingga ini tidak menggambarkan kondisi perusahaan yang sebenarnya. Mencatat setiap transaksi adalah suatu hal yang penting dan harus dilakukan dengan teliti. Agar Anda mudah dalam mencatat semua pemasukan dan pengeluaran yang terjadi di perusahaan kini ada aplikasi pencatat keuangan yang bisa digunakan. Jadi kamu dapat pakai aplikasi akuntansi dan tidak perlu ribet lagi menggunakan system manual.


3. Memberikan penjelasan yang detail
Selanjutnya menyusun laporan keuangan harus disertai oleh penjelasan-penjelasan yang detail. Sebab laporan keuangan yang jelas dapat memudahkan Anda saat memeriksa ulang, dan tidak perlu memikirkan ulang. Lain dari itu penjelasan yang detail akan membantu menjadi lebih teliti dalam melakukan pencatatan keuangan.

Agar Anda bisa membuat laporan keuangan secara tepat dan mudah bisa mencoba dengan mengikuti beberapa tips diatas. Selain itu, bisa menggunakan aplikasi pencatat keuangan agar dapat lebih mempermudah Anda untuk membuatnya. Salah satu aplikasi yang recommended adalah BukuKas yang bisa memanajemen segala aktivitas perencanaan keuangan lebih optimal. Dengan laporan keuangan, Anda bisa mengetahui kesehatan dari perusahaan Anda.

1 Komentar

  1. wahh tips nya sangat menarik mas.. bisa diterapin sama orang banyak

    BalasHapus