Tips Membiasakan Bangun Subuh Saat Libur dan di Rumah Aja

Hampir semua orang pernah merasakan bangun tidur sampai siang karena hari libur dan sebagainya. Padahal kebiasaan ini cukup buruk karena aktifitas dipagi hari akan terganggu serta ibadah pun akan terlewatkan karena terlambat bangun.

Banyak penyebab susah bangun subuh mulai dari begadang, terlalu kekenyangan, kelelahan dan lainnya. Banyak manfaat nya bangun subuh loh, orang sukses bangunnya gak pernah siang. Bahkan hari libur aja masih produktif bukan malas-malasan.

Hal yang paling utama dilakukan adalah niat yang kuat untuk membiasakan bangun subuh. Ada doa bangun subuh yang bisa kamu baca sebelum beranjak tidur.

cara tidak terlambat bangun


Cara Agar Bisa Bangun Subuh


Biasakan Tidur Tepat Waktu
Alasan yang sering terjadi karena telat bangun adalah terlalu sering bergadang. Tidur larut malam membuat tubuh menjadi lebih lelah sehingga akan sulit untuk bisa bangun hanya beberapa jam. Apalagi biasanya klo pas bangun sering pusing kepala. Agar bisa bangun tidur lebih awal, kurangi bergadang dan maksimal tidur di jam 10 malam.


Pasang Alarm
Ini cara yang paling ampuh untuk membangunkanmu di waktu subuh, jika kamu tetap sulit bangun dengan alarm cobalah untuk mengatur nya dengan 3 waktu setiap 30 menit. Kamu bisa menyimpan ponsel kamu di samping tempat tidur.


Jangan makan terlalu keyang di malam hari
Terlalu banyak makan baik cemilan maupun makan berat tentu akan membuat sensai mengantuk hanya saja kamu akan tertidur dengan sangat pulas sehingga waktu subuh terlewat. Dan perlu kamu tahu juga jika makan berat sebelum tidur akan membuat badan lemas dan sakit dada karena tidak tercerna dengan sempurna.


Minta bantuan keluarga/teman serumah
Ketika ada 2 orang atau lebih yang memiliki niat untuk bangun subuh, persentase untuk kamu ikutan bangun juga akan semakin besar dan saling mebangunkan adalah cara yang efektif untuk membangunkan seseorang. Jika kamu sendirian di rumah. cobalah minta ke gebetan, pacar, teman untuk membangunkan kamu. Bagi para istri-istri diluaran sana cobalah untuk berusaha mengatasi suami yang susah bangun pagi.


Ambil air wudhu
Jika kamu udah melek/kebangun saat subuh, beranikan untuk bergerak dari tempat tidur dan pergi ke kamar mandi untuk mengambil air wudhu. Kamu tidak akan kedinginan kok, bahkan bisa nyegerin mata dan bikin kamu gak kembali tidur lagi. Baiknya sih melakukan wudhu juga sebelum tidur selain mendapatkan pahala, kualitas tidurmu juga akan baik.

Itulah cara bangun subuh, share keteman dan media sosial kamu agar mereka juga bisa terbantu jika sulit bangun salat subuh. Berkomentar juga jika kamu tahu cara bangun subuh menuru islam.

2 Komentar

  1. Kalo saya biasanya istri yang bangunin kalo sudah subuh kang, soalnya kalo malam begadang sampai jam 11 nunggu dagangan.😂

    Kalo pakai alarm kadang kurang mempan karena masih ngantuk jadi alarm dicuekin.😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak lah punya istri, klo yang masih bujangan mah mana bisa. Bangun 10 menit sebelum subuh juga bersyukur. Apalagi sekarang lagi ramadhan

      Hapus