Tips Memilih Kosan Bagi Mahasiswa Baru

Setelah dinyatakan lulus untuk kuliah, selain memikirkan untuk pengurusan pembiayaan masuk, mahasiswa baru harus memikirkan tentang tempat tinggalnya selama kuliah. Mencari kosan itu gampang-gampang susah, sulit sekali jika harus menemukan kosan yang sesuai dengan keinginan kita selalu harus memilih mana yang lebih baik.

Untuk masalah budget sebenarnya bisa dipertimbangkan setelah ada pilihan kosannya karena sulit juga jika mematok budget terlebih dahulu sedangkan kita tidak tahu kosan mana yang memberi harga segitu yang sesuai dengan kita.

cara memilih kosan yang baik


Tips Memilih Kosan


Jarak ke kampus
Mahasiswa baru disarankan memilih kosan dekat kampus terutama untuk orang yang merantau dimana belum tahu pasti keadaan kotanya/wilayahnya. Apalagi jika kamu belum membawa/mengirim kendaraan dari rumahmu ke kosan, akan banyak sekali biaya yang keluar hanya untuk transportasi saja.

Ini akan sangat berguna juga  jika diawal-awal masa perkuliahan kamu ketinggalan apapun itu dikosan sehingga tidak terlalu jauh untuk mengambilnya dan kemungkinan untuk nyasar lebih sedikit. Saya merasakan betul jika baru pertama berada di kota orang, pikiran sangat blank tentang jalanannya dan sulit untuk mengingatnya.


Fasilitas yang disediakan
Beberapa jenis fasilitas yang biasanya dsediakan oleh pemilik kost mulai dari kosaongan artinya hanya mendapatkan ruangan yang kosong isinya kamu yang isi, kamar mandi luar/kamar mandi dalam, mendapatkan kasur, lemari, tempat parkir luas, wifi, ada dapur bersama/tidak, bahkan ada kost jakarta yang menyediakan sudah siap pakai dimana kamu hanya perlu datang bawa baju saja. Semua itu kamu pilih sesuai kebutuhan dan budget yang kamu miliki, memilih fasilitas kosan juga berguna untuk nantinya kamu pindahan harus bawa apa saja.


Lingkungan kosan
Seharusnya saat kamu melakukan survey langsung kosan, kamu bisa bagaimana situasi dari kosannya. Tidak hanya itu saja, carilah kosan yang dekat dengan tempat ibadah, tempat makan, dan setidaknya dekat dengan fotocopy-an. Hal ini akan membantu kamu saat pertama kali pindahan apalagi jika harus mencari-cari tempat makan. Tapi pasti setiap fotocopy-an ada disekitar kampus jika memang tidak ada didekat kosan bisa cari ke sekitar kampus.

Diharapkan juga lebih enak jika semua penghuni kos adalah mahasiswa jangan ada pasangan yang telah berumah tangga karena ketika berisik dan lainnya pasti jadi teguran, gak enak lah. Jadi pertimbangan juga memilih kosan yang serumah dengan pemilik kost atau kosan yang terpisah. Lebih enaknya sih terpisah dari pemilik kos apalagi jika sering pulang malam.


Cari info kosan sebelum survey langsung
Cobalah sebelum kamu mencari-cari kosan langsung bisa tanya-tanya sama orang kamu kenal misalnya yang kuliah univ itu atau sudah alumni, ataupun yang kuliah di kota itu. Sehingga kamu memiliki tujuan/gambaran kosan mana yang akan di survey daripada harus keliling tapi tidak tahu mau kemana.

Jika memang tidak mendapatkan informasi yang jelas, sekarang sudah banyak situs kost online yang menyediakan kosan mana saja yang masih kosong dan ditampilkan juga detail harga dan fasilitasnya. Silahkan di rekap kosan yang akan di survey sambil mengurus administrasi masuk kuliah.

Biasanya kosan yang dekat kampus harus setahun masa sewa nya, tapi ada beberapa yang bulanan juga tapi agak jauh dikit lokasinya. Memilih kost bulanan berguna jika kamu nantinya tidak betah atau tidak nyaman sehingga mudah untuk pindah kosan. Sedangkan jika pertahun klo keluar sebelum habis ya berarti tanggung sendiri rugi biaya sisa bulannya.

Perhatikan juga aturan kost yang ditetapkan biasanya aturannya seperti batas pulang malam, gak boleh bawa teman lawan jenis, ada biaya kebersihan tambahan, dan lainnya. Jika dirasa aturannya terlalu ketat, lebih baik cari kosan yang lain. Walaupun kosan kamu terpisah dari ibu kost coba tanyakan apakah ada penjaga kosannya? ini sebagai keamanan kendaraan dan barang-barang di area kosan.


0 Komentar