Kopi Jujur, Kopi Asli Tanpa Campuran Essen

Kopi Jujur, Kopi Asli Tanpa Campuran Essen. Kopi menjadi sebuah alasan untuk berkumpul, bercerita, berdiskusi tentang masa depan dan permasalahan hidup. Kopi jujur ketika dia memiliki rasa pahit dia pahit ketika manis dia manis. Kopi tidak pernah membohongi rasa kepada penikmatnya, tak heran dia banyak disukai.

kopi jujur, kopi asli tanpa campuran essen



Mengenal Sejarah Kopi Asli Indonesia, Manfaat, dan Jenis-jenisnya


Kopi Jujur merupakan salah satu minuman yang sangat digemari oleh sebagian besar pekerja, terlebih kaum pria. Biji kopi asli yang sudah disangrai dan dihaluskan, ternyata memberikan kenikmatan yang tiada tanding saat diseduh menjadi minuman kopi, baik kopi panas maupun kopi dingin.

Apalagi saat ini di Indonesia banyak sekali pebisnis waralaba atau franchise yang menjual minuman kopi asli maupun yang bercampur dengan susu, gula aren, karamel, dan masih banyak lagi campuran lainnya, yang tentunya menciptakan cita rasa baru bagi para penikmat kopi nusantara. Seperti halnya yang dilakukan oleh kedai kopi dengan brand Kopi Jujur, kopi asli tanpa campuran essen.

Mungkin sebelumnya Anda hanya tahu bahwa minuman kopi jujur yang lezat tersebut terbuat dari biji pohon kopi, tanpa tahu sejarah dan manfaatnya untuk kesehatan Anda. Untuk itu, sebagai penikmat kopi asli sejati, berikut kami jelaskan mengenai sejarah kopi di Indonesia dan manfaatnya.


Sejarah Kopi di Indonesia


Indonesia termasuk negara penghasil kopi terbesar di dunia dengan urutan keempat dari segi hasil produksi kopi yakni sekitar 648.000 ton. Peringkat keempat ini berhasil diduduki Indonesia setelah Brazil, Vietnam, dan Kolombia.

Sejarah kopi di Tanah Air ini diawali pada tahun 1696, saat bangsa Belanda membawa kopi dari Malabar, India, ke pulau Jawa. Saat itu mereka mulai membudidayakan tanaman kopi di sebuah perkebunan dekat Batavia, tepatnya di Kedawung. Namun, upaya pembudidayaan tanaman kopi ini sempat mengalami kegagalan dan rusak akibat gempa dan banjir.

Karena iklim di Indonesia cocok ditanami kopi, upaya kedua pun dilakukan pada tahun 1699 dengan mendatangkan stek batang pohon kopi dari malabar. Upaya ini menghasilkan sampel kopi yang kemudian dikirim ke negeri Belanda untuk diteliti di Kebun Raya Amsterdam pada tahun 1706.

Sampel kopi tersebut dinilai sukses besar karena memiliki kualitas yang sangat baik. Selanjutnya tanaman kopi yang telah berhasil dibudidayakan dijadikan bibit untuk seluruh perkebunan di Indonesia. Beberapa area budidaya yang diperluas oleh Belanda saat itu di antaranya Sumatera, Sulawesi, Bali, Timor, dan pulau lainnya di nusantara.

Setelah perluasan area perkebunan kopi dilakukan, tahun 1878 seluruh perkebunan kopi di Indonesia mengalami kerusakan terutama di dataran rendah. Beberapa tanaman kopi terserang penyakit karat daun (Hemileia vastatrix).

Setelah diteliti, ternyata spesies kopi arabika yang ditanam saat itu memang rentan terhadap penyakit tersebut. Untuk menanggulangi serangan hama tersebut, bangsa Belanda mendatangkan spesies kopi baru yakni kopi liberika yang diperkirakan lebih tahan dengan penyakit karat daun.

Seiring berjalannya waktu, sampai beberapa tahun lamanya, keberadaan tanaman kopi liberika menggantikan kopi arabika di perkebunan dataran rendah. Namun hal ini tidak mempengaruhi perekonomian dari hasil produksi kopi asli di Indonesia, karena saat itu harga kopi liberika sama dengan arabika di pasar Eropa.

Ternyata di lain waktu, kopi liberika ini juga terserang penyakit karat daun. Hal ini membuat Belanda mendatangkan spesies kopi baru yakni kopi robusta. Sampai saat ini, spesies kopi robusta lebih tahan terhadap serangan penyakit karat daun di dataran rendah.

Itulah mengapa biji kopi yang tumbuh di Indonesia terdiri dari 3 jenis, kopi arabika, kopi liberika, dan kopi robusta. Nikmatin produk-produk dari ketiga jenis kopi tersebut di kopi jujur atau bencoolen coffee.

kopi asli

Sejak menjajah Indonesia dan membudidayakan tanaman kopi, Belanda menjadi negara pemasok kopi dunia. Akan tetapi, pasca kemerdekaan Indonesia tepatnya mulai tahun 1945, seluruh perkebunan kopi Belanda yang ada di Tanah Air semuanya dinasionalisasikan. Hal inilah yang membuat Indonesia berada pada peringkat keempat sebagai negara penghasil kopi terbesar di dunia.


Manfaat Kopi untuk Kesehatan Tubuh


Kopi mengandung nutrisi yang banyak sekali diantaranya mineral kalium sebanyak 111 mg, protein sebanyak 0,28 gram, lemak sebanyak 0,005 gram, energi sebanyak 2 kkal dan karbodirat sebanyak 0,09 gram. Kopi mengandung beberapa vitamin seperti vitamin B2, vitamin B3 dan vitamin B5.
Selain kandungan nutrisi tersebut, kopi juga mengandung beberapa senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, diantaranya senyawa kafein, asam klorogenat, ethyphenol dan dicaffeoylquinic acid.

Tingginya nutrisi dan senyawa dalam kopi membuatnya memiliki banyak manfaat. Kopi jujur, kopi asli tanpa campuran essen memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh Anda, di antaranya:

1. Meminimalisir Risiko Penyakit Diabetes Tipe 2
Diabetes type 2 adalah suatu kondisi seseorang yang memiliki kadar gula lebih tinggi dari kadar normalnya. Gejala yang ditimbulkan adalah bagian tubuh menghitam, luka yang sulit sembuh dan penglihatan menjadi kabur.

Selain kafein, mineral mangan yang terkandung dalam kopi juga mampu berperan meminimalisir risiko penyakit diabetes type 2. Mangan berfungsi menjaga stabilitas gula dalam darah. Mangan bekerja dengan mangaktifkan sekresi insulin.

Kopi dengan kadar gula yang sedikit dapat mengurangi risiko penyakit diabetes tipe 2. Namun perlu diingat pula, pengidap diabetes yang juga mengidap penyakit tekanan darah tinggi dan penyakit asam lambung, dianjurkan untuk menghindari minum kopi asli. Karena bisa memicu tekanan darah yang tinggi dan naiknya asam lambung.


2. Mengurangi Risiko Penyakit Parkinson
Parkinson adalah suatu gangguan pada saraf yang mempengaruhi bagian otak yang berfungsi sebagai koordinasi tubuh. Penderita Parkinson sulit mengatur gerakan tubuhnya sendiri. Kopi asli mengandung senyawa kafein yang bermanfaat sebagai antioksidan. Senyawa ini berperan mencegah terjadinya peradangan pada bagian-bagian otak.

Dengan meminum Kopi Jujur yang pahit dapat menurunkan penyakit parkinson secara signifikan. Pasalnya asupan kopi dengan kafein yang tinggi ini mampu membantu para penderita parkinson dalam mengendalikan dan mengontrol gerakan tubuhnya.

3. Terhindar dari Gangguan Fungsi Otak dan Depresi
Kopi Jujur atau kopi asli lainnya juga dapat menurunkan risiko depresi dan gangguan fungsi otak. Dengan begitu, Anda juga akan terhindar dari demensia dan stroke. Anda bisa meminum kopi asli yang diseduh tanpa campuran apapun, karena kandungan kafeinnya tinggi.

Senyawa kafein yang terkandung dalam kopi berperan sebagai antioksidan yang mencegah kerusakan sel pada otak yang menyebabkan penyakit pada otak. Penyakit yang sering terjadi pada otak antara lain demensia vascular dan Alzheimer. Demensia merupakan gangguan pada pembuluh darah diotak sedangkan Alzheimer merupakan gangguan pada otak yang menyebabkan penurunan daya ingat dan cara berpikir.

Senyawa kafein bekerja dengan cara meningkatkan ketajaman pada memori. Namun, perlu diingat untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Kandungan kafein yang berlebihan dapat menghasilkan ingatan yang tidak akurat.

Kopi sering dikonsumsi ketika sedang tubuh mengalami ngantuk. Kopi mengandung senyawa kafein yang mampu meningkatkan fokus otak. Senyawa kafein yang terbawa oleh aliran darah menuju otak akan berinteraksi dengan reseptor adenosi dan merangsang aktivitas produksi serotonin, dopamine dan nonadrenalin. Ketiga senyawa ini berperan dalam menjaga kefokusan otak. Hal in juga membantu Anda terhindar dari melamun akibat depresi.


4. Menurunkan Risiko Penyakit Organ Hati dan Empedu
Hati merupakan organ tubuh yang berfungsi menetralkan racun-racun dan sisa metabolisme dalam tubuh. Apabila hati mengalami gangguan, maka organ lain juga mengalami gangguan.

Kandungan senyawa kafein dan asam klorogenat dalam kopi mmapu mencegah beberapa penyakit pada hati seperti sirosis dan kanker hati. Selain kafein, asam klorogenat juga dikenal sebagai antioksidan yang mampu mencegah pertumbuhan sel-sel kanker khususnya pada organ hati. Sebuah penelitian terkain kanker hati melaporkan bahwa konsumsi kopi dapat menurunkan risiko kanker hati hingga 40%.

Sirosis adalah sebuah gangguan pada organ hati akibat terbentuknya jaringan parut yang disebabkan oleh infeksi virus hepatitis dan kecanduan alkohol. Sebuah penelitian melaporkan bahwa kopi mampu menurunkan risiko sirosi hati pada pecandu alkohol hingga 22%.


5. Menjaga Tubuh Tetap Langsing
Kopi jujur, kopi asli tanpa campuran essen memiliki kandungan kalori dalam jumlah yang rendah. Hal ini dapat mempercepat metabolisme dan membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh. Jadi, bagi Anda yang ingin melangsingkan tubuh Anda, disarankan untuk meminum kopi tanpa gula atau dengan gula sedikit. Namun tetap saja, hal ini menjadi pantangan bagi orang-orang yang memiliki riwayat penyakit tekanan darah tinggi dan asam lambung.

Kopi mengandung lemak yang sangat sedikit yaitu sebanyak 0,005 gram. Hal ini menjadi berita baik bagi Anda yang takut akan kenaikan berat badan akibat mengonsumsi kopi. Melainkan, senyawa kafein dalam kopi membantu meningkatkan metabolisme tubuh sehingga proses penyerapan energi semakin cepat.

Kafein memikiki kemampuan menaikkan RMR sebesar 3-11%. RMR (resting metabolic rate) adalah sebuah persenan yang menentukan seberapa banyak kalori yang dapat dibakar tubuh saat sedang beristirahat. Semakin tinggi tingkat RMR dalam kandungan makanan maka semakin mudah bagi tubuh untuk membakar kalori sehingga dapat menurunkan berat badan.

Senyawa kafein dalam kopi asli juga dapat merangsang sistem saraf dengan mengirimkan sinyal secara langsung ke jaringan lemak yang ada dalam tubuh. Kafein meningkatkan hormone epinephrine yang berfungsi merangsang aktivitas pembakaran lemak dan penyerapannya serta transoport lemak dalam sel-sel darah.

Menurut dokter spesialis penyakit dalam, Annisa Maloveny, kopi asli bisa membantu menurunkan berat badan karena dapat mengurangi nafsu makan. Tapi perlu diingat, konsumsi kopi sebagiknya jangan pada saat perut kosong. Kandungan asam yang terdapat dalam kopi mampu meningkatkan asam pada lambung yang berisiko terjadinya penyakit maag.

manfaat kopi jujur, kopi asli tanpa campuran essen


6. Meningkatkan Energi dan Kinerja Fisik
Mengonsumsi kopi jujur di saat tubuh Anda merasa lelah, dapat meningkatkan energi tubuh karena kopi asli mengandung stimulan. Stimulan ini merupakan zat psikoaktif yang paling sering dikonsumsi oleh orang di dunia. Selain itu, kafein juga dapat merangsang sistem saraf yang meningkatkan aktivitas fisik.

Kopi asli mengandung mineral penting seperti mangan, magnesium dan kalium. Mineral ini sangat berperan dalam meningkatkan ketahanan tubuh. Selain itu, kopi asli juga mengandung beberapa vitamin yang merupakan sumber antioksidan dalam tubuh.

Senyawa antioksidan ini bekerja dengan cara mencegah masuknya radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel, menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh dan membunuh mikroba penyebab penyakit.

Selain itu, kopi asli juga mengandung senyawa dicaffeoylquinic acid sebagai antioksidan. Senyawa ini mampu menangkal radikal bebas dalam tubuh sehingga terhindar dari stress oksidatif.
Stress oksidatif merupakan kondisi dalam tubuh dimana jumlah radikal bebas lebih banyak dari jumlah antioksidan. Banyaknya radikal bebas dapat menyebabkan terjadinya kerusakan sel, kerusakan kode DNA dan berbagai penyakit kanker.

Dengan mengonsumsi kopi jujur secara rutin, antioksidan dalam tubuh Anda akan semakin meningkat sehingga terhindar dari kerusakan dan gangguan fungsi tubuh.


7. Mencegah Gejala Penuaan Dini
Sudah banyak yang mengetahui bahwa kopi dapat dijadikan masker kecantikan. Namun selain menjadikannya masker, dengan meminum kopi asli secara rutin Anda juga dapat merasakan manfaatnya bagi kesehatan kulit.

Kopi mengandung vitamin B3 atau niacin. Vitamin ini merupakan senyawa yang dapat larut dala air. Vitamin B3 berfungsi mencegah gejala penuaan dini seperti kulit kusam, keriput atau garis halus dan bintik hitam pada wajah. Kekurangan vitamin B3 dalam tubuh dapat menyebabkan kulit rentan iritasi.

Senyawa kafein dalam kopi jujur merupakan antioksidan yang mencegah radikal bebas masuk dalam tubuh. Radikal bebas merupakan salah satu faktor mempercepat gejala penuaan dini.


8. Menjaga Kesehatan Mata
Mata yang sehat adalah idaman semua orang. Ternyata, kandungan yang terdapat pada kopi asli mampu memberikan efek yang baik bagi kesehatan mata. Salah satunya adalah vitamin B2. Vitamin ini berfungsi untuk melindungi glutathione yang merupakan senyawa antioksidan penting dalam mata. Vitamin B2 berfungsi mencegah terjadinya penyakit katarak. Apabila sudah mengalami katarak, kandungan vitamin B2 yang cukup dalam tubuh mampu membantu sistem penyembuhan luka akibat katarak. Bisa coba kopi jujur dan rasakan kenikmatan dan dan manfaat dari kopinya.


9. Mencegah Osteoporosis 
Kopi asli mengandung mineral kalium sebanyak 111 gram dalam 100 gram berat kering kopi. Kalium berperan dalam penyerapan kalsium yang berguna bagi kesehatan tulang. Kekurangan kaliumu juga dapat membuat tubuh kekurangan kalsium karena kalsium terbawa dalam urine. Tubuh yang kekurangan kalsium akan mengalami pengeroposan tulang atau osteoporosis. Hal ini karena fungsi kalsium dalam pertumbuhan dan pemadatan tulang serta gigi.

Mineral magnesium dalam kopi juga bermanfaat bagi kesehatan tulang. Magnesium sangat berperan dalam pembentukan tulang. Mineral ini membantu asimilasi kalsium ke dalam tulang sehingga meningkatkan kepadatan pada tulang.


10. Mencegah Penyakit Jantung
Kandungan asam klorogenat dalam kopi asli sebagai antioksidan berperan mencegah terjadinya peradangan pada jantung. Selain itu, antioksidan ini juga mencegah pertumbuhan sel kanker penyebab kanker jantung.

Vitamin B3 dalam kopi berfungsi untuk mengatur kadar kolestrol dalam darah. Kadar kolestrol yang tinggi dapat menjadi timbunan plak yang menyumbat aliran darah. Kondisi ini dapat memicu terjadinya penyakit jantung koroner.

Kandungan vitamin B2 dalam kopi asli mampu mencegah penyumbatan pembuluh darah. Vitamin ini bekerja dengan cara menurunkan homosistein yang terlalu tinggi. Homosistein adalah asam amino yang terkandung dalam darah manusia.

Kopi asli seperti kopi jujur juga memiliki mineral seperti kalium.  Kalium berfungsi mengontrol tekanan darah dalam tubuh. Kurangnya kadar kalium dalam darah dapat menyebabkan terjadinya hypokalemia yang disertai dengan gejala kram otot, sakit perut (sembelit), mual dan muntah serta sering buang air kecil.

Mineral magnesium mampu mengurangi penumpukan plak atau lemak di pembuluh darah. Penumpukan plak ini dapat menyebabkan penyakit aterosklerosis. Dalam sebuah penelitian melaporkan bahwa tubuh yang kekurangan magnesium dapat berisiko mengalami penyakit jantung koroner.


11. Meredakan Nyeri pada Otot
Kafein yang terkandung dalam kopi sudah sering sekali digunakan oleh olahragawan. Meminum kopi jujur sebelum berolahraga mampu membuat otot menjadi lebih kuat. Pasalnya, kafein yang terkandung dalam kopi mampu meredakan gejala sakit otot atau kram yang biasa terjadi pada saat selesai berolahraga. Mengonsumsi kopi asli yang mengandung kafein yang tinggi akan meningkatkan performa dalam melakukan olahraga.

Kandungan vitamin B2 dalam kopi asli berfungsi mengubah makanan menjadi adenosine triphosphate (ATP) yang merupakan sumber energi bagi otot tubuh. Vitamin ini berfungsi memecah protein menjadi asam amino, lemak menjadi asam lemak dan karbohidrat dalam bentuk glukosa yang digunakan sebagai cadangan energi dalam tubuh. Kekurangan vitamin B2 menyebabkan perlambatan pada proses penyerapan energi sehingga tubuh akan kekurangan energi dan menjadi lemas.


12. Mencegah Anemia
Anemia merupakan suatu kondisi kekurangan hemoglobin pada darah atau kekurangan sel darah merah dalam tubuh. Hemoglobin dalam darah berfungsi untuk membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh.

Kopi asli mengandung vitamin B2 atau riboflavin. Vitamin ini berperan penting dalam produksi sel darah merah dan dapat meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah. Vitamin ini juga mampu menurunkan kadar asam amino (homosistein) yang terlalu tinggi di dalam darah. Vitamin B2 berperan membantu proses pengangkutan oksigen dalam sel darah ke setiap sel-sel tubuh.


Jenis-jenis Kopi


Setelah Anda mengetahui sejarah dan manfaat kopi, kini saatnya Anda mengenal jenis-jenis kopi. Barangkali Anda ingin membuka kedai atau waralaba yang menjual berbagai jenis kopi seperti kedai Kopi Jujur, kopi asli tanpa campuran essen misalnya. Simak beberapa jenis kopi berikut:

1. Kopi Robusta

Kopi robusta (Coffea canephora) merupakan salah satu jenis kopi yang memiliki cita rasa yang kuat. Sesuai dengan asal nama robusta yaitu “Robust” dalam bahasa Inggris memiliki arti kuat.

Secara global, produksi kopi robusta menempati posisi kedua setelah kopi arabika. Kopi robusta pertama kalinya ditemukan pada tahun 1898. Kopi robusta muncul berawal dari wabah penyakit karat daun yang terjadi pada perkebunan kopi di Indonesia. Para ahli botani Belanda (1907) melakukan penelitian terhadap kopi sehingga menghasilkan varietas baru yaitu kopi robusta. Kopi robusta sangat tahan terhadap penyakit karat daun.

Di Indonesia terdapat beberapa jenis kopi robusta, antara lain kopi Lampung, Jawa Barat, Bali, Flores dan Bengkulu. Selain itu, kopi luwak juga ada yang berasal dari tanaman kopi robusta.

Pohon kopi robusta memiliki perakaran yang rendah sehingga rentan dengan kekeringan. Pohon kopi robusta lebih baik ditanam pada dataran rendah yang idealnya 400-800 mdpl. Suhu optimum yang baik bagi tanaman kopi robusta adalah 24-30 0C. Curah hujan optimum pada tanaman kopi robusta adalah 2.000-3.000 mm per tahun.

kopi jujur jenis robusta

Daun kopi robusta berbentuk oval dan ujungnya meruncing. Daun tumbuh berselang-seling pada batang dan ranting. Tanaman kopi robusta mulai berbunga pada umur 2 tahun setelah tanam. Lama yang diperlukan buah kopi robusta matang sejak tanaman berbunga adalah 10-11 bulan.

Buah kopi robusta memiliki ukuran yang lebih kecil dan cenderung membulat. Kulit buah berwarna hijau ketika muda dan berwarna merah ketika sudah matang. Salah satu kelebihan dari kopi robusta adalah buah  kopinya melekat kuat pada tangkainya sehingga tidak mudah rontok seperti kopi jenis arabika.

Biji kopi robusta memiliki tekstur cenderung kasar. Biji kopi robusta biasanya digunakan sebagai bahan baku kopi instant dan kopi racikan seperti cappucino, caffe latte dan macchiatto. Produksi biji kopi robusta dalam satu hektar mencapai 2000-4000 kg. Hal inilah yang menyebabkan kopi robusta sangat banyak diperdagangkan di dunia.

Jika berbicara soal harga, kopi jujur robusta memiliki harga yaag lebih murah daripada jenis kopi arabika. Hal ini disebabkan karena produksi kopi arabika lebih banyak dari robusta. Selain itu, biaya yang dibutuhkan dalam budidaya tanaman kopi robusta lebih sedikit dari kopi arabika.

Ciri khas dari kopi robusta adalah memiliki cita rasa yang kuat seperti aroma cokelat dan sedikit lebih pahit dibanding kopi arabika. Kandungan kafein dalam kopi robusta cenderung tinggi yaitu berkisar 1,7 hingga 4%.


2. Kopi Arabika

Kopi arabika (Coffea arabica) merupakan jenis kopi yang sangat popular dan paling sering dikonsumsi. Kopi arabika pertama kali dibudidayakan di Brasil dan Etiopia. Perkebunan kopi arabika banyak dibudidayakan pada pegunungan Toraja, Sumatera Utara, Aceh dan beberapa daerah di Pulau Jawa. Terdapat beberapa varietas kopi arabika yang dibudidayakan di Indonesia yaitu Abesinia, Pasumah, Marago, Typica dan Congensis.

Tanaman kopi arabika sangat ideal dibudidayakan pada ketinggian daerah 700-1.400 mdpl. Suhu optimum tanaman ini adalah 15-25 0C. Tanaman kopi arabika memerlukan curah hujan sebesar 1.500 hingga 2.500 mm per tahun.

Tanaman kopi arabika memiliki perakaran yang dangkal. Tinggi pohon ini dapat mencapai setitar 2-3 meter, bahkan ada yang sampai 5 meter apabila tidak dilakukan pemangkasan. Tanaman kopi robusta berbunga setelah berumur lebih dari 2 tahun. Buah kopi arabisa dapat dipanen pada waktu 6-9 bulan setelah tanaman berbunga dan melakukan penyerbukan.

kopi jujur jenis arabika

Salah satu kelemahan dari tanaman kopi arabika adalah buah tidak kuat melekat pada tangkainya sehingga mudah rontok. Oleh karena itu, perlu perawatan ekstra sebelum buah kopi ini rontok.

Biji kopi arabika berukuran sedikit lebih besar, memanjang dan pipih serta teksrur biji yang halus. Aroma kopi arabika sangat kuat dan memiliki rasa asam. Kandungan kafein dalam kopi arabika lebih rendah dari robusta yaitu 0,8-1,5%.

Kopi arabika memiliki rasa yang bervariasi, mulai dari rasa buah-buahan, kacang-kacangan, hingga biji-bijian. Rasa kopinya pun cenderung tidak terlalu pahit dibanding kopi robusta. Bagi Anda penggemar kopi pemula, kopi asli arabika ini lebih direkomendasikan untuk Anda.

Harga dari kopi arabika juga lebih mahal dari kopi robusta. Hal ini dikarenakan perminataan pasar yang cukup tinggi dan biaya perawatannya tinggi karena rentan terkena penyakit karat daun. Kopi arabika biasaya dipasarkan dalam 2 macam, yaitu green bean dan roasted (yang terdiri dari semi wash dan full wash).


kopi asli tanpa campuran essen

3. Kopi Gayo

Kopi gayo merupakan jenis kopi dari Aceh, Sumatera. Jenis kopi asli dataran Aceh ini memiliki karakter aroma dan bodi yang kuat, sedikit rasa rempah, dan tingkat keasamannya rendah. Meskipun aromanya kuat, kopi ini tidak pahit yang membuatnya sangat digemari oleh pecinta kopi jujur.

Kopi gayo berasal dari dataran tinggi Gayo, Aceh Tengah, Indonesia. Jenis kopi ini disebut sebagai kopi terbaik di dunia. Tak heran pada tahun 2010 Kopi gayo mendapatkan Fair Trade Certificate oleh Organisasi International Fair Trade

Perkebunan kopi di derah Gayo menjadi komoditas unggulan di daerah tersebut. Tanaman kopi gayo dibudidayakan pada daerah dengan ketinggian 1.000-1.200 mdpl. Jenis tanah di daerah dataran tinggi Gayo adalah vulkanik, dimana tanah ini kaya hara dan subur.

Ciri khas yang dimiliki oleh kopi gayo adalah memiliki aroma yang sangat kuat dan sedikit terasa spicy (rempah). Tingkat keasamannya juga sangat rendah. Rasa dari kopi yang manis disebabkan karena menggunakan metode kering dalam memproses biji kopinya.

Namun, perlu diketahui bahwa kelemahan dari kopi gayo adalah memiliki rasa yang kurang konsisten. Hal ini dikarenakan faktor dari ketinggian tempat budidaya tanaman kopi gayo. Kopi gayo akan menghasilkan kualitas fisik dan cita rasa yang kurang apabila ditanam dibawah ketinggian 1200 mdpl. Keasaman kopi dan kekentalannya juga berkurang. Kualitas kopi gayo dipengaruhi oleh faktor lingkungan, faktor genetik dan faktor pengolahan.

Berdasarkan kualitasnya, kopi gayo dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu kopi gayo specialty dan kopi gayo reguler. Kopi gayo specialty seperti halnya kopi yang telah bersertifikat, dimana kopi ini dtangani secara khusus mulai dari daerahnya, varietas, dan pengolahannya. Sedangkan kopi gayo reguler merupakan kopi yang tidak memiliki perlakuan khusus dalam pengolahannya.

4. Kopi Liberika

Kopi ini tidak begitu terkenal di Indonesia sehingga cukup sulit untuk mendapatkan pangsa pasar lokal. Aroma kopi liberika cukup menyengat seperti buah nangka. Kopi liberika merupakan tanaman kopi endemik dari Liberia, Afrika. Ternyata ada salah satu daerah di Indonesia yang dikenal sebagai penghasil kopi liberika yaitu Jambi. Hebatnya lagi, Jambi telah sukses membuat varian baru dari kopi liberika yang diberi nama kopi liberika tungkal komposit (libtukom).

Kopi liberika (Coffe liberica) memang tidak sepopuler kopi robusta dan kopi arabika. Hal ini karena aroma yang dihasilkan cukup menyengat layaknya buah nagka. Kopi liberika pertama kali dibudidayakan di daerah Liberika, Afrika (sesuai dengan namanya). Tanaman ini mulai dibawa masuk ke Indonesia pada abad ke-19 saat wabah penyakit karat daun yang menyerang tanaman kopi arabika. Banyak daerah di Indonesia yang membudayakan jenis kopi liberika diantaranya Bengkulu dan jambi.

Tanaman kopi Liberia sangat cocok ditanam pada daerah tropis dengan ketinggian 400-600 mdpl. Suhu optimum yang ideal bagi tanaman kopi Liberia adalah 27-30 0C dan curah hujan sebanyak 1.500-2.500 mm per tahun.

Kopi Liberia dapat tumbuh hingga mencapai tinggi 9 meter. Tanaman ini sangat membutuhkan sinar matahari penuh. Kelebihan dari tanaman kopi Liberia adalah mampu hidup pada kondisi cuaca yang ekstrem, hama dan penyakit.

Buah kopi Liberia  berbentuk bulat lonjong dengan ukuran 18-30 mm. Ukuran ini cukup besar dibanding dengan ukuran jenis kopi yang lain. Dalam satu buah kopi Liberia mengandung 2 biji kopi yang ukurannya 7-15 mm.

Rasa yang sangat pahit dan aroma yang menyengat membuat kopi ini kurang diminati oleh masyarakat. Untuk menghilangkan rasa dan aroma tersebut, biasanya kopi Liberia dicampur dengan susu. Selain itu, kopi Liberia juga sering digunakan sebagai campuran dalam kopi robusta.

Kesimpulannya, kalau di Indonesia sendiri, jenis-jenis kopi yang paling terkenal adalah kopi robusta dan arabika. Namun ada jenis kopi lainnya yang juga tak kalah eksis di daerahnya masing-masing, yakni Kopi Jawa, Kopi Sumatera, Kopi Aceh Gayo, Kopi Toraja Sulawesi, Kopi Flores Bajawa, Kopi Kintamani Bali, Kopi Papua Wamena, dan Kopi Luwak. Klo kamu suka kopi pastikan juga mencoba kopi jujur, kopi asli tanpa campuran essen.


Tips Aman Mengonsumsi Kopi

Banyak yang takut mengalami efek samping saat mengonsumsi kopi asli. Padahal, kopi asli mengandung banyak sekali manfaat. Berikut ini adalah cara mengonsumsi kopi asli agar terhindar dari efek samping.


Hindari Minum Kopi secara Berlebihan 
Sebanyak apapun kandungan dan manfaat dalam makanan apabila dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan masalah. Jika mengonsumsi kopi terlalu banyak, maka tubuh akan mengandung banyak kafein. Kelebihan kafein dalam tubuh dapat berefek pada kesehatan seperti sakit pada lambung dan pola tidur yang bermasalah.

Takaran wajar minum kopi perhari adalah 3-4 cangkir. Dalam satu cangkir kopi asli diperkirakan mengandung sekitar 100 mg kafein. Menurut dokter spesialis jantung, Budhi Setianto menyatakan bahwa mengonsumsi kafein kurang dari 500 mg per hari sangatlah aman. Namun, bagi beberapa orang yang peka terhadap kafein, perlu waspada jika mengonsumsi kopi lebih dari satu cangkir tiap hari.


Hindari Minum Kopi pada Sore Hari
Banyak orang mengonsumsi kopi saat sedang ngantuk. Hal ini karena salah satu manfaat kopi asli adalah meningkatkan kembali fokus otak. Namun perlu diperhatikan waktu ketika hendak meminum kopi. Sebaiknya minumlah kopi pada pagi hari hingga siang hari.

Sebuah penelitian melaporkan bahwa konsumsi kopi lebih baik diminum satu jam setelah bangun. Pada saat bangun tidur, tubuh memproduksi hormon stress kortisol dalam jumlah yang tinggi. Hormon kortisol merupakan hormon dalam tubuh yang berfungsi untuk mengendalikan stress. Faktor yang mempengaruhi aktivitas hormon kortisol adalah  kondisi infeksi, cidera, aktivitas berat serta stress fisik dan emosional.

Konsumsi kopi pada sore hari akan berefek  pada gangguan tidur. Senyawa kafein dalam kopi asli dapat menyebabkan Anda kesulitan tidur jika dikonsumsi diatas jam 18.00.

Saring dengan Kertas Sebelum Diminum Biasanya, kopi yang disajikan oleh barista telah mengalami proses penyaringan terlebih dahulu. Manfaat penyaringan ini ternyata bukan hanya untuk mempertahankan rasa asli dari kopi asli melainkan menyaring senyawa berbahaya dalam kopi, yaitu cafestol.

Cafestol adalah senyawa yang mampu meningkatkan kadar kolestrol dengan cepat di dalam darah. Dengan penyaringan, cafestol yang terdapat dalam kopi menjadi sedikit. Cafestol sebenarnya berperan sebagai anti diabetes. Namun, jika kandungan ini terlalu tinggi akan berakibat pada tingginya kolestrol dan risiko lebih besar adalah penyumbatan pembuluh darah hingga serangan jantung.


Berhati-hatilah jika Anda Penderita Asam Lambung
Bagi Anda yang penderita maag atau penyakit asam lambung haruslah berhati-hati saat mengonsumsi kopi asli. Kopi asli memiliki efek pencahar dan merangsang pelepasan asam lambung. Jika dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan sakit perut. Risiko lebih besar dapat menyebabkan keluhan nyeri pada ulu hati.

Kopi asli juga mengandung asam klorogenat yang membuat mulut terasa masam setelah mengonsumsi kopi asli. Asam ini dapat menjadi masalah bagi dinding lambung yang telah mengalami luka akibat maag yang sudah parah.

Jika Anda penderita maag, sebaiknya hindari mengonsumsi kopi asli saat perut masih kosong seperti pada saat pagi hari sebelum sarapan. Asam kopi akan merangsang asam lambung. Jika tidak ada makanan yang dicerna, maka asam lambung dapat merusak dinding lapisan lambung (hal ini terjadi jika dilakukan terus-menerus).


Berhati-hatilah jika Anda Penderita Hipertensi 
Jika Anda bukan penderita hipertensi, mengonsumsi kopi asli sangat bermanfaat bagi kesehatan. Kopi Asli mengandung senyawa kafein yang berfungsi merangsang kelenjar adrenalin. Salah satu fungsi kelenjar adrenalin adalah meningkatkan tekanan darah. Penderita hipertensi cukup waspada dalam mengonsumsi kopi asli. Sebaiknya jangan mengonsumsi kopi asli lebih dari satu cangkir dalam satu hari. Kopi asli memang mampu meningkatkan tekanan darah pada manusia, tetapi bagi yang tidak mengalami hipertensi tidak akan berisiko hipertensi.


Kopi Jujur, Kopi Asli Tanpa Campuran Essen

Perkembangan teknlogi berpengaruh juga pada sektor kuliner salah satunya pada kopi yaitu Essen. Essen merupakan untuk menambahkan pada makanan/minuman untuk memberikan aroma dan rasa kopi yang kuat.

Fendy menjelaskan bahwa proses untuk membuat essen kopi ini diambil dengan cara mengumpulkan uap yang dimana kopi yang sudah di roasting dan digiling kemudian akan di masukkan kedalam mesin khusus seduh kopi, lalu uap yang dihasilkan akan ditampung didalam alat tersebut karena alat ini tertutup sehingga uap tidak dibiarkan keluar dan melebur.

Bagi para pecinta kopi mungkin tahu mana yang pake essen dan kopi asli. Namun essen ini merupakan bahan alami dan tidak merusak warna dari makanan/minuman. Misalkan mau buat makanan rasa kopi agar memiliki aroma kopi yang kuat dan warna makanan tidak berubah menjadi hitam maka bisa menggunakan Essen kopi.

Tidak selamanya kopi harus menggunakan semerbak aromanya untuk meningkatkan gairah penikmatnya.



Apa itu Kopi Jujur ?

KOPI JUJUR merupakan gerakan untuk mengajak seluruh komunitas kopi, para barista indonesia, influencer dan lainnya serta masyarakat umum yang ingin berpartisipasi serta mendukung aksi 1 juta kopi gratis sebagai solidaritas untuk melawan wabah covid-19.

Aksi ini akan berlangsung selama 2 bulan terhitung dari 30 Maret 2020 - 30 mei 2020. Diawali dengan dukungan 10 cup kopi jujur dari Bencolen Coffe berupa kopi tubruk 100% fine robusta asli, kopi filter, kopi jahe, Tenaga barista dan peralatan kopi lengkap untuk 3 rumah sakit rujukan di jakarta.

Untuk mendukung 1 juta cup kopi jujur maka ada beberapa tambahan yang dibutuhkan berupa barista pejuang, perlatan kopi dan pendukung lainnya seperi kopi sachet, hot paper cup, strier, tenaga dan kendaraaan untuk kebutuhan logistik.

Mari kita dukung gerakan kopi jujur ini dengan cara like, share dan bantu donasi sebagai bentuk solidaritas.

kopi jujur 1 juta cup kopi gratis


Nah, sekarang di manakah tempat tinggal Anda? Selamat menjelajahi kopi nusantara dari Sabang sampai Merauke, salah satunya kopi nikmat yang diminati para kaum muda hingga tua yakni Kopi Jujur. Tapi sekarang mari dukung pemerintah dengan #dirumahaja untuk memutus rantai penyebaran covid-19 di Indonesia. Semoga kamu sehat selalu biar bisa nikmatin kopi jujur.

14 Komentar

  1. Wow, baru tahu kalo ternyata kopi Indonesia itu dibawa dari India pada tahun 1696, berarti sudah 300 tahun lebih ya.

    Berarti kopi yang pertama ditanam di Indonesia itu kopi Arabika, setelah itu kopi literika, dan terakhir kopi Robusta.

    Saya bukan pecinta kopi sih, tapi sehari kadang minum secangkir saja kalo pagi hari, biar tidak ngantuk kang Robby.😊

    BalasHapus
  2. Iya gak bagus juga kebanyakan minum kopi, tapi klo hunting dan icip-icip jenis-jenis kopi wajib dicoba kang.

    BalasHapus
  3. Ooh, bikin essens kopi itu ternyata kayak bikin parfum yah.. dulu saya suka kopi hitam, sayang sejak kena asam lambung, minum secangkir pun, kerasa was was 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. yah begitulah cara bikinnya, waduh kayaknya kebanyakan sampe asam lambung gtu. Mending recovery dulu deh minum kopinya. Sehat selalu biar bisa nikmatin semua kopi asli indonesia hehehe

      Hapus
  4. campaign nya keren mas... terkait corona. semoga lancar nih kopijujur.

    BalasHapus
  5. BTW saya baru tau lho Indonesia ternyata jadi negara penghasil kopi terbesar yang keempat. Keren bangeeet. Bangga banget deh seketika jadi warga Indonesia. Sayangnya sih saya ngga begitu suka dengan kopi. Hehe. Tapi baca artikel ini alhamdulillah dapat edukasi seputar kopi. Makasih Mas buat sharingnya. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyah walaupun gak terlalu suka kopi, setidaknya tertarik sama pengetahuan tentang kopinya

      Hapus
  6. Ada juga kopi khas Temanggung yang unik banget cita rasanya karena perpaduan rasa khas tembakau.
    Sayangnya kopi unik satu itu tak begitu populer di Indonesia, hanya di ekspor di pasar Eropa.

    Aku juga pecinta kopi.
    Tapi karena aku punya gejala maag, tidak berani kebanyakan mengkonsunsi kopi.

    Terimakasih buat artikel yang menarik ini, mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah ada tamabahan list kopi nih buat dicoba. makasih mas infonya

      Hapus
  7. Kopi jika tahu aturan minumnya mungkin serasa sangat bermanfaat bagi tubuh kita.😊😊

    Dan kehadiran kopi di negara kita ini cukup lama juga yaa sejak tahun 1696. Dan negara kita masih dalam keadaan perang atau dijajah belanda.

    Menariknya lagi memang negara kita termasuk penyuplai kopi nomor 4 didunia. Yaa mungkin karena setiap provinsi atau daerah punya ciri khas kopi tersendiri.😊😊


    Dan untuk kopi jujurnya semoga bisa jadi kopi kebanggaan bangsa indonesia dan Dunia.😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah sih setiap pergi keluar kota pasti ada kopi khas nya tersendiri. Makasih mas atas doanya.

      Hapus
  8. luar biasa Indonesia bisa menduduki peringkat ke 4 di dunia. hampir tiap daerah mempunyai ciri khas rasa kopinya masing-masing
    pernah nyobain tapi masih belum semua daerah, biasanya kalo pas pergi ke daerah tersebut langsung dibeli, ada kenang-kenangan si kopi ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cobain mba klo ke Garut juga, salah satunya ada kopi bean.

      Hapus