Inilah Kopi Asli Indonesia yang Mendunia

Indonesia termasuk peringkat ke-4 sebagai pemasok kopi terbesar di dunia. Sejarah kopi dimulai dari belanda membawa kopi arabika, kemudian diganti dengan liberikan, dan terakhir adalah robusta. Hingga akhirnya jenis kopi yang ada di Indonesia di nasionalisasikan sehingga memiliki hak milik.

Beberapa jenis kopi yang memang paling kita kenal saat ini yaitu kopi robusta dan arabika. Ada beberapa kopi dari daerah-daerah di Indonesia yang mendunia. Sebenarnya bahan utamanya memang antara ketiga jenis kopi yang pernah ditanam di Indonesia yaitu robusta, arabika, dan liberika.

Potensi kopi ini sekarang sangat besar, banyak anak mudah yang mulai menikmati kopi sekedar untuk relaksasi, diskusi, atau sekedar nongkrong. Tapi pernah gak kepikiran buat traveling cicipin kopi-kopi terbaik dari daerah-daerah di Indonesia?

kopi jujur, kopi asli tanpa campuran essen


Kopi Aceh Gayo
kopi gayo memiliki karakter kopi dengan aroma yang kuat serta tingkat keasamannya yang rendah dan ada sedikit rasa rempah. Walaupun memiliki aroma yang kuat, kopi gayo ini tidak pahit sehingga banyak orang yang menyukainya.

Kopi gayo akan memiliki kualitas fisik dan cita rasa yang tidak maksimal/kurang apabila ditanam dibawah ketinggian 1200 mdpl. Banyak faktor yang memengaruhinya diantaranya faktor lingkungan, faktor genetik, dan pengolahannya.

Harga kopi gayo ini berada pada kisaran 115.000 perkilo


Kopi Toraja
Kopi toraja ini memiliki karakteristik yang khas mulai dari bentuk, jenis kopi yang memiliki warna cokelat tua dengan bentuk bijinya yang tidak beraturan sehingga akan mudah untuk mengenali jenis kopi toraja apabila disandingkan dengan jenis kopi lainnya. Rasa dari kopi toraja itu tidak terlalu pahit dan aromanya yang khas dan harus disebabkan karena tanaman ini ditanam berdampingan dengan tanaman rempah sehingga tak heran menghasilkan aroma yang harum.

untuk harga dari kopi toraja ini berada dikisaran 150.000-200.000 perkilo.




Kopi Lintong Sumatera
kopi lintong sumatera cita rasa yang original, khas, aroamtic dan fruity.Tingkat keasaman yang medium ditambah dengan bodynya yang kental. Memiliki tekstur halus dan bau yang tajam. Biji kopi sumatera ini mengeluarkan rasa tanah dan rempah. Namun karena keunikan yang dimilikinya banyak orang yang menggemari dan menjadi salah satu kopi terpopuler di indonesia. Kopi ini berasal dari Lintong daerah di danau Toba,Sumatera. Selain kopi lintong, ada satu kopi yang terkenal dari sumatera yaitu kopi mandheling.

Harga kopi lintong berkisar 200.000 perkilo


Kopi Bajawa Flores
Kopi flores bajawa ini memiliki aroma dan citarasa yang nikmat, khas dan unik karena dalam pembudidayaan dan pembuatannya menggunakan cara yang organik. Kopi ini juga memiliki rasa yang pahit namun tidak seperti pahitnya kopi lain dan rasanya pun lebih ringan sehingga bagi para pecinta kopi baru masih bisa menikmati kopi ini dan mengenai rasa dari kopi bajawa ini cenderung asam. Kopi bajawa ini berasal dari Flores berada di dataran tinggi kabupaten Ngada.

Harga dari kopi bajawa ini berkisar antara 70.000-160.000 perkilo


Kopi Bali Kintamani
Kopi bali kintamani memiliki karakter rasa yang unik yaitu rasa asam segar seperti buah jeruk karena biasanya perkebunan kopi ini di satu halaman dengan sayur dan jeruk. Body nya yang medium dan aromanya yang sangat kuat serta manis dan tidak ada rasa rempah seperti kebanyakan kopi lainnya di Indonesia.

Harga jual dari kopi bali kintamani berkisar 100.000 perkilo


Kopi Papua

Kopi Jawa Barat

Kopi Luwak


Itulah Kopi Asli Indonesia yang populer dan wajib kamu cobain jika berkesempatan untuk mengunjungi daerah-daerah penghasil kopi terbaik. Share juga keteman dan media sosial kamu jikalau mereka sedang berada disana bisa bawain oleh-oleh buat kamu hehehe. Jangan lupa juga buat nyobain kopi jujur.

0 Komentar