Tetap Produktif, Inilah Cara Mengatasi Malas Menulis

Cara Mengatasi Malas Menulis - Menulis adalah hobi yang menyenangkan, menulis memberikan pengetahuan dan wawasan baru bagi yang memanfaatkannya. Tidak heran seorang penulis akan lebih mudah dalam mengerjakan makalah, skripsi, dan karya tulis ilmiah atau lainnya karena sudah terbiasa untuk melakukan riset sumber referensi dan mengemas kembali dengan kata-kata yang kita tangkap.

Namun tidak selamanya penulis selalu memiliki ide untuk mengisi tulisannya entah itu untuk novel, blog, atau lainnya. Beberapa cara telah dilakukan tapi masih mengalami masalah dalam hal menulis faktor utamanya adalah rasa malas menulis.

Agar tidak malas menulis, seorang penulis harus mampu untuk melawannya agar produktivitas kita tidak terganggu. Jika hanya sekedar niat dan bicara dalam hati saja bahwa jangan malas menulis, percuma jika tidak dibarengi dengan aksi.
mengatasi rasa malas


Penyebab Orang Malas Menulis


1. Tidak Punya Ide
Mungkin karena sudah terlalu banyak tulisan-tulisan yang dibuat sehingga kita merasa sulit harus menulis apalagi. Sebenarnya ide bisa bisa muncul diwaktu yang tak terduga, cobalah untuk menerapkan prinsip "mendapatkan ide baru menulis" daripada "menulis lalu mencari ide". Jadi intinya ketika mendapatkan ide untuk menulis maka menulislah, jangan membiasakan diri siap tempur untuk menulis namun mencari idenya dadakan.

2. Tidak Bisa Fokus
Dimana pun kamu berada selalu ada gangguan yang memecah fokus kita untuk menulis mulai dari notifikasi ponsel sampai orang sekitar. Banyak penulis yang tergiring dengan gangguan tersebut sehingga lupa waktu dan lupa klo lagi menulis. Biasanya dari notif ponsel, buka ig, buka youtube terus deh sampe habis seharian.

3. Waktu yang sempit
Biasanya ada waktu luang beberapa jam, niatnya sih mau dipake nulis tapi karena kita menganggap dengan waktu yang ada gak bakalan sempet akhirnya menulisnya ditunda dan setelah pulang malah kelelahan akhirnya tidak jadi menulis. Dan terus kejadian itu berulang-ulang setiap harinya. Jikalau dicicil beberapa paragraf setidaknya ada kemajuan atas tulisan yang sudah direncanakan.

4. Mulai pegal-pegal
Terlalu lama didepan layar komputer atau laptop membuat punggung dan bagian tubuh lainnya bermasalah seperti halnya mulai merasakan pegal-pegal. Karena pegal harus diistirahatkan dong, tapi karena kebablasan akhirnya malah ketiduran. Ketika bangun tidur malah pusing karena posisi tidurnya yang salah. Akhirnya tulisannya harus dilanjutkan besok, masih mending sih klo dikerjain lagi tapi klo jadi males gmn tuh?


Solusi Mengatasi Malas Menulis


Cari Suasana Baru
Untuk mencari suasana baru kamu tidak perlu untuk datang ke kafe atau lainnya setiap hari hanya sekedar untuk menulis, tapi kamu bisa hanya dengan berpindah tempat di rumah misalnya biasanya kamu menulis di kamar/kasur, sekarang coba untuk menulis di ruang tamu, ruang keluarga, teras rumah dan lainnya. Intinya cari tempat dan suasana baru agar merangsang kamu untuk semangat menulis.

Cari Partner Menulis
Bukan berarti kamu mempekerjakan orang untuk apa yang akan kamu tulis, parner kerja ini hanya sebagai teman kamu ketika menulis. Pastikan juga memilih teman yang hobi menulis agar bisa saling diskusi, saling mengingatkan dan mendorong kamu untuk bisa produktif sehingga tidak malas menulis.

Banyak Membaca Sumber Bacaan
Dengan banyaknya pengetahuan dan wawasan yang kamu dapatkan, semakin mudah juga kamu untuk bisa menulis dengan ide-ide yang selalu muncul. Banyak membaca sumber referensi juga berguna untuk membandingkan kualitas tulisan kamu sebagai evaluasi kita dalam menulis.

Design of Mind
Mulai saat ini yang harus diperbaiki adalah pola pikir kamu dalam menulis, merancang pola pikir sangat penting untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Ketika kamu menganggap sesuatu hal itu tidak penting maka kamu tidak akan melakukannya dengan serius dan maksimal. Anggap saja menulis adalah investasi kita di masa depan dimana akan ada orang yang tertarik dengan tulisanmu yang akan merubah nasibmu menjadi lebih baik.

Itulah cara agar tidak malas menulis, jika bermanfaat jangan lupa share keteman dan media sosial kamu agar mereka juga bisa produktif untuk menulis. Berkomentar jika kamu memiliki saran atau mau menambahkan cara mengatasi malas menulis.

0 Komentar