Cara Menangkap Sinyal Wifi Jarak Jauh

Wireless Fidelity atau sering kita kenal wifi adalah media penghantar komunikasi jaringan computer secara wireless atau tanpa menggunakan kabel untuk menghubungkannya. Sehingga dalam jarak tertentu yang sudah tidak tercover jaringan wifi maka tidak akan bisa tersambung.

Namun kamu tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk menangkap sinyal wifi jarak jauh. Saya sering menemukan aplikasi android untuk menangkap sinyal wifi dengan jarak jauh di google, namun saat saya coba aplikasi tersebut hanya bisa mengetahui ketersediaan sinyal wifi yang ada di daerah saya.

Jadi saya katakana bahwa aplikasi android penangkap sinyal jarak jauh adalah kebohongan dan tidak bisa dibuktikan kebenarannya, karena saya sendiri sudah mencobanya dan tidak bisa ditangkap. Kecuali untuk mengetahui ada wifi atau tidak, maka aplikasi ini memang berfungsi.

cara menangkap sinyal wifi jarak jauh


Cara Menangkap Sinyal Wifi


Karena dengan aplikasi tidak bisa, akhirnya saya gabung ke forum-forum yang ada diinternet untuk menanyakan hal ini. Akhirnya saya mendapatkan cara untuk menangkap sinyal dengan jarak 50 meter dan target wifi berada di dalam rumah atau sering disebut indoor.

Disini saya akan sharing untuk cara menangkap sinyal wifi dengan jarak 50 meter, karena semakin jauh jarak antara kita dan wifi maka semakin sulit pula untuk menangkapnya kecuali kamu memiliki cukup uang.

Dalam cara nembak wifi id yang akan saya berikan, kita membutuhkan sebuah router yang akan kita arahkan ke target wifi agar sinyal dapat ditangkap.


Cara Menangkap Sinyal Wifi Jarak Jauh


Router menurut saya adalah perangkat keras yang berfungsi sebagai penerima dan penyebar sinyal wifi baik tanpa kabel maupun dengan kabel. Router yang saya gunakan disini adalah tenda n301.
Banyak sekali router yang memiliki harga bersahabat, missal Tplink wr840n, tenda o3 dan lainnya. Semuanya bisa kamu gunakan untuk menangkap sinyal wifi dengan catatan jarak kurang dari 50 meter.

Apabila jarak wifi yang ingin kamu tangkap lebih dari 50 meter, kamu bisa menggunakan router outdoor seperti tplink cpe 220, totolink cpe 220, cpe 210 dan masih banyak lainnya yang memiliki performa yang maksimal.

Semakin tinggi harga semakin bagus pula barang tersebut hahaha. Jika kamu sudah memiliki router yang saya maksud langsung saja kita ke cara tembaknya, yang saya gunakan adalah tenda n301.


1. Masukan power adapter ke routernya, dan colok langsung ke stop kontak untuk menyalakan router

2. Hubungkan perangkat ke wifi yang dihasilkan oleh router (ada sinyal wifi namun belum memiliki akses internet.

3. Silahkan teman-teman buka browser dan masukan ip 192.168.0.1 jika menggunakan tenda (setiap router berbeda)

4. Masuk ke menu wireless repeating dan gunakan mode wisp

5. Pilih wifi yang sudah kamu incar, apabila tidak muncul simpan router diluar rumah dan arahkan ke target

6. Masukan password wifi apabila menggunakan password baru klik ok pada pojok kanan bawah

7. Router akan mereboot untuk menghubungkan ke wifi target

8. Setelah nyala sambungkan kembali perangkat ke wifi tenda

9. Sampai disini wifi berhasil ditangkap


Baca Juga: Cara Membatasi dan Memblokir Pengguna yang Terhubung Pada Hotspot di Xiaomi

Memang mudah untuk menangkap sinyal namun terkadang ada beberapa hambatan seperti bangunan yang tinggi sehingga sinyal wifi terhalang. Perlu diingat jika kamu ingin menembak wifi usahakan antara kamu dan target tidak terhalang benda apapun.

Jika terhalang simpan router ditempat yang agak tinggi sehingga tidak ada bangunan yang menghalanginya, saya rasa cukup sampai disini pembahasan kita kali ini semoga bermanfaat.

0 Komentar