Cara Membuat Polling di Whatsapp

Polling adalah sebuah langkah untuk menentukan keputusan atas hal yang direncakan dengan berdasarkan pemilihan dari banyak orang. Voting tidak hanya dilakukan melalui tatap mata atau perhitungan manual seperti pemilihan kepala pemerintahan. Ternyata voting juga bisa dilakukan secara online melalui media sosial atau website.

Line sudah menyediakan fitur polling untuk grup, namun untuk whatsapp belum menyediakan fitur ini entah kenapa tapi kita bisa mengakali dengan membuat voting online. Jadi intinya kita membuat voting melalui website strawpoll kemudian membagikannya di whatsapp.

Tak perlu khawatir karena kita tidak perlu melakukan register/login untuk membuat polling online atau sekedar vote saja. Tinggal buka lalu buat dan lakukan voting, selesai.


Cara Membuat Voting Online di Whatsapp


1. Kunjungi website strawpoll di browser kamu.

2. Dihalaman awal sudah ditampilkan untuk membuat vote, kemudian masukkan judul polling dan option/pilihannya. Option akan bertambah otomatis jika ketiga option sudah terisi.

cara membuat voting online

Catatan:
IP Duplication Checking, berguna untuk cek jika ada IP yang sama untuk beberapa hasil vote. Tekan drop down untuk pilihan lain. Browser cookie duplication checking, berguna untuk cek apabila ada beberapa vote dari browser/perangkat yang sama. no duplication checking, jika kamu tidak ingin melakukan cek duplikat.
Improve Spam Prevetion, untuk meningkatkan pencegahan terhadap spam voting
Allow Multiple poll answer, jika kamu mengijinkan untuk orang yang vote bisa memilih lebih dari satu.

3. Selanjutnya tekan Create poll.

Baca Juga: Cara Membuat Voting Online di Google Form

4. Silahkan share vote di whatsapp. Bisa menyalin url dihalaman atau menekan tombol share lalu pilih url. Jika kamu mau membuat voting online di blog bisa tekan tombol share dan pilih embed, lalu masukkan ke widget atau postingan kamu.

cara membuat polling online

5. Tekan Result untuk melihat hasil dari voting online. Polling hanya berlaku 1 minggu. Kunjungi link polling jika ingin melihat hasilnya beberapa hari kemudian.

membuat polling di whatsapp


Itulah cara membuat voting online, jika bermanfaat jangan lupa share keteman dan media sosial kamu agar mereka juga tahu cara membuat polling online. Berkomentar juga jika kamu cara lain untuk membuat voting online di whatsapp.
im

2 Komentar

  1. aku cobain deh, kayaknya bisa diterapkan untuk kantor nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo untuk skala kecil ini recomended mba, selain pembuatannya mudah, result nya pun mudah untuk dibaca.

      Hapus