6 Ide Usaha buat Lulusan Design Grafis

Apakah kamu seorang sarjana desain grafis? Apa saja peluang bisnis yang bisa kamu rintis untuk menambah penghasilan? Tentu saja ini butuh perhitungan yang matang, sebelum memulai bisnis. Dan kami akan memberikan beberapa rekomendasi usaha yang sekiranya cocok dengan keahlian dan bidang mu tersebut. Penasaran? Mari kita simak satu persatu dibawah ini :


Baca dulu : Kumpulan Kata Mutiara Arsitektur dan Desainer


cara mendapatkan penghasilan tambahan


Jadi Content Creator
Content creator adalah sebutan bagi mereka yang menghasilkan karya yang bisa dinikmati oleh banyak orang, seperti gambar, video dan juga music. Bagi kamu yang lulusan desain grafis, tentu saja menjadi content creator sangat prospektif untuk dilakukan. Keahlian mu dalam menghasilkan desain gambar, sangat diperlukan untuk membangun suatu akun Instagram atau channel youtube misalnya


Buka Jasa Design
Bisnis yang bisa Kamu jalankan pastinya menjadikan keahlian mu sebagai asset utama, yaitu jasa design, hal ini sudah sangat banyak ditemui di berbagai kota  besar di Indonesia. Selain dibayar tinggi, seorang designer digital ini bisa juga menerima banyak sekali pesanan dari berbagai pihak.
Tidak heran karena bidang desain sangat dibutuhkan pada saat sekarang, seperti untuk promosi, sebagai tkamu pengenal, ataupun ciri khas tertentu. Kamu bisa memulai membuka jasa design ini secara online terlebih dahulu, tawarkanlah keunikan dan kelebihan tersendiri dari jasa design Kamu.


Bisnis Percetakan
Kamu bisa merintis bisnis percetakan. Percetakan bisa seperti jasa sablon, stiker, ataupun usaha lainnya yang berhubungan dengan design grafis. Kebutuhan akan design visual yang semakin tinggi, membuat peluang bisnis percetakan tetap akan menggunakan keterampilan dari design grafis dan banyak dicari di saat ini.

Untuk memulai bisnis percetakan tersebut Kamu perlu menyiapkan tempat serta peralatan percetakan. Walaupun membutuhkan modal yang cukup besar, namun bisnis ini juga mempunyai keuntungan yang tidak boleh dianggap remeh.


Mengikuti Lomba
Kemajuan teknologi yang semakin pesat di masa kini, beragam lomba serta event semakin sering dilakukan di zaman sekarang. Salah satunya ialah lomba design logo yang sering diadakan oleh perbisnisan atau brand besar.

Selain mendapatkan hadiah yang lumayan besar, Kamu juga bisa mengenalkan nama atau merek design yang telah kamu buat. Sehingga bisa menjadi lebih terkenal dan menjadi masa depan yang bagus untuk bisnis Kamu di bidang design tersebut.


Membuat Baju Desain Unik
Membangun nama juga brand sendiri merupakan contoh lain peluang bisnis di bidang design grafis ini, dimana Kamu bisa membuat design berupa logo atau tulisan. Kemudian cetaklah di kaos dan baju polos, sehingga bisa Kamu jual kembali dengan harga yang lebih tinggi.

Bisniskan saat menjalankan bisnis yang satu ini buatlah ciri khas Kamu sendiri, seperti nama, logo khas, karakter, jargon, ataupun ciri lainnya. Hal ini akan membuat bisnis mu menjadi lebih mudah untuk dikenali oleh masyarakat luas.


Desain Visualisasi Art
Menjadi lulusan desainer dibidang grafis ternyata tidak hanya sebatas kamu bisa bekerja di depan komputer saja, akan tetapi sekarang Kamu sudah bisa mem-visualisasikan setiap ide desainmu melalui berbagai bidang.

Seperti misalnya saja visual art yang sekarang ini sedang populer, Kamu bisa membuat visual art di berbagai tempat seperti dinding cafe, perumahan, ataupun bidang lainnya.

Untuk bisa melakukan hal ini Kamu terlebih dahulu harus bekerja sama dengan berbagai pihak, seperti salah satunya ialah seorang pelukis atau orang yang memang ahli di bidang tersebut. Selanjutnya promosikan design di sosial media atau internet dan tawarkan jasa visual art tersebut.


Belajar Private Design Grafis
Terakhir pastinya datang dari bisnis kursus design grafis, hal ini bisa dilakukan bila Kamu sudah benar-benar menguasi teknik dan berbagai aplikasi design. Membuat kursus sederhana di rumah bisa Kamu lakukan di bidang yang satu ini.


Kata Penutup
Bagaimana apakah kamu sudah siap untuk memulai bisnis diatas? Jangan lupa kalau memanfaatkan keterampilan itu memang sudah seharusnya kamu lakukan. Terlebih saat ini susahnya mencari lowongan kerja, membuat kamu harus pintar pintar dalam menemukan sumber penghasilan.

2 Komentar

  1. Disain grafis jaman skrg, peluang kerjanya lebih banyak yak, gak seperti jaman saya dulu 😂, karena skrg teknologi nya sdh maju dan membutuhkn bnyk skill yang beragam khususnya utk disain grafis. Tapi seinget saya, dulu kalo untuk disain digital, harus belajar di jurusan e-commerce juga, utk desain web dan sejenisnya, tapi skrg kyknya udah jadi satu kesatuan sepertinya yah, karena basicnya emang sama2 disain mungkin yah 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang kemudahan mencari informasi membuat para desainer grafis bisa beradaptasi kemana-mana mas. Mudah untuk mempelajari hal baru tanpa harus kuliah lagi hehehe. Asalkan ada basicnya aja semuanya bisa dijabanin wkwkwkwk

      Hapus