Perbandingan Mengedit di HP dan Laptop

Mengedit tidak hanya bisa dilakukan di laptop saja, kini hp pun bisa kamu gunakan untuk membantu kamu menyelesaikan pekerjaan kamu seputar editing. Walaupun memang memakai hp terlihat lebih mudah, tapi ada beberapa pertimbangan yang harus kamu lakukan.

Proses editing lebih mudah menggunakan hp atau laptop? Cukup sulit untuk menentukan mana yang paling enak untuk dipakai. Beberapa alasan yang akan saya berikan setidaknya membantu kamu untuk menentukan mana yang paling pas dengan kegiatan dan kehidupan kamu.

Sekarang yang akan dibahas dari segi editing digital (foto dan video), tapi jika kamu ingin membandingkan mengedit naskah tulisan di hp dan laptop, poin-poinnya yang akan disampaikan tidak jauh berbeda.

pilih hp atau laptop untuk mengedit


Perbedaan Mengedit di HP dan Laptop


Kelengkapan fitur aplikasi editing
Fitur-fitur yang disediakan oleh aplikasi editing di laptop senantiasa lebih lengkap sehingga lebih banyak variasi dalam melakukan proses editung. Misalkan saja aplikasi lightroom di hp dan laptop sangat berbeda tool-tool yg ada, di hp lebih sedikit dan hanya bisa mengedit dengan seadanya. Sedangkan di laptop karena fitur yang lengkap sehingga permainan warna bisa lebih banyak.

Tapi kamu harus menyesuaikan dengan kebutuhan, jika misalkan dalam editing video hanya cut to cut saja, maka di hp menjadi pilihan yang paling tepat.

Fleksibilitas tempat
Mengedit melalui hp memiliki tempat yang fleksibel dimana kamu bisa mengedit dimanapun dan kapanpun tanpa perlu membawa sesuatu hal yang berat dan ringkih. Dengan mengedit di hp kamu bisa melakukannya saat memiliki waktu luang seperti saat jam kosong ataupun selama diperjalanan. Sedangkan untuk laptop sendiri kamu harus mengeluarkan effort untuk membawa laptop kemana-mana dan mungkin hanya bisa dikeluarkan dan digunakan di tempat-tempat tertentu saja.

Efisiensi pengerjaan
Pengerjaan editing akan lebih efisien jika dilakukan di laptop karena pandangan yang lebih luas serta fitur yang lebih banyak sehingga kamu tidak perlu mengakali untuk menyempurnakan style dari editing kamu karena keterbatasan fitur. Sedangkan jika di hp, visibilitas layar yang sempit memungkinkan kamu mengalami banyak kesalahan sehingga akan memakan waktu banyak untuk menyelesaikan editing yang kamu kerjakan.

Kualitas hasil editing
Karena biasanya aplikasi editing menyesuaikan dengan spesifikasi dari perangkat yang paling banyak digunakan, sehingga tak jarang misalkan aplikasi editing video di hp hanya bisa dilakukan di 720px atau maksimal 1080px. Mungkin bagi sebagian orang ini tidak masalah tapi bagi editor yang ingin mendapatkan kualitas video yang paling baik keterbatasan ini cukup mengganggu sehingga solusinya dengan menggunakan laptop yang mumpuni.

Misalkan lagi jika kita mengambil video melalui kamera dengan settingan 1080 60fps sedangkan ponsel kamu hanya mendukung sampai 720px sehingga sayang sekali kualitas video harus diturunkan agar bisa menyesuaikan dengan hp untuk melakukan proses editingnya. Masalah kualitas baik dari perangkat maupun hasil editing, laptop akan jauh lebih baik.

Jangan terlalu dipikirkan masalah perangkat mana yang paling baik untuk mengedit di hp atau laptop, tapi yang menjadi poin penting adalah bagaimana ide kamu bisa diwujudkan dalam bentuk digital dengan keahlian mengedit yang dimiliki. Keterbatasan alat dan perangkat bukan menjadi penghalang untuk terus berkarya.

Itulah perbandingan mengedit di hp atau laptop, jika bermanfaat jangan lupa share keteman dan media sosial agar menjadi pertimbangan bagi yang membutuhkan. Berkomentar juga jika punya saran lain perbedaan mengedit di hp dan laptop

0 Komentar