Tips Menghafal Bacaan Agar Lebih Mudah di Ingat

Hampir setiap jenjang pendidikan seringkali mengharuskan siswanya untuk menghafal agar bisa menunjang pelajaran yang sedang dipelajari entah itu untuk tugas presentasi, labratorium maupun untuk menghadapi ujian. Walaupun kamu anak smk, ipa, ataupun anak teknik pasti selalu ada materi yang harus dihafal disetiap mata pelajarannya.

Banyak sekali orang yang mengeluh tidak bisa mengingat terhadap apa yang sudah mereka baca atau hafalkan sebelumnya padahal waktu belajar sudah cukup lama. Sebenarnya hafalan itu bukan dilihat dari lamanya kamu membaca tapi lebih ke teknik bagaimana menghafal yang efektif.

tips belajar dengan benar


1. Prediksi materi
Ini sebenarnya berlaku saat akan menghadapi ujian lisan maupun tertulis, prediksikan materi-materi atau jenis bacaan yang sering keluar untuk mata pelajaran tersebut, bisa dilihat dari latihan soalnya maupun dari ujian hariannya. Apakah berbentuk pengertian, manfaat, atau runtutan kejadian, proses atau lainnya. Dengan begitu kamu tidak perlu terlalu banyak menghafal.

2. Pahami inti dari sebuah bacaan
Kamu tidak perlu membaca berulang-ulang bacaan yang panjang untuk bisa mengingatnya, tapi cobalah kamu baca teks yang ada satu kali lalu simpulkan inti dari bacaan yang kamu baca. Dari poin-poin yang anda dapatkan kamu bisa menghafal ataupun menuliskan pada buku catatan ataupun media lainnya terlebih dahulu. Dengan menuliskan inti-intinya, setidaknya kamu akan menghafal dan membacanya 2 kali tanpa kamu sadari.

3. Hafalkan dari inti bacaan yang telah disimpulkan sebelumnya
Setelah mendapatkan poin-poin dari bacaan, selanjutnya kamu harus menghafalnya. Cara yang enak buat menghafal adalah baca perkalimat atau perpoin kemudian ulangi tanpa melihat catatan, Selanjutnya lanjutkan bacaannya dan ulangi lagi dimulai dari awal tanpa melihat catatan. Walaupun kamu menganggap akan membutuhkan waktu yang lama tapi ini teknik menghafal yang akan lebih lama untuk diingat.

4. Fokus pada 1 materi
Manusia pada dasarnya tidak bisa melakukan multitasking dalam satu waktu, jadi agar bisa mengingat materi yang dihafal pastikan kamu menyelesaikan satu pelajaran terlebih dahulu sampai ingat baru melanjutkan menghafal untuk pelajaran lainnya. Karena terlalu banyak pelajaran yang dihafal dalam satu waktu maka akan mudah lupa bahkan bercampur dengan materi lainnya yang dihafalkan. Jika pelajaran yang harus dihafal banyak, maka disarankan untuk tidak menggunakan SKS (Sistem Kebut Semalam).

Biasanya banyak orang yang susah menghafal karena terdapat banyak kata kata atau kosakata baru sehingga cukup asing untuk ditangkap oleh otak kita, solusinya kamu harus banyak-banyak membaca sehingga kosakata nya menjadi sering kamu temui dan akan mempermudah dalam menghafal.

Itulah sedikit tips untuk menghafal yang efektif dan mudah diingat, apabila bermanfaat jangan lupa share keteman dan media sosial kamu agar mereka juga bisa menghafal dengan benar. Berkomentar juga jika kamu memiliki versi tersendiri bagaimana cara belajar yang efektif.

0 Komentar