6 Tips dan Cara Membeli Laptop Bekas

Kebutuhan daan kinerja seseorang semakin meningkat, terutama pada sektor laptop sebagai penunjangnya. Tidak hanya untuk orang dewasa saja, siswa dan mahasiswa juga wajib punya laptop karena tugas yang seringkali harus menggunakan laptop untuk mengerjakannya.

Tapi yang menjadi kendala para orang tua ataupun seseorang yang ingin membeli laptop adalah harganya yang mahal. Mungkin ada juga yang murah hanya saja kualitas dari laptop itu yang dipertanyakan apakah bisa kuat untuk menjalankan segala aktivitas yang akan kita lakukan nantinya.

Solusi yang paling tepat adalah dengan membeli laptop bekas, tapi jangan pernah membelinya dengan sembarang, namanya bekas pasti ada minusnya. Kamu harus memerhatikan beberapa poin yang akan saya sampaikan agar kamu bisa mendapatkan laptop dengan kualitas yang masih bagus dengan harga yang miring.

cara membeli laptop bekas


Cara Memilih Laptop Bekas


1. Kelengkapan Laptop
Baik kamu membeli melalui online maupun offline, alangkah baiknya untuk menanyakan kelengkapan terlebih dahulu kepada penjualnya mulai dari apakah masih ada garansi, charger, dus, nota pembelian dan pastikan juga bahwa seri yang ada didalam dus atau nota pembelian cocok dengan laptopnya untuk mengetahui laptop memang miliknya. Pastikan juga charger yang diberikan memang charger bawaan pabrik bukan membeli baru dan pastikan juga chargernya berfungsi dengan baik.

2. Fisik  Laptop
Periksalah kondisi laptop sebelum dibeli, apakah lecet pemakaian, apakah pernah jatuh atau terbentur ini untuk melihat bahwa laptop memiliki kerusakan pada komponen lain atau tidak dan supaya kita bisa cek lagi kondisi laptopnya. Jika laptop memakai removable battery, pastikan memang baterai adalah bawaan pabrik bukan baterai yang sudah diganti baru dan jika baterai merupakan baterai tanam, pastikan baterai tidak mengembung yang bisa kita lihat di body laptopnya langsung.

Pastikan juga kondisi layar baik-baik saja tanpa ada retak atau black noted yang nantinya ditakutkan akan merambah kebagian lainnya di lain waktu. Jika laptop bukan layar sentuh, kondisi layar sudah bisa dilihat secara langsung tapi jika laptop layar sentuh, maka kamu harus coba test touchscreennya.

3. Kondisi keyboard dan touchpad
Keyboard sangat rawan mengalami kerusakan apalagi jika pemakaian laptop sudah lama. Cobalah cek terlebih dahulu kondisi keyboard kamu melalui notepad atau ms.word. Jika ditemukan kerusakan diharapkan untuk mencari laptop bekas lainnya karena kurang nyaman jika laptop menggunakan keyboard eksternal ataupun virtual keyboard.

Tidk hanya keyboard saja, tapi uji juga touchpad nya apakah berfungsi baik atau tidak, walaupun nantinya kamu selalu memakai mouse tapi kondisi touchpad saat dibeli harus dalam keadaan yang baik.

4. Semua Port di Laptop
Port di laptop wajib banget bekerja dengan normal, sebelum membeli selalu cek kondisi semua port pada laptop. Mulai dari port charger, port usb, port LAN, port HDMI, port audio dan port microSD jika ada. Ribet banget jika harus menggunakan pengganti untuk menggantikan port yang rusak. Port yang rusak tentu akan menghambat pada pekerjaan atau aktivitas kamu nantinya apalagi jika ketahuannya pas mau presentasi port HDMI nya rusak, duh bakal ribet banget deh.

5. Baterai
Biasanya permasalahan baterai sering terjadi pada laptop entah itu baterai cepat habis, laptop yang harus di charge terus dan permasalahan baterai lainnya. Cobalah kamu cari di google tentang spesifikasi laptop yang akan dibeli dan lihat lifetime dari laptop tersebut. Kemudian bandingkan dengan laptop bekas yang akan kamu beli. Jika perbandingannya jauh berbeda dipastikan baterai memang bermasalah. Ini sih opsi bagi kamu, mau tetep beli tapi harus beli baterai baru atau cari laptop bekas lainnya yang baterainya masih berjalan baik.

Baca Juga: Intruksi Cara Pemakaian Baterai Baru Pada Laptop

6. Harga yang tidak mencurigakan
Lihatlah harga baru di google, apabila perbandingannya terlalu jauh antara harga baru dan harga bekas yang ditawarkan, kamu wajib curiga di khawatirkan di adalah penipu. Kamu jangan mudah tergiur dengan harga yang murah, ada harga ada kualitas. Kamu harus realistis saat akan membeli laptop bekas, mau beli laptop gaming tapi harganya 3jt? jangan mau, bukannya dapet tapi malah rugi tuh duit kena tipu.

Itulah tips membeli laptop bekas, jika bermanfaat jangan lupa share keteman dan media sosial kamu agar mereka bisa memilih laptop bekas dengan benar. Berkomentar juga jika kamu ada saran lain dalam memilih laptop bekas atau ada pertanyaan seputar membeli laptop bekas yang berkualitas.

0 Komentar