Nutrisi yang Tepat Bagi Ibu Hamil

Kehadiran seorang anak dalam keluarga selalu mendatangkan keseruan tersendiri. Proses ibu mengandung sampai melahirkan menjadi moment menyenangkan yang diidamkan oleh hampir semua wanita yang sudah menikah. Dalam kondisi hamil seorang wanita harus berusaha mengatur tubuh agar si ibu dan  jabang bayi tetap sehat. Seperti, olah raga, makan dan minum bergizi.

Hal ini menunjukan bahwa ibu hamil membutuhkan nutrisi dua kali lipat dari biasanya. Secara bersamaan sang suami harus mendukung istri dalam melewati setiap fase .  Nah, buat kamu yang butuh info mengenai bubuk kopi bisa kunjungi link ini https://www.guesehat.com/bubuk-kopi-bermanfaat-menyembuhkan-luka


nutrisi yang dibutuhkan saat masa kehamilan


Apa sajakah nutrisi yang diperlukan bagi ibu hamil?


1.  Protein
Seperti yang sudah diketahui bahwa protein memiliki bagian penting dalam pembentukan sel otak. Secara otomatis ibu hamil membutuhkan asupan protein lebih dari biasanya. Selain itu, protein sangat berperan dalam proses peredaran darah pada tubuh, dan meningkatkan jaringan payudara pada ibu hamil. Namun, tetap konsumsi dengan takaran yang sesuai.

2. Karbohidrat


karbohidrat untuk ibu hamil

Karbohidrat tidak kalah penting untuk menyumbang kalori bagi ibu hamil. Selain fungsi utamanya adalah memberi tenaga lebih pda tubuh. Kamu bisa mengonsumsi buah, nasi, sayur, kentang, dan lainnya.

3. Zat Besi


zat besi bagi ibu hamil

Selanjutnya ibu hamil juga membutuhkan zat besi untuk menghindari tubuh kekurangan darah. Saat hamil seorang wanita setidaknya harus mengonsumsi 27 miligram zat besi. Contoh, makan lobak, selada, kubis, biji-bijian, daging sapi, dan bayam juga baik untuk pertumbuhan janin dalam kandungan.


4. Vitamin


serat dan vitamin untuk ibu hamil

Vitamin dan mineral yang dibutuhkan saat hamil lainnya seperti vitamin A untuk kesehatan kulit. Vitamin C bermanfaat bagi kesehatan gigi, dan mempermudah tubuh untuk menyerap zat besi. Vitamin B6 berguna dalam pembentukan sel darah merah, bisa didapatkan dari biji-bijian. Sedangkan vitamin D sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan gigi dan kalsium.

5. Folat
Asam folat sangat populer dengan kandungannya untuk mengurangi risiko cacat lahir pada janin. Kebutuhan asam folat bisa didapatkan ibu hamil dari mengonsumsi sayuran hijau, kacang-kacangan, hati sapi, buah jeruk, lemon, mangga, dan tomat. Ibu hamil setidaknya memenuhi kebutuhan ini sebanyak 600 sampai 800 mikrogram.


6. Kalsium


kalsium untuk ibu hamil

Jenis nutrisi ini dibutuhkan ibu hamil untuk membantu janin mengalami pertumbuhan tulang dan gigi yang bagus. Selain itu, kalsium berguna dalam mengatur cairan sehingga metabolisme tubuh bisa berjalan dengan baik. Ibu hamil membutuhkan setidaknya 1000 miligram kalsium perharinya. Contoh, susu, keju, ikan sarden, salmon, dan bayam.

Ibu hamil berada pada fase yang menyenangkan sekaligus menengangkan. Kondisi ini membuatnya membutuhkan banyak nutrisi untuk menyalurkan pada si jabang bayi. Hal lain yang bisa dilakukan ibu hamil adalah berkonsultasi dengan dokter kandungan dalam rangka mendapatkan resep nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan

0 Komentar