Tips Menghadapi Musim Hujan

Setelah kemarau panjang yang tidak terlepas dari dramanya, kini telah memasuki musim penghujan dimana banyak orang juga yang menyambut baik musim ini seperti para petani salah satunya. Walaupun musim penghujan ini adalah sebuah anugrah dari Tuhan, kita wajib untuk mempersiapkan diri agar tetap sehat dan bisa melakukan aktivitas seperti biasanya.

Menjaga daya tahan tubuh di musim hujan ini dperlukan untuk meghindari datangnya penyakit/jatuh sakit seperti pilek, masuk angin, batuk, sakit kepala, demam dan lainnya. Bagi kamu yang memiliki aktivitas seharian diluar rumah harus tahu kapan waktu-waktu seringnya turun hujan, ini dimaksudkan untuk menghindari kamu kehujanan di tengah jalan. Bagaimana cara menghadapi musim penghujan?.

tips menjaga kesehatan di musim hujan


Sedia Payung / Jas Hujan
Payung atau jas hujan menjadi barang penting yang harus dibawa saat musim hujan, walaupun saat kamu berangkat beraktivitas nampak cerah dan tidak akan hujan, tapi payung atau jas hujan ini harus selalu berada di sekitar kamu untuk menghindari kamu terjebak huja dan meneduh terlalu lama karena huja tak kunjung berhenti.

Apalagi bagi kamu yang sering berkendara menggunakan motor, membawa jas hujan menjadi sangat penting dan jangan sampai kamu tetap memaksa jalan walaupun cuaca sedang hujan karena dikhawatirkan akan masuk angin sehingga bisa saja keesokan harinya menjadi demam.

Mandi Setelah Kehujanan
Apabila anda terpaksa harus hujan-hujanan karena akan terlalu lama jika menunggu hujan berhenti, setelah kamu sampai dirumah lebih baik langsung mandi karena nantiya ditakutkan akan sakit kepala karena terlalu lama terguyur air hujan. Ini dimaksudkan untuk menghindari munculnya kuman-kuman yang berasal dari air hujan.

Siapkan Pembasmi Serangga
Terutama nyamuk dan kecoa jika musim penghujan seringkali berkeliaran dan berkembang biak lebih cepat dan banyak karena lingkungan sekitar lembab dan kotor. Siapkan pembasmi serangga terutama untuk nyamuk karena dikhwatirkan yang berkeliaran disekitar kita adalah nyamuk yang bisa menyebabkan demam berdarah. Wajib untuk di kontrol dan di bersihkan ruangannya sebelum tidur.

Gunakan Pakaian Hangat
Karena musim penghujan memiliki cuaca yang dingin diharapkan kita untuk menggunakan pakaian hangat agar tidak kedinginan atau setidaknya selalu bawa jaket kemana-mana. Saat tidur pun jika saat musim kemarau kamu tidur hanya dengan boxer dan celana dalam saja, di musim penghujan ini cobalah untuk pakai pakaian tidur dan memakai selimut.

Siapkan Jas Hujan Untuk Tas
Saat seseorang beraktifitas baik kerja maupun kuliah pasti selalu membawa tas, untuk meghindari tas ikut terguyur hujan, gunakan jas hujan tas walaupun kamu membawa payung atau jas hujan(pakaian). Karena arah air huja selalu berubah-ubah sesuai dengan arah angin, seringkali walaupun udah pakai payung tapi bagian belakang kita masi terkena cipratan air hujan.

Itulah tips menghadapi musim hujan, yang paling utama adalah jagalah kesehatan anda. Jangan lupa share keteman dan media sosial agar mereka juga bisa prepare untuk menghadapi musim penghujan. Berkomentar juga jika kamu mempunyai tips lain dalam menyikapi musim hujan.



0 Komentar