Sistematika dan Problematika Pertemanan di Perkuliahan

Perkuliahan adalah kehidupan baru yang dirasakan oleh anak-anak yang baru lulus SMA karena banyak sekali perbedaan yang dirasakan seperti halnya pembelajaran, sistem pendidikannya dan lainnya termasuk sistematika atau pola pertemanan di perkuliahan.

Ketika awal perkuliahan kita senantiasa mencari banyak kenalan untuk bisa diajak ngobrol dan menentukan teman yang pembahasan dan candaan yang cocok. Saat momen ini sering kali kita temui mahasiswa yang bergerombol, pergi sini satu, semua ikut. Memang sih kita dianjurkan untuk bisa kenal dengan semua angkatan kamu.

Karena kelas pun masih disatuin satu angkatan, maka penting sekali untuk saling mengenal. Di awal-awal perkuliahan juga semuanya saling menyesuaikan walaupun apa yang di bicarakan kurang cocok dengan pribadi masing-masing. Sebatas kenal boleh lah.

problematikan pertemanan di perkuliahan

Setelah kelas dan di bagi-bagi dan di acak, teman yang kita kenal akan mulai menyisihkan teman-temannya yang baru dikenal itu dan menyisakan teman yang paling cocok pembahasan dan jenis candaanya. Di momen ini juga kamu harus mulai bisa memilih teman yang tepat buat kamu untuk mulai berteman lebih dekat lagi karena teman inilah yang akan nemenin kamu disaat gabut dikampus, dan lainnya selama perkuliahan.

Jiwa pribadi yang individual akan lebih sedikit mendapatkan teman, dan teman yang sering memanfaatkan temannya untuk mencapai tujuannya lambat laun akan ditinggalkan, istilahnya teman yang datang cuman butuh doang.

Memasuki perkuliahan lebih jauh akan menjadi berkubu-kubu artinya temen-temen kamu sudah memiliki teman/grup nya masing-masing sehingga cukup sulit untuk masuk berteman sama orang yang sudah berkubu karena akan ada kecanggungan baru diantara pertemenannya/merasa kurang nyaman dengan orang baru.

Kamu juga akan merasakan dimana ketika ada teman yang ingin main ke rumah atau kosan merasa keberatan karena pribadi dari teman kamu yang tidak bisa kamu terima. Dan ini saya alami, memang terlihat jahat tapi mencari alasan adalah cara saya buat ngehindarin dia datang ke kosan. Tapi klo memang ada hal yang penting gak masalah juga buat datang, tapi klo sekedar main kayaknya masih keberatan sih.

Pertemanan dilingkungan kuliah sudah tidak lagi memikirkan apakah kamu akan diomongin dari belakang atau tidak, atau dianggap jahat dan lainnya. Karena semua sudah memikirkan untuk dirinya sendiri tanpa kecuali sama temen deket.

Sedikit saran cobalah cari teman yang sepribadian sama kamu, semisal kamu doyan nongkrong, berteman lah sama yang doyan nongkrong juga. Jika kamu pendiem cobalah mencari teman yang pendiem juga. Intinya sesuaikan dengan kepribadian kamu tapi berteman juga sama orang yang bisa membawa ke hal positif.

Pastikan momen mencari teman saat awal-awal kuliah karena saat itu semua orang masih mencari-cari teman sehingga akan mudah mendapatkan teman. Jika sudah memasuki perkuliahan akan sedikit sulit untuk masuk ke lingkup pertemanan.


0 Komentar