Manfaat Mempunyai Blog Untuk Membangun Bisnis Jangka Panjang

Berbisnis menjadi sebuah pekerjaan yang paling banyak diminati untuk jaman sekarang terlebih kita yang mengatur semua kegiatan mulai dari pembelian sampai pengiriman barang dan kita juga berperan dalam pemasaran produk yang kita jual.

Cukup sulit untuk membangun sebuah bisnis tanpa promosi apapun karena target pembeli dan jangkauan pemasaran yang terbatas. Banyak sekali media untuk bisa mempromosikan barang atau jasa yang kita tawarkan dan yang paling banyak digunakan oleh pembisnis jaman sekarang adalah melalui media sosial dan blog.

Menurut data yang pernah saya baca bahwa pengguna aktif media sosial di indonesia mencapai 150 juta atau 56% dari jumlah populasi, 130 juta diantaranya adalah pengguna media sosial mobile atau 48% dari populasi. Untuk itu kita manfaatkan julah pengguna media sosial ini untuk memaksimalkan penjualan dari barang atau jasa kita dengan sistem promosi.

cara promosi bisnis menggunakan blog



Manfaat blog untuk bisnis



Untuk membangun branding yang baik

Membangun branding sangatlah penting dalam sebuah bisnis baik itu branding terhadap merk atau toko maupun branding terhadap pemiliknya. Ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa kepercayaan dari calon pembeli agar mereka loyal dalam membeli barang atau jasa yang kita tawarkan karena mereka menganggap bahwa kita adalah penjual yang terbaik.

Baca Juga: Cara Membangun Personal Branding Untuk Pemilik Bisnis Pemula

Bersikap ramah dan melayani dengan baik walaupun calon pembeli sekedar tanya-tanya saja akan mempermudah kamu dalam membangun branding karena pembeli tidak hanya melihat kualitas dan harga barang saja tapi dengan pelayanan dan respon dari penjual juga.


Bisa dijadikan sebagai soft-selling

Dengan memberikan artikel atau bacaan yang bermanfaat, penonton senantiasa akan terinfluence terhadap apa yang anda tulis. Disinilah peran anda sebagai pembisnis untuk menyisipkan sebuah promosi terhadap produk atau jasa yang anda jual agar mendorong pembaca anda untuk membelinya. Tentunya blog yang anda punya harus se-topik dengan barang yang anda jual.

Misalkan anda membahas tentang rekomendasi sepatu untuk anak kuliahan, nah sepatu-sepatu yang anda masukkan harus sepatu yang anda jual juga sehingga akan sangat relate jika kamu men-trigger pembaca dengan tulisan seperti ini "bagi kamu yang tertarik dengan sepatunya bisa mengunjungi link ini untuk melihat, bertanya, dan membeli sepatu A" sehingga pembaca yang benar-benar tertarik dengan sepatunya pasti akan mengujungi tempat jualan anda setidaknya hanya stalking saja.


Menjangkau target market yang lebih luas

Pembaca bisa datang dari mana saja, maka target pejualan pun akan semakin luas karena marketing kurang maksimal jika hanya menggunakan media sosial saja seperti instagram, facebook, dll. Apalagi jika blog yang anda bangun memang berkualitas baik secara SEO, tampilan blog dan isi kontennya.

SEO menurut saya yang paling berpengaruh untuk mencapai target kamu, karena dengan SEO blog kamu akan lebih banyak terlihat di search engine dan tidak menutup kemungkinan hal tersebut juga akan mendatangkan pengunjung yang lebih banyak sehingga target penjualan pun akan lebih mudah tercapai.

Baca Juga: Sistem dan Cara Bermin Affiliate ByMe Tokopedia


Untuk review atau testimoni produk

Blog juga bisa kamu jadikan untuk mereview produk atau jasa yang kamu jual agar calon pembeli memiliki wadah untuk melihat produk atau jasa kamu lebih detail yang tidak hanya menuliskan deskripsi saja tapi revew lah secara keseluruhan. Biasanya calon pembeli juga mencari pengalaman-pengalaman mantan pembeli yang menggunakan produk atau jasa kamu apakah feedback nya baik atau bahkan buruk.

Blog juga bisa diisi dengan testimoni dari pembeli sehingga ini akan meningkatkan kepercayaan dari calon pelanggan terhadap barang atau jasa yang kamu jual dan saya sarankan kamu hanya memasukkan testimoni yang positif saja.


Itulah manfaat blog untuk bisnis. Bagi kamu yang merasa ini bermanfaat jangan lupa share keteman dan media sosial kamu agar mereka juga tahu manfaat dari blog untuk bisnis. Berkomentar juga jika kamu punya saran atau ingin menambahkan poin-poin diatas tentang manfaat blog untuk bisnis.
Manfaat Mempunyai Blog Untuk Membangun Bisnis Jangka Panjang Manfaat Mempunyai Blog Untuk Membangun Bisnis Jangka Panjang Reviewed by Robby Jungjunan on September 07, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.