Cara Mengatur Uang Bulanan Bagi Anak Kos

Anak kos identik banget sama yang namanya mahasiswa, dulu keuangan bulanan selalu diatur dan dikontrol oleh orang tua tapi setelah kamu kuliah, kamu harus menjadi sosok yang mandiri dengan mengatur keuangan pun harus sendiri dan bertanggung jawab atas uang yang kamu keluarkan setiap bulan.

Mungkin ada juga orang yang habis uang bulanan tinggal bilang orangtuanya dan langsung dikasih tanpa tanya kenapa uang sebelumnya habis sebelum waktunya. Rugi banget jika kamu masih memiliki sifat yang kayak gitu karena ini bukan hanya cara menghemat dan menghabiskan uang saja, tapi sebagai pembekalan bagi kamu juga nantinya untuk bisa mengatur keuangan bulanan kalian dengan maksimal.

mengatur uang bulanan bagi anak kos

Tidak akan ada istilah lagi anak kos yang melarat atau menyedihkan karena semua pengeluarannya sudah kamu atur. Mungkin jika 1-2 bulan awal-awal ngekost akan sedikit boros karena kita tidak tahu berapa biaya makannya, tempat yang murah dimana aja, dan lainnya. Oleh karena itu manfaatkan waktu tersebut untuk mengenali apa saja yang kamu butuhkan dan berapa budget yang harus orang tua kamu keluarkan.


Cara Atur Uang Bagi Anak Kos


1. Selalu catat pengeluaran kebutuhan kamu perbulannya

melakukan perincian pengeluaran bulanan anak kos

Walaupun kamu memegang uangnya sendiri dan senantiasa fleksibel dalam menggunakannya tanpa kontrol dan pengawasan orang tua lagi. Cobalah untuk catat setiap pengeluaran kamu semuanya dari nominal kecil sampai besar sekalipun. Ini untuk membandingkan pengeluaran kamu setiap bulannya atau menjadi lebih hemat, stabil atau bahkan lebih boros.

Jangan pernah berpikir pengeluaran kamu hanya diingat dikepala tanpa di catat karena berbeda sekali hapalan dalam berbentuk teks dengan angka. Jangan sampai keangkuhan kamu malah menjadi blunder buat kamu dan menjadi hidup lebih boros.

Baca Juga: 7 Cara Hemat Bagi Anak kos

Cara pencatatannya cukup gampang, kamu hanya perlu rinci pengeluaran kamu hari ini saat setelah sampai dan santai dikosan agar bisa mencatat dengan teliti. Jika pengeluaran kamu perbulannya lebih hemat maka sisa dari budget bisa kamu tabung untuk kebutuhan lainnya.


2. Catat juga kebutuhan primer perbulannya sebelum pergi berbelanja

Sebelum kamu pergi ke pasar, minimarket, supermarket, maupun mall cobalah untuk catat terlebih dahulu kebutuhan pokok kamu dikosan apa saja dan apa saja barang yang habis dan harus dibeli. Jangan sampai kamu improvisasi saat berada di tempat belanja selain akan menjadi bingung, barang yang sebenarnya tidak benar-benar kamu butuhkan akan ikut terbeli juga. Kamu pasti udah tahu lah perbedaan antara kebutuhan dan keinginan

Dengan mencatat list belanja juga dapat menghindari kamu bolak-balik belanja kebutuhan pokok karena lupa beli dan juga waktu menjadi lebih efektif dan efisien. Lebih bagus lagi jika kamu tau tempat mana yang memiliki harga yang lebih murah untuk menghemat pengeluaran tanpa mengurangi kebutuhan utama kita.


3. Disarankan membawa alat penanak nasi dan galon air

memasak sendiri untuk menghemat biaya bulanan

Alat penanak nasi dan galon air tidak menjadi masalah untuk dibawa ke kosan, ini dimaksudkan untuk menghemat pengeluaran makan dan membeli minum kamu perharinya. Kamu hanya perlu membeli beras saja, 1kg bisa untuk 2-3 hari dan kamu hanya perlu membeli teman nasi 10ribu udh bisa dapet lauk untuk sehari.

Dengan adanya galon air juga, kamu hanya perlu mengeluarkan 16ribu jika habis. Jika membeli minum botolan mungkin akan lebih boros jika diakumulasikan. Selagi bisa hidup lebih hemat, ngapain harus boros kan?. Oh ya disarankan juga sih bawa tumbler ke kampus untuk menghemat pengeluaran membeli minum.


4. Usahakan untuk bisa cuci pakaian sendiri

memilih laundry atau mencuci sendiri

Jika kamu bisa mencuci pakaian sendiri secara manual sih bagus bisa menghemat pengeluaran biaya laundry kalian karena biasanya di kost itu jarang ada yang ngasih fasilitas mesin cuci. Tapi ini opsional sih soalnya diperhitungkan juga apakah jam kuliah kamu padat atau nggaknya, banyak waktu luang atau nggak nya. Tapi percayalah bahwa uang yang seharusnya kamu pakai buat laundry jika mencuci sendiri bisa ditabung lumayan sekitar 50-60ribu perbulan.

Walaupun kamu menggunakan laundry, lebih baiknya sih celana dalam di cuci sendiri jangan dimasukkan ke laundry juga karena kurang etis aja celana dalam dicuciin orang lain meski kita membayarnya pun dan cuci nya pun gak susah kok, gak seperti mencuci pakaian atau celana.


5. Manfaatkan fasilitas wifi di kosan dan kampus

memanfaatkan wifi di kampus

Lebih disarankan kamu ambil kosan yang menyediakan fasilitas wifi dengan harga kost yang murah. Setidaknya ini bisa menghemat penggunaan data internet kamu saat berada di kos. Anak sekarang tuh lebih banyak pengeluaran untuk biaya internet, jadi manfaatkan wifi yang ada saja agar budget bulanan kamu tidak terpotong karena penggunaan internet yang boros.

Baca Juga: 4 Tips Memilih Kosan Terbaik Bagi Para Mahasiswa

Biasanya setiap kampus sudah memiliki wifi sebagai fasilitasnya untuk digunakan mahasiswa, tapi jika internet nya lemot karena banyak yang pakai, kamu beli saja paket internet bulanan murah untuk dipakai jika kamu lagi diluar kos saja. Membeli paket internet 2-5gb perbulan kayaknya pas deh.

Itulah cara mengatur keuangan bulanan anak kos, jika bermanfaat jangan lupa share keteman dan media sosial kamu agar mereka juga bisa memanajemen keuangan bulanan. Berkomentar juga jika ada saran lain untuk menghemat biaya bulanan bagi anak kosan.

0 Komentar