Cara Mengetahui Hp BlackMarket atau Legal Menggunakan IMEI


Pemerintah telah mengeluarkan regulasi untuk menekan penjualan ponsel ilegal dan juga menekan beredarnya penjualan ponsel curian. 3 mentri selaku yang mengatur pemberlakuan regulasi Internasional Mobile Equipment Identity (Imei) akan menandatangi pada pertengahan agustus 2019 ini yaitu Kementrian Komunikasi dan Inforatika (Kominfo), Kementrian Perdagangan (Kemendag), dan Kementrian Perindrustrian (Kemenperin).

Tentu ini menjadi sebuah kerugian bagi para pengguna yang sudah menggunakan ponsel blackmarket sejak lama dan para pedagang yang telah terlanjur membeli ponsel blackmarket. Wakil ketua umum Asosiasi Penyelengara Telekomunikasi Indonesia (ATSI) berharap agar pemerintah mengizinkan para pengguna yang terlanjur menggunakan ponsel BM bisa tetap aktif usai pemberlakuan regulasi imei ini.

(1.0) Banyak yang bertanya apakah ponsel blackmarket yang terlanjur dibeli sebelum tanggal penandatangan regulasi akan diblokir? Untuk hal tersebut tidak akan langsung diblokir hanya saja akan diberikan tenggang waktu yang ditentukan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

(1.1) Bagaimana jika membeli ponsel di luar negeri setelah diberlakukan regulasi imei ini, apakah bisa dipakai di Indonesia? Tentu saja bisa asalkan Importasinya mengikuti peraturan yang berlaku.

* 1.0 dan 1.1 diambil dan disimpulkan berdasarkan FAQ yang tercantum pada website imei.kemenperin.go.id


Untuk mengetahu lebih detail tentang regulasi pemerintah tentang IMEI, kamu bisa mencari berita-berita terkait di pencarian google. Cukup ketik "Regulasi IMEI" akan muncul banyak informasi disana. Selamat membaca

Apa itu IMEI?


Internasional Mobile Equipment Identity (IMEI) adalah nomer identitas khusus yang dikeluarkan oleh Asosiasi GSM untuk tiap slot GSM yang terdapat pada ponsel. Nomor pada imei biasanya terdapat 14-16 digit yang bisa kamu cek sendiri di ponsel. Karena ini adalah nomer identitas khusus maka nomer ini bersifat unik yang artinya tidak akan kita menemui nomer imei yang sama antar pengguna ponsel lainnya.


Apa Fungsi IMEI Dalam Ponsel?


Apabila ponsel yang kamu gunakan hilang, kamu bisa melacaknya dengan mudah hanya saja tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang sehingga ketika ponsel kamu hilang, bisa langsung datang ke pihak Provider yang terdaftar di ponsel kamu dan memberikan nomer imei nya untuk mulai dilacak.

Tidak hanya itu saja, nomer imei juga untuk mempermudah kominfo atau pihak kepolisian melakukan pemblokiran jaringan pada ponsel dan ini sangat bermanfaat untuk kamu yang sedang kehilangan ponsel agar tidak disalahgunakan oleh orang lain sehingga ponsel yang hilang tidak akan memiliki/menangkap jaringan disekitarnya. Nomor imei juga berfungsi sebagai identitas dari ponsel yang kamu miliki

Bagaimana Cara Cek Nomor IMEI?


Melalui Pengaturan Ponsel

cara mengetahui ponsel bm atau resmi

1. Buka setting di ponsel kamu. Pergi ke menu tentang ponsel.

2. Tekan status dan pilih informasi imei

3. Maka akan muncul 2 nomor imei (SimCard 1 dan SimCard 2)

Melalui Dial Call Ponsel

regulasi pemerintah soal nomor imei

1. Masuk ke panggilan di ponsel kamu.

2. Ketik *#06# lalu tekan panggil.

3. Maka akan muncul 2 nomor imei (SimCard 1 dan SimCard 2)

Melalui Dus/Box Ponsel

Untuk melihat nomor imei melalui box ponsel kamu. Biasanya posisi imei berada di belakang liuar box nya atau didalam box berupa stiker. Silahkan kamu simpan nomor imei tersebut jika sewaktu-waktu ponsel kamu hilang sehingga tidak kesulitan dalam mencari informasi tentang nomor imei ponsel kamu.


Cara Cek IMEI Kita Apakah Ponsel BlackMarket atau Legal

1. Pertama kunjungi website imei.kemenperin.go.id

2. Silahkan kamu masukkan nomor imei yang akan kamu cek. Tekan enter/tekan icon search untuk memulai cek imei.

3. Akan muncul keterangan apakah nomor imei kamu terdaftar di database kemenperin atau tidak. Jika terdaftar berarti ponsel kamu legal. Jika tidak berarti kemungkinan kamu membeli ponsel blackmarket.

Tampilan ketika nomer imei terdaftar di database kemenperin:

cek imei di kemenperin

Tampilan ketika nomer imei tidak terdaftar di database kemenperin:

cara mendaftarkan imei ke kemenperin



Cara Mendaftarkan Ponsel BlackMarket ke Kemenperin

Saya memilki 2 ponsel yaitu merk Asus dan Xiaomi. Ketika kedua ponsel tersebut saya cek nomor imeinya di kemenperin, ternyata hanya ponsel Asus saja yang terdaftar sedang xiaom tidak terdaftar di database kemenperin. Oleh karena itu, saya akan melakukan update pada artikel ini dikemudian hari ketika ponsel xiaomi saya sudah terdaftar di database kemenperin agar kamu juga bisa tahu cara mendaftarkan ponsel blackmarket ke kemenperin yang sudah terbukti berhasil.


Kapan Regulasi IMEI ini Mulai Berlaku?

Regulasi imei diperkirakan akan mulai efektif 6 bulan kedepan dengan implementasi regulasi yang membutuhkan tiga fase yaitu fase pertama pada tanggal 17 agustus 2019 hanya dilakukan penandatangan 3 peraturan menteri.

Tahap kedua Pemerintah menyiapkan Sistem Informasi Basis Data Imei Nasional (SIBINA) yang berfungsi untuk menyimpan seluruh ata ponsel yang beredar di Indonesia baik yang diproduksi, diimpor, dijual di toko ataupun yang digunakan oleh masyarakat. Tahap Ketiga akan mulai dilakukan eksekusi kebijakan seperti pembuktian keaslian IMEI perangkat, penyediaan layanan lost and stolen serta sosialisasi.

Itulah cara cek imei ponsel kamu apakah ponsel blackmarket atau resmi, share keteman dan media sosial kamu agar mereka bisa cek imei ponselnya. Berkomentar juga jika ada saran atau masukkan mengenai regulasi imei ini atau mungkin mengalami masalah saat proses pengecekan nomor imei.
Cara Mengetahui Hp BlackMarket atau Legal Menggunakan IMEI Cara Mengetahui Hp BlackMarket atau Legal Menggunakan IMEI Reviewed by Robby Jungjunan on Agustus 04, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.