Penyebab dan Solusi Keyboard Rusak pada Laptop Tanpa Beli Baru

Keyboard adalah salah satu hardware pada laptop yang persentase kerusakanannya paling sering. Biasanya keyboard yang rusak disebabkan oleh penggunaan dari pemilik keyboard tersebut yang sembarangan. Keyboard yang rusak tentu akan sangat menganggu sekali karena perannya yang sangat penting dalam menunjang aktifitas kita sehari-hari.

Biasanya kerusakan keyboard sering terjadi setelah 1-2 tahun pemakaian dengan penggunaan biasa-biasa saja. Mungkin untuk keyboard mekanik atau keyboard eksternal lebih kebal dalam hal kerusakan dibandingkan dengan keyboard yang terdapat ada laptop atau notebook.

Tentu untuk mengganti atau memperbaiki keyboard yang rusak memerlukan effort yang lebih berupa uang yang harus dikeluarkan. Terlebih jika kita seseorang yang awam membawanya ke tempat service menjadi solusi yang tepat. Waktu pengerjaan dan biaya pun tidak bisa diprediksi tergantung tingkat kerusakan keyboardnya itu sendiri bisa mahal atau murah.

For your information, kamu juga harus tahu terlebih dahulu kemungkinan-kemungkinan yang terjadi yang menyebabkan keyboard rusak untuk setidaknya kita ada usaha untuk memperbaikinya sendiri di rumah. Penyebab keyboard rusak sebagai berikut:

penyebab keyboard rusak


Penyebab Keyboard Rusak pada Laptop


1. Keyboard kemasukkan debu

Seringkali debu atau pasir masuk ke sela-sela keyboard sehingga fungsi keyboard menjadi terganggu seperti susah pencet maupun karakter yang ditekan tidak muncul. Terlebih bagi kamu sering beraktifitas menggunakan laptop pada area outdoor, kemungkinan debu atau pasir masuk akan lebih besar. Rajin-rajinlah membersihkan keyboard kamu minimal 1 kali perminggu/perbulan.

Untuk membersihkan debu pada keyboard kamu bisa menggunakan berbagai cara diantaranya menggunakan vacum keyboard, super clean gel keyboard, kuas halus, kemoceng. Agar keyboard tidak meninggalkan debu saat dibersihkan, lebih baik kamu juga membuka tombol-tombol pada keyboard terlebih dahulu dengan mencongkelnya kemudian bersihkan. Setelah selesai kamu bisa memasangnya kembali.

2. Penggunaan yang terlalu kasar/keras

Tidak dapat dipungkiri masih banyak orang yang menggunakan keyboard pada laptop disamakan dengan penggunaan pada keyboard mekanik atau keyboard pada komputer. Keyboard pada laptop cenderung lebih sensitif dan lebih mudah rusak ketika digunakan dengan kasar/keras.

Akibat dari penggunaan keyboard yang terlalu kasar akan membuat sensor didalamnya rusak atau tidak berfungsi sehingga solusi pahitnya kamu harus mengganti sensor tersebut jika tersedia di toko, tapi biasanya harus sepaket satu keyboard.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Masalah yang Sering Tejadi Pada Keyboard

3. Karet pada tombol-tombol keyboard rusak

Dibalik keyboard terdapat karet yang berfungsi sebagai penghubung antara tombol keyboard dengan sensor yang ada didalamnya. Biasanya karena penggunaan yang terlalu sering dan penggunaan yang kasar akan menyebabkan karet keyboardnya menjadi tipis sehingga keyboard menjadi tidak responsif bahkan tidak berfungsi karena karet keyboardnya tidak mengenai sensor.

Kamu bisa coba membuka part keyboard yang rusak dan melihat kondisi karet nya apakah menipi, longgar atau terlepas dan bahkan mungkin hilang. Saya sendiri belum tahu apakah ada yang menjual karet tuts keyboard laptop atau tidak tapi kemungkinan karet tuts untuk seluruh keyboar bukan berbentuk satuan.


Solusi Keyboard Rusak Tanpa Beli Baru


Sudah menjadi kebiasaan untuk sebuah laptop yang sudah berumur kurang lebih 2 tahun akan mengalami kerusakan pada sebagian keyboard karena penggunaan yang sudah terlalu sering. Mungkin jika harus membeli baru rasanya sayang aja karena hanya beberapa keyboard saja yang rusak dan akan ribet jika harus membawa kemana-mana keyboard eksternalnya.

Agar tidak mengeluarkan uang untuk membeli keyboard baru, kamu bisa memanfaatkan fitur yang disediakan oleh windows yaitu on screen keyboard. Untuk penggunaannya kamu hanya perlu menekan tombol keyboard yang ada di layar menggunakan pointer laptop atau mouse.

Baca Juga: Cara Menonaktifkan Auto Correct Pada Keyboard Android

Jika menggunakan aplikasi tambahan untuk menggantikan fungsi keyboard yang rusak dengan tombol keyboard lainnya akan memilki resiko yang besar terutama saat proses download takutnya ada virus yang dapat merusak/mengambil data-data di laptop kamu suatu saat nanti. Jika menggunakan on screen keyboard, saya pastikan akan aman untuk digunaka karena ini fitur bawaan dari windows nya.

Mungkin menggunakan on screen keyboard akan sedikit memperlambat kerja kamu dalam mengetik karena untuk menekan tombol keyboard yang rusak digantikan dengan menekan keyboard yang muncul di layar laptop kamu. Agar lebih paham, coba ikuti cara mengatasi keyboard yang rusak menggunakan on screen keyboard berikut ini:


On Screen Keyboard Melalui Control Panel


1. Buka Start kemudian pilih control panel.

cara membuka on screen keyboard di windows 7

2. Pilih ease of access. Selanjutnya tekan ease of access center. Terakhir tekan start on-screen keyboard.

cara mengatasi keyboard rusak

3. Sekarang Screen keyboard telah muncul.

solusi keyboard rusak sebagian



On Screen Keyboard melalui Windows Run


1. Buka start, kemudian ketik "Run" pada search program and file. Selanjutnya jalankan Run tersebut.
2. Ketikan "osk" dan tekan OK.

memperbaiki keyboard rusak menggnakan on screen keyboard

3. Maka Screen keyboard sudah muncul.

Cara cepat: Tekan Winkey+R pada keyboard -> ketikan "osk" -> Ok

Itulah penyebab dan cara mengatasi keyboard rusak tanpa membeli baru, jika bermanfaat jangan lupa share keteman dan media sosial kamu agar mereka juga bisa mengetahui penyebab keyboard rusak dan tahu cara mengatasi nya tanpa membeli keyboard baru. Berkomentar juga jika kamu masih mengalami masalah seputar keyboard rusak atau kamu mempunyai saran lain untuk mengatasi keyboard yang rusak tanpa membeli keyboard baru.
Penyebab dan Solusi Keyboard Rusak pada Laptop Tanpa Beli Baru Penyebab dan Solusi Keyboard Rusak pada Laptop Tanpa Beli Baru Reviewed by Robby Jungjunan on Juli 23, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.