Cara Tes Kualitas Earphone Sebelum di Beli

Selain kita melakukan pemeriksaan pada fisik sebuah earphone atau headset, senantiasa juga harus memeriksa pada kualitas earphone yang akan kita beli. Kebutuhan earphone dan headset saat ini semakin meningkat diantaranya untuk kebutuhan musik, film, gaming, editing video dan lainnya.

Banyak sekali jenis earphone dan headset yang ada dipasaran sehingga sulit sekali untuk mengetahui kualitas dari earphone yang akan kita sebeli jika kita tidak memeriksanya terlebih dahulu. Masih sekali banyak orang yang bingung untuk cek kualitas dari earphone nya dan senantiasa mereka hanya mencoba ketika dirumah dan saat akan digunakan saja.

cara tes earphone sebelum di beli

Mungkin masih beruntung jika penjual memberi kesempatan untuk menukarkan barangnya jika kurang cocok atau bermasalah tapi ketika barang tidak bisa ditukar? penyesalan selalu datang diakhir. Untuk itu, jika diijinkan penjual untuk tes earphone terlebih dahulu, silahkan kamu cek aerphone nya dengan kriteria atau penilaian sebagai berikut:

Cara Memeriksa kualitas Earphone Sebelum di Beli


1. Test Right - Left Audio
Untuk memastikan bahwa earphone bagian kanan dan kiri berfungsi dengan baik, kamu harus mencobanya untuk test audio left-right nya. Kamu bisa memeriksanya dengan mengunjungi youtube dan menuliskan keyword "test audio left-right". Test ini juga bisa kamu pakai apabila earphone yang kamu punya tidak ada indikator untuk telinga kanan atau kirinya.

2. Test Bass Audio
Selalu perhatikan juga kualitas bass dari earphone yang akan kita beli yang nantinya akan menentukan kepuasan kita saat menggunakannya. Kualitas bass bisa kita atur sesuai kebutuhan seperti musik yang sering didengar atau film yang sering di tonton, jika kamu memiliki budget yang cukup besar, kamu bisa memilih earphone yang berkualitas sesuai kecocokan dengan telinga kamu.

Inti dari tes bass ini untuk memastikan bahwa bass berfungsi dengan baik, jika kualitas bass ingin seperti yang kamu harapkan harus disesuaikan juga dengan budget yang kamu miliki. Seperti yang kita tahu bahwa harga sangat berkaitan erat dengan kualitas earphone yang akan kita beli.

3. Test 8D Audio
8D audio adalah sebuah manipulasi audio untuk menentukan sumber suara dan seperti bermain-main dikepala. Misalkan dalam sebuah game PUBG dengan kualitas 8D yang baik, kita bisa memastikan musuh ada di depan, kanan, kiri atau belakang. Kita seperti diberikan sebuah fantasi bahwa audio tersebut berada di sekitar kita dan kita bisa tahu sumber suara tersebut. Untuk lebih lengkap tentang 8D audio, kamu bisa langsung cek ke google langsung.

Biasanya beberapa eraphone yang pernah saya pakai, 8D audio ini sering tidak berjalan dengan lancar atau bahkan tidak berfungsi sama sekali. Kamu bisa mencoba cek 8D audio terlebih dahulu untuk memastikan bahwa 8D audi dari earphone yang akan kamu bei berfungsi dengan baik dan berjalan secara smooth dan lancar.

4. Tes Tombol yang ada di Earphone
Beberapa jenis earphone memiliki tombol-tombol khusus/pintasan untuk menggantikan fungsi dari perangkat yang terhubung, seperti tombol pause, volume up/down, tombol panggilan dan lainnya. Kita bisa lihat tombol-tombol yang ada bisa digunakan untuk apa saja. Untuk earphone jaman sekarang tombol biasanya hanya ada satu namun memiliki banyak fungsi seperti tekan 1 kali untuk pause, tekan 2 kali untuk previous, dan lainnya.

Kamu bisa memeriksanya untuk memastikan apakah semua fungsi yang tercantum pada box earphone itu sesuai dan berfungsi dengan baik.

Itulah cara cek kualitas headset dan earphone, jika bermanfaat silahkan share keteman dan media sosial kamu agar mereka juga bisa membeli earphone dengan baik. Berkomentar juga jika kamu memiliki penilaian lain ketika membeli earphone.

0 Komentar