5 Kebiasaan Yang Sering Dilakukan Menjelang Bulan Ramadhan - Robby Jungjunan

5 Kebiasaan Yang Sering Dilakukan Menjelang Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan sudah sangat dekat, banyak orang-orang yang sudah mempersiapkannya dengan baik untuk menyambut bulan ramadhan yang penuh berkah ini. Bulan ramadhan menjadi bulan yang paling istimewa dan selalu ditunggu-tunggu oleh umat islam diseluruh dunia.

Banyak kegiatan dan sesuatu hal yang selalu di rindukan dalam bulan ramadhan seperti sahur, buka puasa/bukber, tarawih, pesantren kilat, ngabuburit dan lainnya. Tidak hanya pada saat bulan ramadhan saja, biasanya orang-orang memiliki kebiasaan yang sering dilakukan menjelang bulan ramadhan.

1. Berziarah kubur

kebiasaan menjelang ramadhan

Tidak heran jika saat menjelang ramadhan pemakaman selalu ramai karena mereka juga berziarah ke makam keluarganya. Sebenarnya tidak ada dalil juga yang menegaskan untuk melakukan ziarah sebelum ramadhan tiba. Namun tidak masalah juga untuk dilakukan untuk mendoakan orang yang sudah meninggal dan agar mengingatkan kita akan kematian.

2.  Munggahan

hal yang sering dilakukan menjelang ramadhan

Munggahan memiliki arti melakukan kegiatan untuk menyambut sebuah momen istimewa seperti bulan ramadhan. Biasanya para keluarga melakukan munggahan dengan memasak masakan yang tidak biasa disajikan setiap hari di meja makan keluarganya. Munggahan biasa dilakukan 1 hari sebelum ramadhan tiba.

3. Diskusi buat buka bersama

tradisi sebelum ramadhan datang

Buka bersama menjadi momen quality time untuk bisa kumpul bersama keluarga dan teman-teman lama kita. Biasanya ketika mendekati bulan ramadhan teman-teman kita mulai mengawali diskusi untuk bukber mulai dari tempat, waktu dan biayanya. Tidak hanya teman sekelas biasanya temen angkatan pun sering lebih dulu merencanakan acara bukber bahkan sebelum memasuki bulan ramadhan pun sudah ada undangan dan tiket untuk bukber.

4. Potong Rambut

kebiasaan yang sering dilakukan menjelang bulan ramadhan

Untuk membuat penampilan lebih segar dan bersemangat menyambut dan menjalani ibadah di bulan ramadhan biasanya para pria potong rambut sebelum bulan puasa datang. Bayangkan aja jika saat ramadhan rambut kita masih gondrong, akan terlihat kucel tapi jika kamu tata dengan rapi walaupun gondrong tetap terlihat bersih dan segar. Biasanya tradisi potong rambut ini kebanyakn dilakukan oleh para pria saja.

5. Menyediakan stok sirup Marjan untuk berbuka

tanda datangnya bulan ramadhan

Sudah menjadi kebiasaan para mama menyediakan sirup marjan untuk menu berbuka puasa, baik dikombinasikan dengan sop buah atau lainnya. Walaupun banyak merk sirup marjan namun yang paling identik dengan bulan ramadhan ya sirup marjan.

Itulah kebiasaan menjelang bulan ramadhan yang sering dilakukan orang Indonesia. Share keteman dan media sosial kamu agar mereka tahu kebiasaan-kebiasaan sebelum bulan ramadhan. Berkomentar juga jika didaerah kalian ada kebiasaan-kebiasaan lainnya dalam menjelang bulan ramadhan.


5 Kebiasaan Yang Sering Dilakukan Menjelang Bulan Ramadhan 5 Kebiasaan Yang Sering Dilakukan Menjelang Bulan Ramadhan Reviewed by Robby Jungjunan on Mei 04, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.