Pembentukan Karakter Dimulai Ketika Anak Usia Dini

Anak adalah investasi bangsa, dimana perkembangan dan pertumbuhannya secara tidak langsung akan mempengaruhi terhadap perkembangan Indonesia di masa depan. Pembentukan karakter anak bisa dibentuk sejak usia dini.

Peran keluarga menjadi poin penting dalam masa pertumbuhan anak di usia dini. Didikan yang diberikan orang tua semasa kecil akan menjadi modal awal anak dimasa depan nanti. Senantiasa orang tua harus berada di barisan pertama ketika anak sudah mulai bertumbuh dan berkembang.

Perkembangan dan pertumbuhan anak di pengaruhi oleh banyak faktor, seperti role model yang mereka ikuti (orang tua), faktor lingkungan bermain anak, faktor pendidikan anak di rumah dan sekolah, bahkan faktor emosional anak pun mempengaruhi dalam pembentukan karakter anak nantinya. 


Faktor yang Memengaruhi 

Perkembangan Anak Usia Dini




1. Orang Tua sebagai Role Model Anak

Ketika anak dalam masa pertumbuhan, anak senantiasa belajar hal-hal baru dari apa yang mereka lihat termasuk apa yang dilakukan oleh orang tuanya. Orang tua senantiasa harus memberikan contoh yang positif kepada anaknya. 

Walaupun orang tua tidak menjelaskan apa yang mereka lakukan tapi anak nantinya akan membuat kesimpulan sendiri yang ditakutkan akan menangkap hal-hal buruk yang orang tua lakukan termasuk prilaku, berbicara kasar dan berbicara bernada tinggi.


2. Lingkungan Bermain 

Ada kalanya anak harus mengeksplor alam terbuka untuk mencari hal-hal baru dalam hidupnya, lingkungan bermain anak menjadi poin penting yang harus dijaga orang tua agar anak kita tidak mendapatkan efek buruk dari pergaulan diluar rumah. 

Orang tua harus berperan aktif terhadap pergaulan anak diluar rumah karena orang tua sendiri lah yang sebenarnya menciptakan lingkungan sebagai wadah anak untuk mengeksplor dirinya. 
lingkungan yang  diarahkan oleh orang tua harus memiliki suasana dan keadaan sosial yang positif
.

3. Emosional Anak

Anak sejak mulai lahir emosionalnya sudah terlihat seperti kebahagiaan, sedih, takut dan marah. Setelah anak sudah mulai bertumbuh dan berkembang akan memicu perubahan emosi dalam dirinya dengan dibarengi solusi menanganinya versi dirinya sendiri.

Orang tua harus bisa mengontrol dan mengelola emosional anak sejak usia dini agar anak tidak menjadi sosok yang pemarah, pemurung, pedendam dan lainnya.

Tidak hanya anak saja yang harus dibentuk emosionalnya tapi orang tua pun harus bisa mengendalikan emosi nya ketika berada di depan anak.

Orang tua juga harus tahu bagaimana mengendalikan dan mengelola emosi anak usia dini seperti tidak banyak menuntut, tidak mudah marah, tidak overprotective terhadap anak.

ketika orang tua mudah marah, anak akan menangkap bahwa itu sesuatu hal yang wajar sehingga ketika dia terpancing emosionalnya, anak akan meyelesaikannya dengan cara marah dan tidak jarang pula kita temui anak yang sering marah-marah kepada orang tuanya karena perbedaan pendapat atau sesuatu yang dilarang oleh orang tuanya.

"Menurut beberapa penelitian menyatakan bahwa kecerdasan intelektual (IQ) hanya berkontribusi sebesar 20% saja bagi keberhasilan seseorang, sedangkan 80% lagi dipengaruhi oleh kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ)." -Jurnal PAUD Agapedia, Vol.1 No. 2 Desember 2017, page 219.



4. Pendidikan di rumah dan sekolah


Bisa dikatakan orang tua adalah guru privat untuk anak. Pendidikan tidak hanya bertumpu pada bagaimana mengajari anak membaca, menulis, mengenalkan buah-buahan, sayuran, anggota tubuh dan lainnya. Tapi orang tua juga harus mengajarkan pendidikan karakter sejak anak usia dini.

Pendidikan karakter bisa meliputi kecintaan pada Tuhan, kejujuran, bertanggung jawab, disiplin, mandiri, amanah, santun, saling toleransi, saling menghargai, percaya diri, kreatif, pantang menyerah, keadilan, kepedulian, kasih sayang, jiwa kepemimpinan, baik hati dan cinta damai.

Orang tua tidak hanya memberikan asupan pendidikan di rumah dan didalam keluarga saja, tapi ketika anak sudah berumur ideal yaitu 3 tahun, orang tua lebih baik mendorong anaknya untuk mulai merasakan dan memasuki suasana belajar melalui jenjang pra-pendidikan dasar seperti PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini).




INFORMASI PENTING:
PAUD dan Dikmas, Kemendikbud. "Dengan telah diterbitkannya Peraturan Pemerintah Nomor 2 Tahun 2019, tentang Standar Pelayanan Minimal bagi Layanan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), maka PAUD menjadi salah satu layanan pendidikan yang wajib diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah," ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhajir Effendy saat Sosialisasi dan Harmonisasi Bunda PAUD 2019. Selasa(2/4)
Dengan ditetapkannya Peraturan Pemerintah Nomor 2 Tahun 2019, merupakan penguatan terhadap Peraturan Presiden Nomor 59 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, pada Tujuan 4.2, yang mengamanatkan penyediaan akses bagi anak laki-laki dan perempuan terhadap Pendidikan anak usia dini yang berkualitas, inklusif, dan berkesetaraan dalam rangka mendukung pendidikan sepanjang hayat.
(Source: https://www.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/berita/9259.html)


Orang tua juga harus selektif dalam memilih PAUD untuk anaknya, tidak boleh asal dimasukkan kemana saja. Guru yang berkompeten, PAUD yang berkualitas, lingkungan yang positif, Tempatnya yang nyaman, ada interaksi antara guru dan orang tua adalah kriteria yang paling ideal.

Dari semua kriteria diatas, Apple Tree Pre-School BSD adalah tempat yang cocok bagi orang tua  memasukkan anaknya untuk membantu memberikan pendidikan berstandar tinggi kepada anak yang berlokasi di:

3rd & 7th Floor of EduCenter Building
Kav. Commercial International School II No.8
BSD City, Lengkong Kulon, Pagedangan,
Tangerang, Banten 15322




Percayakan Pendidikan Anak Usia Dini 
Kepada AppleTreeBSD


“Saya tekankan bahwa PAUD adalah pertama sekali merupakan tanggung jawab keluarga. Jadi jangan sampai ketika dibangun PAUD-PAUD, keluarga-keluarga merasa bebas karena PAUD ini hanya untuk menopang fungsi peranan keluarga. Oleh karena itu, sebenarnya pendidikan terhadap orang tua di PAUD itu sangat penting. Kalau bisa 10 persen pertemuan di PAUD untuk orang tua dari siswa yang belajar di PAUD agar mereka bisa merawat dan menanamkan nilai kepada anaknya ketika anak berada di lingkungan keluarga sehari-hari,” demikian disampaikan Menteri Pendidikan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy, saat membuka Dialog Kebijakan PAUD dan Pendidikan Keluarga, di Bandung, Jawa Barat (7/12/2018).
(Source: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2018/12/mendikbud-paud-dan-pendidikan-keluarga-makin-penting-di-era-teknologi)

AppleTreeBSD akan membantu perkembangan dan pertumbuhan anak anda di usia dini agar menjadi sosok yang berkarakter, cerdas, berwawasan luas, bersosial tinggi dengan memfasilitasi dan mengasuh anak anda dengan pendidikan berstandar tinggi.

Peran keluarga sangat penting dalam menunjang pendidikan anak usia dini. Oleh karena itu, AppleTreeBSD memberikan fasilitas juga untuk orang tua dan pengasuh dengan pengetahuan dalam memberikan anak-anak pendidikan.

Kelas di Apple Tree BSD dilakukan dalam bahasa inggris dan mandarin sehingga ini menjadi kelebihan bagi si anak agar dia bisa menguasai banyak bahasa . Terutama bahasa inggris yang akan menjadi modal awal anak di masa depan.

Menciptakan sistem belajar yang menyenangkan bagi anak usia dini adalah langkah yang tepat agar anak tidak merasa stress dan tertekan. Oleh karena itu, Apple Tree BSD mengusung konsep :Learning & Fun. Tidak hanya itu, Apple Tree BSD memberikan fasilitas lainnya seperti Healthy Meal, Friendly place, dan Safety Children.

Mungkin orang tua yang membaca ini penasaran umur berapa anak bisa dimasukkan/didaftarkan ke Apple Tree BSD?
Apple Tree BSD melayani Anak-anak berusia 1.5-6 Tahun.


Sehingga ketika anak akan memasuki dunia pendidikan dasar, anak akan memiliki kesiapan matang yang dibarengi kualitas anak yang sangat mempuni.

Our Features:

  • Mengadopsi Kurikulum Singapura
  • Pelaporan komprehensif tentang kemajuan & pencapaian individu
  • Kunjungan lapangan pendidikan dan acara sekolah
  • Metode Pusat Pembelajaran
  • Fasilitas indoor dan outdoor yang bagus
  • Guru yang profesional, bersemangat, dan penuh perhatian
  • Lingkungan belajar yang positif dan menyenangkan untuk anak Anda

Our Curriculum:

  • English
  • Mathematics
  • Chinese
  • Creativity
  • Social Studies
  • Science

  • Bahasa
  • Moral
  • Music
  • Physical Education
  • Phonics
Segeralah mendaftarkan anak Anda ke Apple Tree BSD. Untuk informasi selengkapnya bisa kunjungi website appletreebsd.com/  . Mari ciptakan anak menjadi penerus bangsa yang memilki kualitas tinggi dengan jiwa yang berkarakter positif. #appletreebsd

1 Komentar

  1. Good article👍👍
    Berdasarkan pngalaman saya, saya setuju memang karakter anak itu akan kuat kalau ditanam dr sejak dini. Terutama peran orang tua, jadi saya kurang setuju kalau orang tua dua duanya karir.

    BalasHapus