Tips Mengurangi Penggunaan Smartphone Pada Anak

Anak menjadi salah satu korban dari kemajuan teknologi dimana lebih rentan untuk terkena penyakit kecanduan dari gadget terutama smartphone. Ini terjadi karena pengawasan orang tua yang kurang terhadap anak, para orang tua menganggap bahwa anak akan tenang jika diberikan sebuah smartphone dan orang tua juga berpikir bahwa lebih baik anak bermain smartphone seharian daripada terkena pergaulan negatif diluar rumah.

Padahal tidak selamanya pikiran tersebut benar, ada kalanya anak yang kecanduan smartphone manjadikannya sosok yang minim prestasi, tidak bisa mengolah kemampuan dirinya, dan membuat nilai akademik menurun. Justru anak yang sering bersosial di luar rumah memiliki personal branding yang lebih daripada anak rumahan. Personal branding ini akan berdampak juga pada kepercayaan nantinya saat anak berorganisasi atau saat menjadi dewasa dan bergelut di dunia bisnis.

menghentikan anak kecanduan smartphone

Seperti yang kita tahu kekhawatiran orang tua jika membiarkan anak bermain di luar rumah, mereka takut jika anak nya menjadi sosok yang terpengaruh oleh kenakalan remaja. Padahal prilaku dan kebiasaan anak diluar rumah dicerminkan bagaimana pendidikan orang tua di rumah.  Justru jika anak sudah terindikasi kecanduan smartphone, lebih baik orang tua mengarahkan agar si anak bisa mengurangi penggunaan smartphone setap harinya walaupun secara bertahap.

1. Berikan batasan waktu pada anak

Hal yang paling utama untuk orang tua agar mencegah anaknya semakin kecanduan smartphone/gadget, berikan batasan waktu pada anak agar anak menjadi terbiasa dan bersikap disiplin terhadap apa yang diperintahkan orang tuanya. Kamu sebagai orang tua bisa memberikan 1-3 jam perhari untuk bermain gadget. Ini agar anak menjadi terbiasa dan tidak menyebabkan kerusakan pada tubuh dan kesehatannya akibat seringnya berlama-lama didepan layar gadget terutama pada kerusakan indera penglihatan.

Baca Juga: Menyikapi Pengaruh Media Sosial di Masyarakat

2. Jangan terlalu sering bermain gadget di depan anak

Anak selalu meniru apa yang dilakukan orang tua nya didepan mereka. Ketika anak sudah mulai kecanduan tapi orang tua masih sering bermain gadget depan anak, ini seperti memberi contoh bahwa orang tuanya saja main gadget masa anaknya nggak. Sehingga ketika orang tua membatasi atau melarang untuk bermain gadget terlalu sering, maka anak akan menolak dan senantiasa berusaha agar bisa bermain gadget teru-menerus. Oleh karena itu, sebelum mengurangi penggunaan gadget pada anak, lebih baik orang tuanya dulu yang menghentikan bermain gadget didepan anak.

3. Alihkan perhatian anak pada gadget

Jangan biarkan suasana dalam rumah sepi tanpa obrolan apapun karena nantinya anak akan mencari kesibukan, ujung-ujungnya akan mengambil gadget dan memainkannya. Cobalah orang tua senantiasa untuk membuat suasana rumah menjadi ramai sehingga anak merasa tidak kesepian dan tidak mencari pelarian dari kesepian tadi. Peran orang tua sangat penting dalam membantu anak untuk mengurangi penggunaan smartphone pada anak.

4. Jika anak terus  merengek, arahkan agar anak bisa mengasah kreativitas dengan gadget yang dimilikinya.

Jangan terlalu memaksakan anak untuk berhenti bermain game, jika anak terus menolak untuk mengurangi penggunaan gadgetnya. Jangan dimarahi, biarkan saja anak bermain dengan gadgetnya asalkan diawasi dan diarahkan agar anak anda bisa mengasah kemampuan dan bersikap kreatif terhadap gadget yang dimilikinya. Sehingga gadget tidak menjadi penyakit bagi anak dan tidak menjadi hantu bagi orang tua.

5. Perbanyak quality time bersama anak

Tujuan dari quality time adalah untuk memperbanyak kegiatan si anak sehingga pikirannya tidak selalu kearah gadget terus dan pastikan ketika sedang quality time baik di dalam rumah maupun diluar rumah, untuk tidak memegang gadget siapapun itu baik orang tuanya dan anak. Perhatian dari orang tua sangat dipenting bagi anak karena sebagian besar anak yang kecanduan bermain gadget adalah orang-orang yang selalu kesepian dan kurangnya kasih sayang dari orang tuanya.

Itulah 5 tips mengurangi penggunaan gadget pada anak, semoga bermanfaat bagi kamu yang sedang berusaha agar anak anda tidak menjadi pecandu yang bisa merusak kesehatan dan daya tubuh anak. berkomentar juga jika kamu memliki tips lain untuk menghentikan anak dalam kecanduan smartphone.
Tips Mengurangi Penggunaan Smartphone Pada Anak Tips Mengurangi Penggunaan Smartphone Pada Anak Reviewed by Robby Jungjunan on Februari 13, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.