7 Cara Hemat Untuk Anak Kos

Seperti yang kita tahu bahwa anak kos itu identik dengan penderitaan, kesederhanaan, dan mandiri. Namun terkadang anak kos tidak bisa menjaga dirinya dari yang namanya boros. Efek samping dari boros bagi anak kos adalah kemelaratan menjelang akhir bulan. Tidak mau dong klo kamu harus habis uang masih di tanggal muda?. Maka dari itu solusi untuk bisa bertahan hidup selama sebulan adalah pandai-pandai berhemat.

tips hemat anak kosan

Banyak faktor yang menyebabkan anak kos menjadi boros, diantaranya adalah gaya hidup yang mewah, terlalu banyak nongkrong atau hangout bersama temen yang harus mengeluarkan uang yang banyak, dan lainnya. Kesalahan dalam memanajemen uang perbulan adalah hal yang sering dilakukan oleh mahasiswa (Anak kos) terutama para maba.

1. Catat rincian belanja bulanan

Selalu buat catatan tentang belanja bulanan, hal apa aja yang kamu butuhkan selama berada di kosan. Membuat catatan ini dimaksudkan agar ketika kamu belanja baik di minimarket maupun di supermarket, kamu tidak mudah untuk tergiur belanja al-hal lain yang sebenarnya tidak penting-penting amat.

Diusahakan juga untuk belanja bulanan sekaligus daripada harus mencicil karena nantinya tanpa di duga-duga biaya bulanan kamu akan membengkak karena kamu merasa belanjanya sedikit dan ada godaan untuk menambah keranjang belanja kamu. Yakin itu.

2. Atur menu makan untuk hari ini

Sebelum memulai aktifitas hari ini, rencanakan terlebih dahulu kamu akan makan apa hari ini. Setelah itu, kamu siapkan budget untuk makannya. Pastikan juga untuk menyiapkan budget tidak terlalu tinggi jika uang bulanan kamu memang kecil. Kamu bisa  beli roti tawar ( isi 10 ) + selai/susu untuk dimakan pagi hari ( 5roti ) dan 5 roti lagi untuk makan malam. Untuk makan siangnya kamu bisa makan di warung atau tempat makan anak mahasiswa, biasanya didekat kampus harga untuk makan selalu memiliki harga yang murah.

Kamu bisa makan siang dengan budget 15rb. Jadi bisa kita totalkan bahwa harga roti 15rb ( sudah termasuk selai/susu/kopi) dan makan siang 15rb. Kamu sehari hanya menghabiskan uang sebesar 25rb. Jika ada uang lebih, bisa kamu tabung jika suatu saat ada kebutuhan yang mendadak.

3. Jangan malu untuk membawa air minum dari kosan ke kampus

Biaya untuk minum jika kamu membelinya di warung bisa mengikis uang jatah kamu perharinya, tentu ini sebuah pemborosan karena misalkan harga sebuah air mineral adalah 4000, sedangkan kamu berada diluar kosan misalkan selama 10 jam dan air mineral itu tidak akan cukup untuk diminum seharian, setidaknya kamu membutuhkan 2 kali pembelian air mineral. Jika 1 hari 8000 (2 botol air mineral), maka untuk sebulan adalah 30x8000 = 240000.

Biaya segitu bisa kamu gunakan untuk kebutuhan lainnya karena hal ini bisa diminimalisir dengan membawa air minum sendiri. Biasanya sebuah kampus selalu menyediakan keran minum untuk mahasiswanya, tentu bagi kamu yang membawa botol mium sendiri ketika habis bisa mengisinya lagi di keran minum yang ada di kampus.

4. Hindari kegiatan pemborosan

Jika kamu mempunyai uang bulanan yang pas-pasan, pastikan untuk selalu menghindari kegiatan yang kurang penting di luar kegiatan kampus. Jangan terlalu banyak nongkrong di cafe, dan tempat lainnya. Jika memang pengen banget buat nongkrong, cari tempat yang bisa kamu beli dengan sisa uang jajang kamu hari ini. Jangan kamu ganggu uang harian kamu untuk keesokan harinya karena nantinya akan merembet terus ke hari-hari berikutnya.

5. Belajar menabung jika ada uang lebih

Hal yang paling sulit bagi para pelajar dan mahasiswa adalah menabung. Banyak orang yang kewalahan karena tidak bisa menahan godaan sehingga jika ada uang lebih mereka senantiasa memiliki hasrat untuk membeli sesuatu. Suatu saat kita dalam keadaan darurat, kita tidak memiliki simpanan yang cukup.

Tak perlu menabung yang banyak, cukup 5rb saja perhari untuk menabung. Misalkan sebulan kamu akan mendapatkan 30x5000 = 150ribu. Dan jika kamu menabung selama 6 bulan sudah bisa mendapatkan 6x150000 = 900ribu. Dan jika kamu menabung 1 tahun 2x900000 = 1.8juta. Ada istilah "Sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit".

6. Kurangi budget internet perbulannya

Internet seringkali habis dengan cepat karena penggunaan kita yang berlebihan, jika sebulan kita harus menghabiskan 200ribu untuk internet saja maka ini sangat mengikis uang jajan kita setiap harinya. Jika kosan kamu menyediakan wifi, cobalah kamu membeli data internet hanya untuk ketika kamu berada diluar kosan saja.

Intinya sebisa mungkin gunakan fasilitas wifi di kosan atau kampus untuk mengurangi pengeluaran untuk internet setiap bulannya. Klo kamu gengsi buat nge wifi terus, belilah paket internet yang murah dan kecepatannya tidak terlalu tinggi. Semakin kamu membeli internet yang memiliki jaringan yang tinggi, semakin besar juga hasrat kamu untuk terus menggunakannya. Tentu ini akan mengganggu produktifitas kamu setiap harinya.

7. Jalani aja dulu

Ada istilah " the power of kepepet" itu memang sering terjadi dimana pikiran manusia lebih kreatif dan berpikir cepat untuk mengetahui bagaimana caranya bertahan hidup. Alam sadar kita akan memanfaatkan yang ada dan berpikir bagaimana dengan keadaan seperti ini bisa bertahan sampai nanti tanggal muda datang misalnya.

Itulah cara hemat anak kos, bagi kamu anak kosan selalu foya-foya dan sekarang lagi cari informasi buat belajar hemat, udahlah tobat aja jangan coba-coba lagi untuk gaya hidup yang hedon jika uang mu cuman pas-pasan. Sayangi orang tuamu dan belajarlah bersyukur apa yang ada sekarang. Jika bermanfaat silahkan share keteman dan media sosial kamu. Berkomentar juga jika kamu punya tips lain cara hemat anak kosan.

0 Komentar