Rabu, 05 Desember 2018

4 Tips Memilih Kosan Terbaik Untuk Para Mahasiswa

Salah satu tempat tinggal bagi para mahasiswa yang kuliah diluar kota adalah kosan. Memilih kosan yang benar akan berdampak baik nantinya untuk proses perkuliahan kamu. Mencari kost itu gampang-gampang susah, apalagi jika sedang musim mahasiswa baru. Banyak para mahasiswa yang mengincar kosan yang berada didekat kampus agar memudahkan mereka untuk berkuliah tanpa harus mengeluarkan uang yang banyak untuk transportasinya.

cara memilih kosan untuk mahasiswa

Memilih kosan yang benar bisa menentukan kesuksesan kamu dalam menimba ilmu di masa perkuliahan. Dengan lingkungan kosan yang baik, mungkin saja kamu akan lebih mudah untuk melangkahkan kaki beribadah ke mesjid. Selama memasuki masa perkuliahan harap diingat jangan sampai terbawa arus prilaku penyimpangan karena disana kamu tidak selamanya selalu diawasi oleh orang tua.

Cara Mencari Kosan Untuk Mahasiswa



1. Budget
Sebelum mencari kosan, kamu tentukan terlebih dahulu range budget yang akan kamu keluarkan, misalnya di angka 500rb-1juta perbulan atau kamu ingin sewa kosan 6juta-10juta untuk satu tahun.  Setelah itu, baru kita mencari dan survey di berbagai tempat kosan yang memiliki fasilitas yang banyak dengan harga yang murah. Biasanya dengan range harga 500ribu-ijuta perbulan kamu bisa mendapatkan fasilitas kamar mandi didalam saja. Mungkin dengan harga segitu bisa mendapatkan fasilitas lebih banyak lagi.

2. Tentukan jumlah penghuninya
Apakah anda ingin satu kost dengan teman-teman kamu, biaya akan lebih murah karena harga kosan akan dibagi-bagi sesuai jumlah teman-teman kamu. Atau bahkan kamu ingin mencari kosan untuk diri sendiri. Yang pasti jika kamu ingin satu kosan berdua atau bertiga, kamu harus mencari kosan yang agak besaran dikit atau menyewa rumah saja untuk 1 tahun. Tapi jika untuk sendiri mending pilih ruangan yang memang cukup untuk tempat lemari, tempat belajar dan untuk tempat tidur saja.

3. Lokasi kosan dengan kampus
Pastikan sebelum memutuskan untuk fix menyewa kosan, pikirkan apakah kosan tersebut jauh dari kampus atau dekat. Jika jauh kamu harus memikirkan juga untuk biaya tranportasi untuk bensin atau naik transportasi online dan ini berdampak pada penambahan budget harian kamu nantinya. Biasanya harga kosan yang dekat kampus lebih mahal dari kosan lainnya.

4. Pertimbangkan lingkungan kosan
Lingkungan kosan sangat mempengaruhi dalam proses perkuliahan dan karakter kepribadian kamu nantinya. Pilihlah kosan yang memang lingkungan atau perumahan tersebut isinya mahasiswa semuanya. Pilih juga kosan yang pemiliknya selalu memantau atau menjaga kosan tersebut karena keamanan dan kenyamanan harus menjadi pilihan pertama untuk memilih kosan. Pastikan juga lokasi tempat makan, mesjid, tempat fotocopy, laundry dan lainnya agar akses untuk kesana tidak terlalu jauh.

Itulah tips cari kosan untuk mahasiswa baru, semoga kamu bisa benar-benar memilih kosan yang terbaik yang tentunya menjamin kenyamanan dan keamanannya. Silahkan share keteman dan media sosial kamu agar mereka juga tahu cara memilih kosan yang tepat. Berkomentar juga jika ada hal yang ingin ditanyakan seputar kosan untuk para mahasiswa.


EmoticonEmoticon