5 Tips Membuat CV Lamaran Pekerjaan Agar Dilirik Oleh Perusahaan - Robby Jungjunan

5 Tips Membuat CV Lamaran Pekerjaan Agar Dilirik Oleh Perusahaan

Tips membuat CV untuk melamar pekerjaan seringkali dibutuhkan bagi para pelamar agar CV yang mereka buat bisa menarik Perusahaan yang kita apply agar bisa melanjutkan tes ketahap selanjutnya. Namun seringkali masih banyak orang yang membuat CV secara asal-asalan sehingga mereka kesulitan untuk bisa bekerja. CV yang asal-asalan akan membuat sebuah gambaran bahwa kita tidak bersungguh-sungguh untuk masuk ke perusahan tersebut berarti CV yang kita buat bisa menggambarkan kepribadian kita.

membuat cv lamaran pekerjaan

Beberapa hal yang memang harus kita perhatikan dalam pembuatan CV lamaran pekerjaan, hal ini dimaksudkan agar kamu menjadi salah satu orang dari sekian banyaknya pelamar yang membuat CV paling menarik sehingga perusahaan akan mulai penasaran untuk mengetahui siapa diri kamu.

Bagi kamu yang ingin mendapatkan CV dengan desain yang bagus, sudah kami sediakan berbagai desain untuk anda. Kamu bisa mendownloadnya disini : Download CV Template

Tips Membuat CV 



1. Hindari membuat CV yang berlebihan
Semua orang tidak suka terhadap orang yang berlebihan, begitupun bagi perusahaan karena nantinya karakter berlebihan ini akan berdampak buruk bagi perusahaan kedepannya. CV yang berlebihan itu seperti terlalu banyak informasi yang dimasukkan yang sebenarnya tidak terlalu penting untuk dimasukkan. Jangan membuat CV seperti halnya poster, atau infografis. Beberapa orang malah memasukkan data kedalam CV nya seperti hobby, motto hidup, visi & misi, dll itu saya rasa terlalu berlebihan untuk dimasukkan kedalam CV lamaran pekerjaan.

2. Buatlah hal yang simple
Mulailah dari data yang dimasukkan, desainnya termasuk perpaduan warna dan lainnya buatlah sesimple mungkin namun mendetail. Jadi sesuatu hal yang penting untuk dimasukkan tersebut dirangkum menjadi sesuatu hal yang simple namun ngena makna dan tujuannya. Terkadang kita sering menemukan orang yang membuat CV dengan banyak warna dan jenis desain yang acak-acakan dan terlihat sangat tidak profesional bahkan sangat terlihat norak. Perusahaan akan tertarik jika kamu membuat CV yang sederhana namun dengan desain yang pas dan segala sesuatunya dibuat dengan sewajarnya namun memiliki nilai unik tersendiri.

3. CV dengan bahasa inggris lebih menarik
Kita tahu bahwa bahasa inggris adalah bahasa internasional dan kita tahu juga banyak perusahaan yang memiliki pasa internasional sehingga karyawannya diharapkan bisa berbahasa asing minimal bahasa inggris agar komunikasi dengan client dari luar negeri bisa nyambung dan memiliki relasi yang lebih baik dan lebih banyak lagi. Dalam menerapkan bahasa inggris dalam membuat CV lamaran kerja, bisa menjadi nilai plus bahwa kamu adalah orang yang menguasai bahasa inggris dan akan sangat dibutuhkan dalam perusahaan. Tapi jika kamu tidak mahir lebih baik tidak dipaksakan untuk menggunakan bahasa inggris dan nantinya kamu pasti akan ditanya soal kemampuan bahasa inggrismu, jika kamu tidak sesuai dengan CV yang kamu kirimkan, harapan untuk bisa masuk diperusahaan tersebut akan hilang.

4. Desain CV yang menarik
Selalu perhatikan mulai dari hal-hal kecil didalam CV yang akan kamu buat, mulai dari font yang tidak membuat perih dimata, perpaduan warna, posisi informasi kamu ditempatkan pada posisi yang pada tempatnya, dan lainnya. Desain CV itu bisa dimisalkan seperti ini, ketika kamu dihadapkan pada 2 pilihan antara perempuan berjilbab berkacamata dengan perempuan berjilbab tanpa kacamata, lalu salah satu perempuan tersebut sangat menarik perhatian kamu. Apakah kamu akan memilih orang yang menarik bagi kamu atau malah kamu memilih orang yang kamu anggap kurang menarik? Begitupun pada CV lamaran kerja. Hal yang harus diperhatikan adalah bagaimana kamu bisa menarik perhatian perusahaan dengan CV yang kamu kirim. Tapi perlu diingat isi dari CV lamaran kerja kamu harus sesuai dengan kenyatannya.

5. Hal yang minimal harus ada didalam CV
Beberapa informasi yang harus ada didalam sebuah CV lamaran kerja diantaranya Foto profile formal kamu, data diri (nama, tanggal lahir, alamat), kontak yang bisa dihubungi, pendidikan (masukkan juga tahun masuk dan tahun lulusnya), skill/keahlian kamu, prestasi atau penghargaan yang telah kamu raih, pengalaman kerja (jika ada) dan hal lainnya yang kamu anggap sangat penting untuk dimasukkan. Semakin banyak informasi/teks didalam CV, semakin kecil juga kemungkinan CV kamu akan dibaca. Jadi kamu harus membuat informasi diri kamu sesingkat mungkin namun hal pokoknya juga harus tercantum.

Bagi kamu yang ingin mendapatkan CV dengan desain yang bagus, sudah kami sediakan berbagai desain untuk anda. Kamu bisa mendownloadnya disini : Download CV Template

Itulah tips membuat CV, bagi kamu yang ingin membuat CV untuk melamar pekerjaan semoga artikel ini membantu kamu. Bagikan juga keteman dan media sosial kamu agar mereka juga bisa membuat CV yang menarik. Jika kamu ingin menambahkan mengenai tips membuat CV silahkan tulis dikolom komentar.
5 Tips Membuat CV Lamaran Pekerjaan Agar Dilirik Oleh Perusahaan 5 Tips Membuat CV Lamaran Pekerjaan Agar Dilirik Oleh Perusahaan Reviewed by Robby Jungjunan on Desember 24, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.