Sabtu, 01 Desember 2018

Cara Menghadapi Ulangan Tanpa Belajar yang Ekstra Keras

Ulangan adalah sebuah metode disekolah yang bertujuan untuk mengevaluasi terhadap materi yang sudah dipelajari kemarin-kemarin. Namun, seringkali ulangan ini menjadi hantu bagi para siswanya sehingga mereka selalu tidak siap untuk menghadapi yang namanya ulangan. Efeknya dari ketidaksiapan siswa membuat mereka lebih baik mencontek agar bisa mendapatkan nilai yang tinggi.

ulangan tanpa belajar

Beberapa faktor yang membuat siswa tidak siap dan tidak bisa mengerjakan soal ulangan, yaitu guru yang mengajar tidak disukai siswa, cara mengajar gurunya yang tidak bisa menyesuaikan dengan kemampuan siswanya, siswa yang malas, siswa yang tidak mau bertanya ketika tidak paham dan lainnya.

Bagi kamu yang besok senin ulangan mungkin akan kesulitan untuk bisa menguasai materi yang belum kamu pahami karena waktu yang sempit untuk mempelajarinya. Maka dari itu, saya akan memberikan tips menghadapi ulangan tanpa belajar ekstra.

Cara Mengahadapi Ulangan Tanpa Belajar


1. Pelajari kisi-kisi
Biasanya sebelum menjelang ulangan, guru selalu memberikan kita kisi-kisi mengenai materi soal yang akan muncul pada saat ulangan. Dengan begitu kamu akan belajar tidak terlalu banyak materi, cukup fokuskan saja pada materi yang menjadi kisi-kisinya.

2. Hanya mengulang pelajaran yang tidak dipahami saja
Bagi kamu yang mepet banget waktu belajarnya, lebih baik kamu belajar untuk materi yang benar-benar tidak kamu pahami saja. Ini untuk memaksimalkan pengetahuan dan lebih banyak materi yang bisa kamu kuasai nantinya.

3. Bertanya kepada teman yang pintar
Pasti dong ada temen kelas kamu yang pinter? coba kamu bertanya saja mengenai materi yang belum kamu pahami sebelum hari ulangan tiba. Tidak wajib untuk bertanya pada temen kamu yang ranking 1 karena biasanya mereka lebih pelit untuk berbagi. Temen yang kamu anggap bisa mengajarkan kamu tentang materinya, cobalah kamu minta untuk diajarkan oleh mereka.

4. Belajar kelompok
Biasanya belajar rame-rame lebih mudah untuk mencerna materi karena suasana yang santai dan bahasa menjelaskannya lebih nyambung dengan bahasa kita. Dengan belajar kelompok kita juga lebih berni untuk banyak bertanya ketika ada bagian yang belum dipahami dibandingkan harus bertanya kepada guru.

5. Jangan belajar dengan sks (sistem kebut semalam)
Kurang baik jika kamu belajar dengan sistem kebut semalam karena materi tidak akan bisa dimasukkan atau dipahami hanya dengan waktu 1 hari saja. Bukannya tambah pinter malah bakalan bikin kamu tambah pusing bahkan menjadi sakit. Solusinya kamu selalu cicil materi-materi yang akan diulangankan.

Itulah cara menghadapi ulangan tanpa belajar, bagi kamu yang merasa artikel ini bermanfaat silahkan share keteman dan media sosial kamu. Menghadapi ulangan yang baik adalah ketika kamu bisa mempersiapkan pada jauh-jauh hari. Berkomentar juga jika kamu punya tips lain untuk menghadapi ulangan tanpa belajar.


EmoticonEmoticon