Rabu, 28 November 2018

Tips Mudik Aman dan Nyaman Dengan Bus Untuk Terhindar Dari kejahatan

Bus menjadi transportasi umu yang banyak digunakan oleh masyarakat untuk bepergian baik liburan ataupun mudik. Tapi seringkali bus menjadi salah satu kesempatan bagi kejahatan untuk beraksi terutama pada saat liburan panjang atau liburan semester. Disaat banyaknya penumpang didalam bus pelaku kejahatan memanfaatkan ini mencuri barang yang ada di sekitaran kamu.

Saat liburan atau mudik yang dipikirkan tidak hanya packing baju, namun mudik aman dan nyaman pun harus dipersiapkan. Seringkali orang tidak berhati-hati sehingga saat menjadi korban kejahatan baru menyesali bahwa kamu tidak menyiapkan mudik yang aman dan nyaman bagi diri sendiri.

Berdasarkan pengalaman saya yang pernah di copet didlam bus ketika akan ujian masuk universitas. Kamu bisa baca ini: pengalaman dompet hilang di bus. Dari situlah saya akan membagikan kepada anda bagaimana cara membuat mudik anda menjadi aman dan nyaman.

tips mudik dengan bus
Source Picture : http://manado.tribunnews.com/2018/05/29/catat-waktu-dan-syaratnya-ini-jadwal-mudik-gratis-lebaran-2018-dari-bumn

Tips Liburan dan Mudik Aman dan Nyaman


1. Jangan tidur terlelap
Ini yang paling fatal jika terjadi saat kamu mudik atau liburan, usahakan untuk tidak tidur dalam keadaan yang sangat pulas. Paling tidak hanya menutup mata saja dan kamu masih bisa mendengar suara disekitar. Jika tidak kemungkinan kamu akan menjadi pusat perhatian para pelaku kejahatan untuk beraksi apalagi barang yang kamu bawa sangat mencolok. Walaupun kamu merasa jika ada orang yang mengambil barang kamu, kamu akan merasakannnya. Tapi, ini kamu berhubungan dengan kejahatan. Mungkin saja barang kamu akan dibawa secara perlahan-lahan sehingga kamu lengah. Oleh karena itu, jangan sampai kamu tidur terlelap di dalam bus.

2. Selalu nyalakan wifi, data internet dan aktifkan password pada hp anda
Handphone menjadi salah satu barang yang sering hilang ketika mudik dan liburan apalagi jika didalam bus, sangat rawan terjadi. Selalu nyalakan  wifi dan data internet yang bertujuan saat handphone anda hilang, maka kamu mudah untuk menemukan/melacaknya. Walaupun memang akan menguras batterai tapi untuk keselamatannya mengapa tidak dilakukan?. Selalu beri password juga pada hp kamu bukan hanya untuk menghindari pacar yang kepo, tapi untuk mempersulit para pelaku kejhatan untuk mengakses semua fitur yang ada di handphone kamu.

3. Selalu pisahkan surat-surat penting dengan uang kamu
Untuk sementara waktu ketika bepergian mudik dan liburan, lebih baik kamu simpan surat-surat penting berbeda tempat dengan uang kamu. Jika kamu menyimpan uang di dompet, lebih baik kamu surat-surat penting di tas kamu misalkan. Ini bertujuan ketika dompet kamu hilang, maka yang hilang hanyalah dompet dan uang kamu saja. Karena yang paling penting itu surat-suratnya. Bayangkan jika KTP, SIM, STNK, ATM dan lainnya hilang untuk urus-urusnya sangatlah memakan waktu yang sangat lama terutama pengurusan STNK.

Atau jika perlu kamu hanya menyimpan uang saja disaku untuk ongkos dan jaja didalam bus saja. Selebihnya uang dan surat-surat di dompet disimpan didalam tas yang selalu kamu bawa. Sehingga cara ini akan menjadi lebih aman dan terhindar dari kesempatan kejahatan.

4. Bawa tas menghadap kedepan
Jika kamu membawa tas, lebih baik di gendong didepan daripada dibelakang. Apalagi jika keadaan bus lebih padat, keadaan bus agak kosong saja saya bisa kecolongan dan bagaimana jika padat saat hari libur panjang? bisa lebih parah lagi. Banyak modus yang bisa dilakukan oleh pelaku kejahatan sehingga kita tidak bisa mengira modus apa yang akan dilakukan. Oleh karena mulailah menjaaga diri kita dan barang kita oleh diri kita sendiri.

5. Jangan berteriak maling di dalam bus
Kita tidak tahu berapa banyak pelaku kejahatan yang ada didalam bus, jika kita menjadi korban atau melihat orang lain yang menjadi korban, lebih baik di kejar saja jangan sambil berteriak. Jika sampai berteriak bisa saja pelaku kejahatan tersebut mebawa senjata tajam dan melukai orang-orang yang ada didalam bus. Jika kita melihat orang lain menjadi korban, cukup beritahu saja korban tersebut bahwa dia sudah menjadi korban. Kita jangan terlalu mengambil resiko. Selain memikirkan diri kita sendiri, pikirkan juga keselamatan orang lain didalam bus tersebut.

Itulah cara menghindari kejahatan agar mudik aman dan nyaman, jika bermanfaat jangan lupa share keteman dan media sosial kamu agar mereka semua juga tahu. Berkomentar juga jika kamu memiliki tips menghindari kejahatan lainnya.


EmoticonEmoticon