Minggu, 18 November 2018

Cara Mengatur Waktu Sleep Pada Komputer dan Laptop

Biasanya seetingan default sebuah komputer untuk sleep otomatis adalah 3 menit dan itu tergolong waktu sleep yang sangat cepat. Bagi sebagian orang ini sangat mengganggu dalam aktifitas mereka padahal kita bisa setting sleep sesuai kebutuhan kita apakah ingin 1 menit-5jam bahkan dinonaktifkan juga bisa. Tapi ketidaktahuan pengguna sehingga mereka hanya menerima apa yang menjadi settingan pabrik saja.

Tapi fitur sleep ini juga penting untuk meminimalisir penggunaan baterai saat tidak kita gunakan namun laptop harus tetap menyala. Saat bekerja mungkin kita tidak sengaja ketiduran, jika kita setting sleep maka otomatis nanti layar akan mati namun program yang sedang berjalan akan tersimpan di RAM sehingga tidak perlu mengulang kembali program yang sudah berjalan.

Tapi bagi komputer/laptop yang memiliki spek minim jika banyak program yang berjalan dan laptop dalam keadaan sleep saat dihidupkan kembali akan menjadi lag karena spek RAM yang minim untuk memproses program yang ada dengan cepat.

Cara Setting Waktu Sleep di Komputer dan Laptop


1. Silahkan buka start kemudian ketikan  "power options" di search program and file dan klik power options.

cara mengatur waktu sleep laptop

2. Di bagian kiri silahkan pilih change when the computer sleep.

cara setting sleep di windows 7

3. Silahkan ubah put the computer to sleep untuk mengatur waktu sleepnya dari 1menit sampai 5 jam, jika ingin menonaktifkan silahkan pilih never.

setting waktu sleep di windows 7

Keterangan:
On Battery : jika ingin mengatur sleep dan lainnya saat baterai laptop dalam keadaan tidak diisi/charge.
Plugged In : Jika kita ingin mengatur sleep dan lainnya saat keadaan baterai laptop sedang diisi/charge.
Dim The Display : Untuk mematikan layar secara total jadi ketika laptop sleep, layar akan mati total atau hitam, tapi tetap program yang berjalan masih tersimpan sehingga tidak perlu untuk mengulang saat akan dijalankan kembali. kamu bisa mengaturnya sesuai kebutuhan.
Turn Off The Display : Untuk meredupkan layar namun laptop masih menyala. Jadi ketika sleep layar akan menjadi redup saja. Kamu bisa mengatur waktunya sesuai kebutuhan

Itulah cara mengatur waktu mati layar laptop, saya sendiri lebih senang menonaktifkan sleep pada laptop saya. Silahkan share keteman kamu agar mereka juga tahu cara setting sleep komputer. Berkomentar juga dibawah postingan ini jika ada hal yang kurang dipahami atau mengalami problem saat melakukan tutorial diatas.


EmoticonEmoticon