Jumat, 09 November 2018

Membangun Personal Branding Untuk Pemilik Bisnis Pemula

manfaat personal branding

Personal branding sangat berperan penting dalam hal bisnis khususnya bagi pemula. Untuk saat ini, audience akan melihat latar belakang dari toko/brand yang kita miliki. Jika kita memiliki jejak hitam maka akan semakin sulit kamu membangun personal branding untuk bisnis kamu karena orang-orang sudah mengenali latar belakang kamu walaupun memang kamu sudah menjadi lebih baik.

Sebelum lebih jauh lagi pembahasannya, mungkin kamu belum tahu apa itu personal baranding. Personal Branding adalah salah satu cara untuk memasarkan diri sendiri dan karir mereka yang bertujuan untuk mendapatkan kepercayaan dari audience. Perlu kalian ketahui bahwa dijaman era digital ini ada tahapan bagaimana seseorang bisa yakin untuk membeli barang kita yaitu mereka akan mempertimbangkan mengenai apa saja barang yang dijual, siapa pemiliknya, bagaimana pelayanannya, bagaimana ulasan dari pembeli lain.

2 Cara Dasar Membangun Personal Branding


1. Bangun Profil yang Baik
Baik melalui media sosial maupun sebuah website sangat penting untuk membentuk profile kita atau istilahnya kita harus "Build Self-Image". Ketika seseorang mencari kita, yang akan mereka tahu bahwa kamu itu misalnya berwibawa, jujur, pintar, aktif, dan sebagainya sehingga audience akan merasa bahwa kamu orang yang tepat untuk membeli barang yang mereka sukai. Selalu perhatikan setiap apa yang kamu ketik di media sosial karena nantinya akan menjadi rekam jejak para audience. Intinya bangun kepercayaan kepada semuanya baik di dunia nyata maupun di media sosial.

2. Targetkan Strategi Content Marketing anda
Strategi yang baik untuk membuat produk anda diminati adalah dengan membuat sebuah ruang dimana anda mengumpulkan orang yang suka dengan anda. Misalnya youtube, website, Instagram dan lainnya. Misalkan youtube, buatlah video-video yang bisa menarik orang-orang. Pada saat jumlah subscriber dan view anda selalu meningkat cobalah menawarkan produk yang anda jual pada sela-sela video youtube kamu. Jika ingin menggunakan website cobalah buat konten artikel yang berhubungan dengan produk kamu, setelah pengunjung banyak, silahkan tawarkan produk kamu di akhir artikel atau pada isi artikel. Namun, perlu kamu ingat konten dengan produk harus berhubungan.

Manfaat Personal Branding


1. Mendapatkan kepercayaan
Dengan personal branding yang bagus kita akan lebih mudah untuk menarik kepercayaan mereka, dengan begitu, mereka tidak akan segan-segan untuk membeli produk anda dalam jumlah yang banyak. Setelah mendapatkan kepercayaan tinggal kamu jaga kepercayaan mereka agar nantinya tidak menjadi boomerang bagi kamu. Jika kamu merusak kepercayaan mereka, bisnis kamu bisa dipastikan akan jatuh dengan cepat.

2. Menjual Produk Menjadi Lebih Mudah
Produk apapun yang kamu jual, akan lebih mudah untuk dijual karena personal branding yang bagus membuat semua orang telah percaya bahwa produk yang anda jual itu berkualitas dan para audience akan yakin bahwa produk kamu tidak akan mengecewakan. Saat kamu posting produk, mereka akan lebih banyak berinteraksi dengan anda. Bisa menanyakan harga, bahan produk, dan lainnya. Dengan begitu, persentase penjualan akan meningkat karena kamu mudah untuk menarik audience anda.

3. Sebagai Pembanding Dengan Kompetitor
Titik hitam dalam kertas lebih mearik daripada warna putih pada kertas tersebut. Begitu pun dengan personal branding, semakin kamu memiliki nilai lebih atau sesuatu yang berbeda dalam artian lebih unggul, semakin yakin juga para audience akan memilih kamu. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah untuk memangkan persaingan pasar.

Dan masih banyak lainnya manfaat dari personal branding. Jika bermanfaat silahkan share keteman kamu agar mereka tahu cara membangun personal branding dan jangan lupa berkomentar jika ingin menambahkan saran atau ingin bertanya seputar personal branding.


EmoticonEmoticon