Sabtu, 27 Oktober 2018

4 Rekomendasi Cara Belanja Online yang Paling Aman

tata cara belanja online

Cara Belanja Online - Teknologi jaman sekarang sudah maju dimana semuanya sudah bisa dilakukan melalui digital dan salah satunya adalah belanja online. Dengan kemudahan ini kita bisa lebih leluasa dalam memilih barang yang berasal dari berbagai kota di Indonesia bahkan di luar negeri. Namun dengan kemajuan teknologi ini malah beberapa dampak buruk jika kita lalai dalam menggunakannnya yaitu penipuan. Kamu perlu mempertimbangkan beberapa hal sebelum memutuskan untuk membeli barang secara online.

Tidak sembarangan dalam hal belanja online, ada tata cara belanja online yang harus kamu lakukan yaitu Pesan barang -> transfer uangnya-> konfirmasi ke penjual -> penjual mengirim barang -> barang diterima. Nah karena kita harus mentrafer uang terlebih dahulu, maka kita harus bisa memilih penjual yang terpercaya dan sudah banyak testimoni dari barang yang dijual. 

Cara Belanja Online


Lihat Reputasi Toko/Penjual
Sangat penting untuk menilai reputasi dari orang/tokonya, kamu bisa mulai menilai dari banyaknya testimoni dari para pembeli dan cobalah untuk menghubungi penjual untuk memesan atau menanyakan soal barang. Penjual yang baik adalah penjual yang bisa membalas calon pembelinya dengan fast respon dan memiliki tata krama atau sopan santun yang baik. Pastikan juga bahwa penjual memang benar-benar mengetahui semuanya tentang barang yang dijual, jika para penjual tidak tahu apa-apa maka lebih baik kamu cari toko/penjual lain saja.

Perhatikan Keterangan Produk
Selalu baca dengan teliti keterangan yang diberikan oleh penjual mengenai barang-barang nya, jangan sampai kamu merasa tertipu hanya karena bahan atau ukuran tidak sesuai dengan harapan kamu. Misalnya kamu ingin membeli kaos bahan serat bambu namun yang datang malah bahannya cotton combed padahal penjual sudah menuliskan mengenai keterangan ini. Jadi sebelum membeli baca deskripsi barang dengan teliti.

Jangan mudah tergiur dengan harga murah
Masih banyak orang yang memburu barang yang harganya murah, tapi banyak orang yang tertipu karena hal ini. Jangan mudah tergiur dengan para penjual yang menawarkan harga murah dengan lebel original. Misalnya kamu ingin membeli sepatu jordan namun ada harga murah yaitu 1-2 juta dan penjual bilang bahwa ini sepatu original, padahal perlu kalian tahu harga sepatu jordan original sudah nembus mulai dari >10 juta. Maka dari itu kamu juga harus setidaknya mengetahui mengenai barang yang akan dibeli agar nantinya bisa sesuai dengan ekspektasi anda. Kamu juga harus tahu bahwa harga menentukan kualitasnya.

Pahami proses transaksi dan pembayarannya
Sebelum memutuskan untuk mulai melakukan pembayaran, lebih baik kamu pahami terlebih dahulu mengenai mekanisme. transaksinya. Misalnya di instagram format penilaian dan pembayarannya kamu harus dipahami apakah menggunakan transfer bank, pulsa, atau kartu kredit. Jika melalui sebuah weh pahami dulu bagaimana cara membelinya dan pastikan jika jumlah penagihan misalnya 25760, maka kamu harus bayar sejumlah 25760 juga karena nantinya ini akan berhubungan dengan verifikasi pembayaran karena kebanyakan website toko online auto pilot atau dikendalikan secara otomatis.

Jika kamu membeli sesuatu langsung ke akun profile seseorang terutama orang yang belum kamu kenal lebih baik kamu melakukan pembayarn dengan menggunakan rekening bersama agar dana yang anda keluarkan aman sampai barang yang kamu beli sampai ketangan kamu. Cobalah perhatikan juga reputasi orang pihak ketiganya. Lebih baik kamu membeli barang melalui e-commerce ternama di Indonesia untuk mendapatkan transaksi yang aman seperti di Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan lainnya.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum belanja online, ini dimaksudkan agar transaksi aman sampai barang tersebut sampai ketangan anda sendiri. Share juga ketemen kamu agar mereka juga tahu, jika ada rekomendasi cara belanja online versi kamu silahkan berkomentar dibawah postingan ini.


EmoticonEmoticon