Kamis, 04 Oktober 2018

Kebijakan Google Adsense Oktober 2018. Mari Kita Berdiskusi !!!

kebijakan baru google adsense

Google adsense khususnya bagi para blogger dihebohkan dengan kebijakan dimana untuk menambahkan situs baru didalam akun memerlukan review ulang sehingga kita bisa menganggap seperti halnya akun adsense hosted yang hanya bisa dipakai oleh 1 blog saja. Sebenarnya ini berdampak sangat buruk bagi para peternak akun adsense, dikarenakan nantinya untuk menjual akun adsense harus beserta dengan blognya. Sedangkan para peternak akun adsense versi lama akan berbahagia karena mendapatkan kenaikan harga per-akunnya.

Perubahan ini terjadi pada akun yang di approve tanggal 04 oktober 2018, namun menurut saya perubahan ini tidak merata atau tidak menyeluruh dimana masih ada beberapa blogger yang mendapatkan email approve pada tanggal 04 namun mendapatkan akun dengan tampilan yang lama walaupun memang didalam email approve nya sudah ada perubahan.

Tidak ada artikel pendukung dari pihak adsense mengenai perubahan kebijakan google adsense pada hari ini, sedangkan masalah ini harus dituntaskan dengan cara yang valid dan secara jelas. Jika perubahan ini tidak memiliki sumber yang jelas, saya menganggap ini hanyalah bug saja.

Jika memang benar ini terjadi, inilah perubahan baru bagi para blogger untuk menjadi lebih baik dengan tidak selalu memikirkan penghasilan dari adsense yang tanpa diikuti dengan konten yang berkualitas. Kita tahu bahwa dengan kebijakan google adsense yang lama, lebih banyak orang yang bisa approve walaupun blog yang mereka daftarkan hasil dari copy paste atau Agc. Ini tidak adil bagi para blogger yang selalu membuat konten berkualitas namun tidak kunjung mendapatkan akun adsensenya.

Dengan adanya kebijakan ini, setidaknya para advertiser atau orang yang beriklan di google tidak mengalami kerugian karena penanyangan iklan pada blog yang tidak berkualitas dan diharapkan untuk kedepannya mendapatkan penayangan iklan pada blog yang tepat sehingga hasil dari beriklan bisa di rasakan lebih maksimal lagi.

Mungkin ini sebagai salah satu filtering dari google adsense untuk menumpas blogger yang memanipulasi untuk mendapatkan approve adsense dengan mendaftarkan blog yang benar-benar tidak berkualitas. Seperti halnya kebijakan baru google adsense youtube yang mengharuskan 1000 subscriber dan 4000 jam tayang.

Saya sendiri menggunakan akun adsense versi lama sedangkan untuk versi terbaru saya belum merasakan perubahan apa saja yang terjadi. Saya disini hanya menyimpulkan dari komentar-komentar para anggota blogger di grup facebook "Blogger Indonesia" yang saat ini sedang hangat dibicarakan.

Saya mencoba mencari tahu dan menfsirkan setiap kalimat yang ada di artikel adsense.googleblog.com yang membahas mengenai update terbaru google adsense dengan penerbitan artikel pada tanggal 01 oktober 2018, di point ketiga kalimat kedua mengatakan bahwa "Kami akan terus untuk memenuhi dan melampaui standar industri penting pada kualitas iklan, termasuk iklan standar yang lebih baik, untuk memastikan bahwa penayang besar yang membuat konten menarik dihargai, sedangkan pengiklan dapat terus menghabiskan dengan keyakinan.".


kebijakan google adsense terbaru


Ini hanyalah dugaan saya yang tidak dilandasi dengan sumber yang lebih valid dikarenakan saya tidak menemukan artikel terbaru mengenai update kebijakan google adsense ini baik dari artikel bahasa indonesia maupun bahasa inggris. Membuat artikel ini dimaksudkan untuk para blogger berdiskusi agar nantinya kita sama-sama mendapatkan penjelasan dari beberapa pendapatnya.

1 komentar

Adsense yang skrg rumit ya. Untung masa mengejar adsense sudah terlewati jauh dibelakang sana...hahaha


EmoticonEmoticon