Minggu, 21 Oktober 2018

Cara Merubah Mindset atau Pola Pikir Diri Sendiri Menjadi Lebih Positif

cara merubah pola pikir menjadi positif

Pola pikir yang baik sangat mempengaruhi kita dalam kehidupan sehari-hari maupun keberhasilan dalam setiap usaha yng kita lakukan. Mindset yang negatif akan menghambat kita dalam keberhasilan, karena bisa dikatakan pola pikir negatif itu seperti para kaum sumbu pendek. Dia hanya meihat dari satu sudut pandang tanpa melihat dari sudut panjang lainnya.

Mendengar ceritanya pola pikir orang sukses selalu positif sehingga apa yang mereka lakukan selalu mendapatkan hasil yang maksimal. Mindset seseorang bisa menggambarkan prilaku orang tanpa kita ketemu terlebih dahulu, apakah dia terlihat dewasa, atau terlihat seperti anak kecil, apakah dia orang yang pintar atau orang yang kurang pintar, semua itu bisa kita ketahui dengan cara melihat cara dia bicara atau melalui mindset yang mereka ucapkan atau ditulis.

Bersyukur pada setiap kejadian
Hasil atau kejadian yang terjadi pada kamu saat ini, tetap selalu bersyukur karena kita tidak tahu apa rencana Tuhan selanjutnya. Jika kita tidak bersyukur mungkin Tuhan akan lebih lama lagi memberikan apa yang kamu mau, begitupun sebaliknya, ketika kamu selalu bersyukur mungkin Tuhan akan memberikan apa yang kamu mau lebih cepat dan indah pada waktunya.

Melihat setiap masalah dan informasi dari berbagai sudut pandang
Selalu lihatlah setiap masalah yang ada dari berbagai sudut pandang dan dari berbagai sumber, ini bertujuan agar kita tidak menilai setiap masalah atau informasi melalui satu pihak saja. Orang yang memiliki pola pikir yang negatif mereka akan mudah terbawa-bawa oleh arus kehidupan. Misalnya seseorang bilang bahwa dia itu hanya anak nakal dan kamu percaya dan kamu kata-katain kemudian ada orang lain bilang bahwa dia itu orang yang baik, kamu percaya dan kamu memujinya. Orang yang seperti ini, lebih mudah temakan berita hoax dan sebagainya.

Baca Juga : Menyikapi Pengaruh Media Sosial di Masyarakat

Selalu berpikir positif
Berpikirlah untuk melihat masalah dengan sesuatu yang positif, agar mindset kamu terlatih untuk selalu berpikir postif. Jika misalkan ada kasus yang sedang viral jika ini bukan tugas kamu untuk menuntaskannya, cobalah berpikir positif saja tunggu sampai informasi valid diberikan. Misalkan lagi ada yang menyakiti kamu, cobalah berpikir positif mungkin dia khilaf dan sebagainya. Selalu berpikir yang positif akan membuat pikiran dan hati kita menjadi tenang.

Selalu optimis dan semangat
Coba ubah pola pikir kamu yang biasanya "aduh, pekerjaanku banyak tapi gaji kecil gak sesuai banget nih." menjadi " Gaji ku masih kecil mungkin aku harus bekerja lebih keras lagi". Tidak ada salahnya kita untuk selalu optimis dengan apa yang terjadi atau yang ingin anda capai selagi kamu terus berusaha tidak ada yang tidak mungkin. CEO Tokopedia saja dari seorang penjaga warnet dengan semangat dan kerja kerasnya dan selalu optimis, akhirnya bisa membangun sebuah e-commerce besar di Indonesia. Jadi selalu tanamkan mindset positif disetiap masalah dalam kehidupan.

Selalu menjadi orang baik dan orang yang selalu memaafkan
Bersikap baiklah kepada semua orang walaupun kamu tahu bahwa kebaikan mu dimanfaatkan, karena bisa saja kebaikanmu itu tidak terbalas melalui orang yang kamu tolong tapi melalui orang lain yang bahkan belum pernah ketemu sebelumnya. Selalu memaafkan setiap orang yang menyakiti atau memanfaatkan kamu.

Baca Juga : Cara Belajar Efektif di Rumah

Itulah bagaimana cara merubah mindset menjadi positif versi saya, jika kamu mempunyai saran bagaimana merubah pola pikir silahkan berkomentar pada artikel ini dan share juga keteman kamu agar mereka menjadi seseorang yang lebih positif.


EmoticonEmoticon