Selasa, 02 Oktober 2018

Cara Membuat Vote atau Polling Online di Google Form

Polling adalah suatu cara untuk menemukan hasil akhir melalui pemungutan suara kepada orang-orang secara umum atau orang-orang tertentu.. Melakukan vote tidak hanya melalui sebuah lembaran kertas karena kita sudah bisa melakukan polling online, tinggal tekan saja apa yang ingin dipilih dan bentuk laporan yang lebih akurat. Kita membuat vote menggunakan google form, penggunaannya yang mudah sehingga siapa saja bisa membuatnya.

Terkadang banyak orang yang menggunakan google formulir sebagai try out online, formulir pendaftaran lomba atau pekerjaan, undangan pesta, dan lainnya yang bisa digunakan menggunakan google form. Karena pembuatannya yang gratis dan tidak ribet sehingga google form banyak direkomendasikan termasuk dalam membuat vote.

1. Kunjungi google formulir
2. Silahkan tekan buka google formulir

cara membuat vote di google

3. kemudian pilih tanda "+" untuk memulai membuat vote.

membuat polling di google formulir

4. Silahkan ganti formulir tanpa judul dengan judul polling yang akan kamu lakukan dan jangan lupa untuk isi deskripsi formulirnya juga. Misalnya saya akan membuat vote dengan judul "Apakah Robbyjungjunan.com membantu anda dalam memberikan informasi yang dibutuhkan?" dan dengan deskripsi formulir "Untuk menemukan pengaruh dari blog robbyjungjunan.com terhadap pembaca melalui penyebaran artikel didalamnya".

5. Ganti juga pertanyaan tanpa judul dengan judul polling yang akan kamu buat dan juga ganti opsi 1 dengan option atau pilihan jawaban yang akan kamu butuhkan.

cara membuat vote di google formulir

Keterangan :
Nomor 1. Untuk memilih apakah vote berupa pilihan ganda, jawaban singkat, jawaban paragraf, kotak centang, atau tarik turun. Biasanya untuk membuat vote menggunakan pilihan ganda.
Nomor 2. Isi opsi dengan beberapa pilihan jawaban yang akan dijadikan sebuah vote.
Nomor 3. Tekan tambahkan opsi jika ingin menambah pilihan jawaban dan tekan tambahkan "lainnya' jika ingin menambahkan pilihan dengan jawaban berupa lainnya.
Nomor 4. Digunakan jika kamu ingin menambahkan pertanyaan selanjutnya
Nomor 5. Jika kamu ingin menambahkan judul vote beserta deskripsi formulirnya.
Nomor 6. Jika kamu ingin menambahkan gambar pada pertanyaan.
Nomor 7. Jika kamu ingin menambahkan video pada pertanyaan.
Nomor 8. Jika kamu ingin membuat bagian 
Nomor 9. Untuk mulai mengirim atau mempublikasikan vote yang telah kamu buat. Silahkan centang kumpulkan alamat email jika kamu ingin mengetahui siapa yang telah melakukan vote, setelah itu tekan tombol kirim. Gambar paling kiri adalah jika kamu mau mengirim polling kepada seseorang melalui email. Gambar tengah adalah link dari vote yang telah kamu buat dan centang perpendek url jika kamu mau linknya tidak terlalu panjang. Gambar paling kanan jika kamu mau memasang vote pada blog kamu, tinggal pasang kode yang diberikan ke template blog. Jika sudah selesai tinggal klik close saja.

cara membuat vote

Itulah cara membuat vote di google formulir, kamu bisa ulik sendiri untuk mengetahui fitur lainnya yang belum dijelaskan pada artikel ini. Jika bermanfaat silahkan share dan berkomentar dibawah postingan ini jika ada hal yang ingin ditanyakan seputar pembuatan polling online di google form.


EmoticonEmoticon