Jumat, 19 Oktober 2018

Cara Belajar Efektif di Rumah Agar Tidak Merasa Terbebani

cara belajar efektif di rumah yang menyenangkan

Seringkali kita para pelajar atau mahasiswa belajar dengan cara yang salah dimana kita menghabiskan waktu belajar secara sia-sia namun, tidak mendapatkan inti dari apa yang dipelajari. Padahal jika kita melakukannya secara efektif waktu tidak akan banyak habis terbuang, materi bisa diserap dan bisa mempelajari hal lain lagi yang lebih banyak.

Banyak sekali orang yang merasa terbebani saat belajar, mau tidak mau kita harus melakukannya karena ini sebuah kewajiban bagi kita selaku seorang pelajar/mahasiswa. Proses belajar akan menjadi lebih menyenangkan jika kita melakukannnya dengan cara yang benar dan efektif.

Orang-orang lebih sulit belajar ketika berada di rumah, banyak sekali godaan yang membuat kita berpaling dari yang namanya belajar. Padahal jika kita pikirkan kembali apa sih yang kamu dapatkan ketika tidak belajar?. Setiap kita ada dimana pun dan kapan pun tidak terlepas dari yang namanya belajar. Tapi, kita harus bisa memprioritaskan belajar apa yang sedang dan akan kita butuhkan untuk masa depan kita nanti.


Pengertian Belajar Efektif


Belajar efektif adalah suatu metode belajar dimana kita memanfaatkan waktu dan kondisi dengan baik untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Manfaat Belajar Efektif


Menyerap materi lebih mudah, dengan belajar efektif kita akan lebih mudah untuk menangkap materi yang kita pelajari. karena cara dan proses belajar yang tepat yang memudahkan itu semua.

Mengatur management memory, kita akan terhindar dari yang namanya lupa karena proses belajar yang efektif akan memberikan kita daya ingat yang kuat terhadap materi yang kita pelajari. Berbeda jika kita asal-asalan belajar, setelah 2 atau 3 hari materi pasti akan lupa.

Melatih fokus dan konsentrasi, Ketajaman fokus kita akan terlatih. Itu karena kita sudah berniat atau bertekad pada diri sendiri untuk mensugestikan diri agar pikiran kita hanya tertuju pada sesuatu yang ada didepan kita yaitu belajar. Jika kita sebelumnya membiarkan pikiran kita kemana-mana, tetapi dengan belajar yang efektif kita melatih konsentrasi untuk senantiasa mengendalikan pikiran kita sendiri.

Lebih percaya diri, dengan membiasakan diri untuk belajar efektif kita akan lebih mudah dalam menangkap informasi dan lebih banyak mendapatkan informasi, sehingga kita sudah selangkah lebih maju dari orang lain. Jika orang lain misalkan baru mempelajari bisa pertambahan dan pengurangan, tapi kamu sudah bisa perkalian dan pembagian. Ini akan meningkatkan rasa percaya diri dan kita sudah siap dalam menjawab setiap apa yang guru/dosen tanyakan.

Bagaimana Cara Belajar Efektif?


Belajar kelompok
Belajar secara berkelompok bisa membuat pemahaman akan materi menjadi cepat asalkan dilakukan secara serius. Maka dari itu, pilihlah orang-orang yang lebih serius dalam hal belajar jangan mengajak teman kamu yang senang bercanda agar nantinya proses belajar tidak terganggu. Belajar dengan berkelompok lebih menyenangkan daripada belajar sendiri. Belajar yang efektif ketika berkelompok adalah masing-masing anggota sama-sama menjelaskan materi yang dipelajari sehingga anggota lainnya bisa menambahkan dan mendapatkan berbagai ide dari 1 pembahasan dan nanti sebelum proses belajar berakhir, simpulkan secara seksama tentang apa yang sudah dipelajari.

Konsisten
Cobalah untuk selalu konsisten dalam belajarnya, agar setiap materi yang dipelajari bisa benar-benar terkuasai. Misalkan kamu belajar 45 menit perharinya, kamu bisa gunakan 25 menit untuk mengulang materi yang sudah dipelajari dan 20 menit untuk belajar materi selanjutnya. Dengan begitu kamu akan terbiasa untuk selalu belajar dan jika kamu merasa waktu untuk belajar kurang lama, bisa saja kamu menambahkan jam belajar namun harus secara bertahap agar semakin terbiasa dengan perubahan jam belajarnya.

Pelajari hal yang sulit terlebih dahulu
Jika misalkan ada soal atau materi yang sulit kamu pahami, cobalah untuk menyelesaikan dan menguasai materi tersebut terlebih dahulu agar setelah kamu menyelesaikan hal yang sulit, kamu bisa merasakan nafas yang lega. Coba kamu bayangin ketika semangat-semangatnya mempelajari materi yang mudah dan ketemu materi yang sulit, bisa-bisa kamu akan menjadi malas untuk melanjutkannya. Berbeda dengan ujian, ketika ujian kita harus mengerjakan hal yang mudah terlebih dahulu karena untuk mendapatkan point yang sebanyak-banyaknya.

Siapkan 1 hari khusus untuk mengulang
Ketika kamu sudah belajar selama seminggu, cobalah berikan waktu1 hari khusus untuk mengulang materi yang sudah dipelajari minggu ini sehingga kita bisa mengintropeksi diri materi apa yang belum dikuasai sepenuhnya. Misalkan kamu sudah belajar dari hari senin-jumat, hari sabtunya kamu pakai untuk mengulang materi pelajaran yang dari hari senin-jumat tadi dan hari minggunya bisa kamu pakai untuk menyegarkan pikiran aliat istirahat.

Cari gaya belajar yang kamu sukai
Setelah beberapa hari kamu belajar dengan cara yang efektif, cobalah kamu tentukan gaya belajar apa yang kamu sukai. Apakah belajar sendiri lebih enak, atau bareng teman-teman lebih bisa paham, atau hanya dengan menonton video materi lebih mudah terserap, dan lainnya. Semua itu agar kamu bisa menjadikan belajar sebagai sesuatu hal yang menyenangkan dan tidak membebani diri saat melakukannya.

Hal yang harus dihindari saat belajar efektif :


1. Selalu hindari godaan yang akan membuat kamu tergoyah untuk meninggalkan belajar misalnya handphone. Seringkali ketika belajar kita mendapatkan notifikasi sehingga kita tergoda untuk membukanya, setelah kita akan membuka lainnya di handphone kita sehingga akan banyak waktu yang terbuang sia-sia. Lebih baik ketika belajar data internet dimatikan atau nada notifikasi di silent.

2. Tv juga harus kita hindari ketika belajar, jika memang jam-jam tertentu ada acara yang kamu sukai, lebih baik kamu mengambil jam belajar diluar acar tersebut sehingga apa yang kamu sukai terpenuhi dan kewajiban belajar pun terpenuhi.

3. Tidak disarankan untuk ngemil sambil belajar karena ini akan memecah fokus kita, jika ingin ngemil atau makan lebih baik makan/ngemil dulu baru belajar atau belajar dulu baru ngemil.


EmoticonEmoticon