Jumat, 14 September 2018

Cara Merawat Kabel Charger Agar Tidak Mudah Rusak

Kabel charger atau sering disebut kabel data berperan sangat penting dalam pengisian daya baterai sebuah smartphone, tak jarang sering kita temui kabel charger yang memiliki umur pendek karena cara penggunaannya yang salah walaupun memang kabel charger yang kita pake bawaan dari pabrik tapi jika digunakan dengan cara yang salah maka kabel tersebut akan mudah untuk rusak. Sayang sekali jika kita harus membeli kabel charger terlalu sering, boros juga nanti jadinya.

Selain penggunaan, kualitas dari kabel charger juga sangat mempengaruhi umur dari kabelnya. Jadi jika kamu membeli kabel charger yang ecek-ecek jangan harap juga bisa bertahan lebih lama untuk anda gunakan. Banyak sekali kerusakan yang sering terjadi salah satunya adalah kabel charger yang longgar. Membuat saya kesal karena ketika di charge hp tersenggol sedikit saja daya listrik langsung tidak mengalir.

Cara merawat kabel charger agar awet


1. Cabut Kabel charger dengan benar
Masih sering saya temui orang yang mencabut kabel dengan digoyang kanan-kiri padahal ini adalah cara yang salah yang bisa menyebabkan kabel tersebut longgar saat akan di gunakan pada smartphone. Cara yang benar adalah dengan menariknya langsung.

Ada juga yang menarik kabelnya untuk mencabut, padahal cara yang benar adalah menarik bagian kepala dari kabel charger sehingga tidak akan menyebabkan kabel terputus atau kabel melorot.

2. Jaga agar kabel saat digunakan tidak melipat
cara menggulung kabel charger
Ketika kamu mencharge lebih baik smartphone simpan sampai penuh jangan dicharge sambil dimainin, terutama smartphone diposisikan lanscap. Yang dimaksud melipat disini adalah kepala kabel dengan kabelnya membentuk belokan karena akan menyebabkan kabel dalamnya putus sebagian sehingga daya yang dihantarkan listrik tidak akan mengalir.

3. Gunakan pelindung kabel
 cara merawat charger
Cobalah beli pelindung kabel agar menjaga posisi kabel dalam keadaan yang baik. Dengan menggunakan pelindung kabel, kabek charger akan menjadi kaku. Ini tidak jadi masalah karena akan membantu dalam memperpanjang umur dari kabel charger itu sendiri. Harganya pun murah yakni Rp2000 per 30cm klo di dekat rumah saya.

4. Usahakan selalu gunakan kabel data berkualitas
Tidak bisa dipungkiri harga tidak akan mengkhianati kulaitasnya. Usahakan gunakan kabel data bawaan pabrik atau jika kamu beli dengan merk lain pastikan selalu berkualitas. Karena pada dasarnya kabel data yang berkualitas rendah lebih rentan mengalami kerusakan dalam waktu dekat dan bahannya pun bisa dikatakan ecek-ecek.

5. Menggulung kabel melingkar dan simpan di tas kecil
cara menyimpan kabel charger

Saat kabel charger akan dibawa atau disimpan hendaknya kabel digulung melingkar dan simpan ditempat tas mini, harganya cukup murah yakni 15rb saja.. Ini akan membantu dari goncangan atau tekanan beban didalam tas yang kamu gunakan.

itulah cara merawat kabel data agar tidak cepat rusak. Jika dirasa ini bermanfaat silahkan share keteman kamu dan jangan lupa untuk berkomentar juga dibawah postingan ini jika ada hal yang ingin ditanyakan atau hanya memberikan kritik dan saran.


EmoticonEmoticon