Sabtu, 29 September 2018

Cara Memperbaiki Speaker Hp Mati atau Bermasalah

speaker xiaomi kresek

Speaker pada sebuah hp fungsinya sangat penting sekali untuk mendengarkan musik, untuk bertelepon, sebagai tanda notifikasi masuk, dan lainnya. Bayangkan jika speaker hp rusak, akan sangat terasa sekali kurang nyaman terhadap aktifitas bermain hp kita setiap harinya. Kerusakan bisa terjadi karena sistem dari hp nya atau bisa saja dari faktor eksternalnya yang sangat mudah untuk di perbaiki. Jangan terburu-buru daa
m mengambil tindakan jika speaker hp mati atau bermasalah, kenali dulu permasalahannya kenapa, jika speaker hp hanya bermasalah pada  volume hp mengecil, speaker kresek-kresek, suara yang cempreng, dan lainnya itu bisa kita atasi tanpa perlu ke tukang service hp.

Cara perbaiki speaker HP rusak


1. Speaker hp yang kemasukan air
Jika hp kamu terkena atau tercemplung air dan speakernya menjadi bermasalah, kamu hanya perlu membuka casing hp lalu ambil hairdryer, coba kamu panaskan tepat pada bagian komponen speaker namun saya sarankan untuk tidak dalam level yang terlalu tinggi karena ditakutkan malah merusak fungsi disekitarnya, maximal level menengah dari hairdryer. Gunakan hairdryer dengan digerakan kanan-kiri atau memutar agar bisa kering dengan sempurna. Oh ya keringkan bagian speaker hp dengan kondisi hp yang tidak dinyalakan. Jika memang masih brmasalah, berarti memang speakernya juga rusak sampe ke komponen dalam hp.

2. Volume hp mengecil
Biasanya penyebab volume hp mengecil ini terjadi setelah kamu menggunakan earphone atau headset, ketika volume dibesarkan namun suara malah tidak seperti biasanya. Kamu bisa memperbaikinya dengan memutar musik, lalu volume di kecilkan sampai tidak ada suara dan selanjutnya kamu besarkan volumenya sampai maksimum. Jika ini masih terjadi, cobalah untuk restart hp.

3.  Suara speaker kresek-kresek
Ini yang sering kita temui jika speaker kita bermasalah, entah dari speaker hp maupun speaker  aktif bluetooth. Biasanya ini terjadi karena filter speakernya yang kotor banyak debu-debu kecil. Bersihkan debu-debu tersebut bisa menggunakan peniti, cottonbud, atau vacum cleaner kecil khusus untuk membersihkan keyboard. Selalu perhatikan agar filter speaker tidak sobek.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Speaker Bluetooth yang Rusak

4. Suara speaker yang cempreng
Beberapa kemungkinan yang bisa terjadi jika suara speaker pecah atau cempreng, mulai dari filter speaker rusak atau sobek, untuk mengatasinya salah satunya adalah membeli baru filter speaker yang berkualitas dan lebih kuat. Bisa juga karena debu yang langsung menumpuk pada komponen hp sehingga menghambat arus untuk menghasilkan suaranya, kamu bisa membersihkan dengan kuas kecil dan lembut atau dengan meniupnya. Kemungkinan yang terakhir adalah tertekannya daerah sekitar speaker entah tertekan oleh casing hp atau faktor lainnya sehingga suara yang dihasilkan menjadi cempreng seperti suara yang tertahan, jika kamu membeli casing, softcase maupun hardcase suara speaker menjadi pecah bisa jadi penyebabnya karena daerah speaker yang tertahan sehingga tidak ada udara atau ruang untuk mengeluarkan suara. Jika ventilasi pada casing tertutup bisa jadi itu juga salah satu penyebabnya.

Jika kamu tidak yakin untuk memperbaikinya sendiri speaker hp mati atau rusak, lebih baik jangan dilakukan mending kamu keluarin sedikit uang agar speaker hp menjadi kembali normal ditakutkan jika kamu melakukannya sendiri malah yang lainnya ikut rusak. Biasanya harga service speaker hp tidak mahal bisa di prediksi tidak akan sampai 100 ribu. Lebih baik jika ingin dibawa ketempat service bawalah ke toko center merk hp yang kamu gunakan agar lebih terjamin dan lebih tahu soal hp nya.


EmoticonEmoticon