Kamis, 16 Agustus 2018

Dompetku Hilang! Begini Cara Urus Surat-Suratnya

apa yang harus dilakukan ketika dompet hilang

Sedikit berbagi pengalaman mengenai dompet saya yang bisa dipastikan hilang di copet. Saya akan bercerita dari awal sampai pengurusan surat-surat selesai semuanya dan juga akan memberikan sedikit tips bagaimana cara pengurusan surat-surat yang hilang. Saya adalah orang Garut dan tinggal di Garut.

Bermula ketika saya akan hendak pergi pada tanggal 15 Juli 2018 ke Cilegon  dimana itu adalah tempat tinggal kaka saya yang pertama. Saya berangkat ke Cilegon memang ada maksud lain yaitu untuk mengikuti selesksi mandiri yang berlokasi di serang. Dari awal saya pergi sampai tiba di cilegon memang saya taruh dompet didalam tas dan tidak saya keluarkan selama saya di rumah kaka, namun dompet masih aman karena memang saya lihat dan cek memang ada ditempatnya.

dompet di copet di bus

Tibalah saat harinya tes mandiri dimulai tanggal 17 Juli 2018, saya berangkat kurang kebih sekitar jam 5:45 karena memang dari cilegon ke serang membutuhkan waktu sekitar 30-45 menitan. Selama di tempat ujian tidak ada masalah dan dompet masih saya cek dan masih ada. Begitupun saat saya dikantin untuk makan sehabis pulang ujian, dompet masih terlihat dan terkontrol masih ada. Perlu kalian tahu bahwa saya pertama datang di cilegon dan sampai pada hari ujian tidak mengeluarkan uang seperpun. Saat dikantin tempat ujian pun dibayarkan oleh kaka saya, tapi saya masih melihat dompet saya ada didalam tas dan masih terasa keberadaannya.

Setelah makan, kami memutuskan untuk pulang sekitar jam 13:00, menggunakan bus primajasa bekasi-merak. Didalam Bus pun saya tidak mengeluarkan dompet, keadaan dompet masih didalam tas. Saya turun di terminal seruni pas pertigaan seberang pos polisi. Pada saat akan turun kaka saya yang duluan turun dan ketika saya mengikuti kaka dibelakang tersalip orang lain sehingga posisi nya seperti ini, kaka saya, orang lain (Misalkan A), saya, dan dibelakang saya ada orang lain yang akan turun juga (misalkan B). Nah si A ini ketika akan turun bertanya-tanya kepada kenektur bus sehingga menghambat saya untuk keluar, kenektur pun menegur si A untuk segera turun. Tapi tiba-tiba bus rem mendadak sehingga orang dibelakang saya si B pegangan ke pundak saya, saya tidak berpikir panjang langsung bergerak turun sambil seret-seret agar bisa keluar dari bus. Mungkin supir bus memberi kode bahwa ada copet didalam bus. Tapi entahlah.

Saya tidak sadar apa yang tadi terjadi, sampai dirumah pun saya belum cek dompetnya. Nah sekitar jam 15:00 saya hendak untuk melihat nomer pendaftaran agar bisa cek kelulusan ujian mandiri polban karena dari Garut sudah saya tulis di secuil kertas dan disimpan didompet agar memudahkan saat nanti akan cek. Nah, saya bingung ketika akan membuka tas karena resleting tempat dompet saya terbuka setengahnya dan bener saja dompet saya tidak ada. Saya panik dan langsung bilang ke kaka bahwa dompet saya hilang. Seisi rumah mencari-cari dompet mulai dari koper, tas dan tempat lainnya memang sudah hilang. Dengan kejadian tersebut tadi, saya mencurigai memang dompet saya di copet oleh orang yang ada didalam bus karena sebelum naik bus pulang dompet masih ada.

Seketika saya diperintahkan oleh kaka untuk menghubungi call center bank untuk memblokir agar ATM tidak disalahgunakan. Tapi gagal karena ATM saya berjenis BRI Junio yang masih nginduk ke ayah sehingga harus ayah saya yang memblokirnya. Isi dompet diantaranya KTP, SIM, STNK, ATM. Lalu surat apa saja yang harus didahulukan pertama kali untuk mengurus surat-suratnya agar berjalan lancar?

Cara Pengurusan Surat-Surat yang Hilang


Membuat surat kehilangan dari kepolisian sekitar
Buatlah surat kehilangan porles sekitar dimana diduga dompet kita hilang, jadi misalnya hilang di Cilegon maka buat surat kehilangan di cilegon pula kecuali untuk pengurusan stnk harus disertai bpkb dan kendaraan dibawa keporles untuk diperiksa. Jadi khusus untuk stnk jika hilang diluar kota maka bisa membuatnya di kota kita tinggal asal bawa bpkb beserta motornya.
cara menemukan dompet yang hilang
Tidak ada biaya dalam pembuatan surat kehilangan cukup ceritakan apa saja yang hilang dan bagaimana kronologinya. Biasanya surat kehilangan berlaku 15 hari dari tanggal dibuatnya surat kehilangan. Jika surat kehilangan tersebut sudah expired maka kamu harus buat ulang surat kehilangannya, jadi segeralah urus surat-surat secepatnya. Yang digunakan untuk mengurus surat-surat adalah fotocopyannya, jadi foto copy surat tersebut sebanyak yang kamu butuhkan tapi surat kehilangan asli harus dibawa juga jika nanti ditanyakan saat pengurusan.

KTP
Ktp harus menjadi prioritas utama dalam pengurusan surat-surat karena ktp menjadi syarat utama dalam pengurusan sim, stnk, dan atm. Cukup mudah dalam pengurusannya cukup bawa surat kehilangan dan kartu keluarga, kemudian datang kecematan namun akan lebih lama prosesnya karena dikecamatan tidak ada alat cetak nya. Lebih baik kamu langsung ke dinas catatan sipil (CAPIL) agar lebih cepat bisa langsung jadi hari itu juga. Karena memang ktp sudah elektronik maka kita tidak perlu untuk melakukan perekaman ulang, karena data sudah tercatat di capil.

SIM
Sim yang hilang dalam pengurusannya cukup mudah karena seperti perpanjangan saja, persyaratannya cukup bawa surat kehilangan beserta fotocopy ktp. Tinggal bawa persyaratan tersebut ke loket 8 foto untuk melakukan print data" kita, setelah itu bawa ke loket pembayaran. Beberapa kota sudah harus melakukan pembayaran keteller bank BRI, tapi dikota saya masih melakukan pembayaran diloket nya langsung. Biaya yang dikeluarkan seperti halnya perpanjangan. Setelah itu tinggal tunggu untuk melakukan foto ulang. Untuk saat ini sim saya masih sementara berupa kertas persegi karena katanya bahan untuk mencetaknya habis dan itu terjadi di seluruh Indonesia. Kita harus datang kembali untuk mengambil sim yang asli selama 2 bulan kemudian. Saya tanya-tanya di kota lain hanya membutuhkan 1 minggu. Mungkin dari pusat dikirim ke kota-kota secara bertahap jadi waktunya berbeda-beda.

STNK
Dalam pengurusan stnk cukup ribet karena proses dan persyaratan yang banyak serta waktu untuk penerbitan stnk duplikat yang lama sekitar 1-2 bulan. Untuk iklan di surat kabar saja membutuhkan 2 kali pengiklanan di koran, iklan 1 selama 14 hari, begitupun dengan iklan 2 membutuhkan 14 hari juga. Mungkin dikota-kota besar sudah bisa lebih cepat tapi untuk dikota Garut kira" persyaratan yang harus ada untuk mencetak stnk duplikat seperti ini.

supaya tak merana karena dompet hilang
Masalah dompet hilang menjadi perkara yang sulit dalam pengurusannya apalagi akan banyak biaya yang keluar untuk memenuhi persyaratannya. Namun inilah prosesnya kita harus jalanin. Memang wajar sih persyaratannya seribet ini, untuk memastikan kendaraannya benar-benar miliknya bukan hasil dari kejahatan.

ATM
Lebih baik sambil mengurus stnk, kamu menyempatkan diri untuk urus ATM kamu karena memang prosesnya cepat dan tidak berhari-hari, 1 jam saja langsung jadi. Untuk membuka status blokirnya kita harus datang ke customer service bank yang bersangkutan. Cukup bawa surat kehilangan, KTP sesuai nama di rekening, dan buku rekening. Nanti kamu akan dibuatkan kartu atm baru. Cukup mudah karena memang dikerjakan oleh pihak CS bank nya, kita hanya perlu menyiapkan pin untuk atm dan tinggal jawab setiap apa yang ditanyakan oleh CS.


TIPS:

  • Selalu berhati-hati dimanapun kita berada.
  • Jika anda membawa tas lebih baik di pakai didepan terutama pada saat turun.
  • ketika kamu sudah mencari-cari dan benar hilang, dianjurkan untuk share kronologi kejadiannya ke media sosial dan grup-grup kota Cilegon jika kamu misalnya dompet kamu hilang saat di Cilegon.
    info dompet hilang
  • Jangan berteriak ketika para penjahat ketahuan akan mencopet kamu di bus karena kita tidak tahu jumlah penjahat yang sebenarnya didalam bus tersebut. Jika memang kamu berani, cukup kejar dan rebut kembali barang yang mereka bawa tidak perlu berteriak-teriak karena takutnya mereka malah melukai diri kita dan orang sekitarnya.
  • Jangan panik, hadapi dengan tenang.
  • Saya sarankan untuk selalu memfoto copy surat-surat penting anda, karena suatu saat surat-surat itu akan sangat berarti ketika kita kehilangan salah satu surat aslinya. Terutama dalam pengurusan stnk, fotocopy stnk akan membuat proses pengurusan lebih cepat dari prosedur biasanya.

Dengan kehilangan dompet ini, saya mengambil hikmah bahwa dimana pun dan sama siapa pun kita, harus berhati-hati karena yang bertanggung jawab terhadap tubuh dan barang-barang kita adalah diri kita sendiri. Kejahatan datang bukan karena ada niat tapi karena ada kesempatan, jangan beri celah para pelaku kejahatan untuk mengambil apa yang kita punya.

Silahkan share jika kamu merasa ini perlu untuk disebarkan, agar kamu, keluarga, dan temen kamu bisa selalu berhati-hati. Jangan lupa berkomentar juga dibawah postingan ini jika kamu punya pengalaman yang mau kamu bagikan.


EmoticonEmoticon